Aktivitas buang air kecil, buang air besar dan juga mandi di kamar mandi adalah aktivitas harian yang cukup sederhana. Semua orang melakukannya setiap hari. Meski seakan tidak ada yang salah dengan aktivitas tersebut, tapi ternyata ada beberapa kebiasaan yang mungkin berbahaya bagi kesehatan kamu.

Kebiasaan seperti  buang air kecil sebelum waktunya, memaksakan diri untuk membuang air kecil dengan cepat, dan buang air kecil saat sedang mandi, bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kamu. 

Berikut adalah beberapa kebiasaan di kamar mandi yang perlu kamu hentikan sebelum terjadi masalah kesehatan yang tidak diinginkan :

  1. Buang air kecil hanya untuk berjaga-jaga

Sering terjadi, ketika kamu hendak meninggalkan rumah, kamu mungkin berpikir ada baiknya kamu buang air kecil dulu di kamar mandi. Padahal, sebenarnya ini tidak perlu.

Jika kamu memang ingin pergi ke luar rumah dalam waktu yang lama, ke tempat di mana tidak ada fasilitas kamar mandi yang memadai, maka tidak masalah jika kamu buang air kecil untuk berjaga-jaga.


Tapi, jika kamu buang air kecil tanpa alasan, hanya sekedar untuk berjaga-jaga saja, justru kamu akan menghadapi risiko masalah buang air kecil. Kamu bisa merasakan keinginan untuk buang air kecil lebih sering, bahkan sebelum kandung kemih kamu penuh.

  1. Kamu mendorong untuk buang air kecil

Ada kalanya, orang sedang terburu-buru dan ingin buang air kecil lebih cepat atau ingin mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Saat berusaha untuk buang air kecil dengan cepat, kamu mungkin akan merasa tegang dan mulai mendorong lebih keras.

Ingatlah, hal ini bukan sesuatu yang baik untuk dilakukan. Jika kamu memaksakan diri untuk mendorong air kencing, maka lama-lama otot dasar panggul kamu akan semakin lemah. 

Hal tersebut dapat membuat kamu sulit menahan kencing atau kotoran untuk menopang organ kamu.

  1. Kamu salah duduk di toilet

Jika kamu mendapati kaki kamu tidak menyentuh lantai dengan sempurna saat berada di toilet, maka kamu harus meletakkan sesuatu di bawah kaki kamu, seperti bangku pijakan atau balok yoga. 

Usahakan kaki kamu selalu menapak tanah. Jika kaki kamu tidak rata dengan tanah, ini dapat menimbulkan ketegangan dan membuat kamu lebih sulit buang air kecil atau buang air besar. 

Posisi ideal adalah lutut harus lebih tinggi dari pinggul kamu dan kamu harus mencondongkan tubuh ke depan untuk mendekatkan bahu dan lutut.

  1. Kamu membatasi minum air supaya tidak sering buang air kecil

Jumlah air yang kamu minum mungkin bukan alasan mengapa kamu sering buang air kecil. Minum lebih sedikit air, atau mengurangi minum air, sebenarnya dapat memperburuk masalah kandung kemih kamu. 

Alasan mengapa kamu sering buang air kecil, bisa jadi karena kamu sering minum kopi, kamu mengalami gangguan kecemasan, suhu yang dingin, atau kamu mengalami masalah kesehatan lainnya. 

  1. Kamu buang air kecil saat sedang mandi

Kencing saat kita sedang mandi, mungkin terasa nyaman, bahkan ramah lingkungan karena menghemat air. Namun, jika kamu kencing saat sedang mandi, kamu berisiko membuat otak kamu mengasosiasikan air mengalir dengan keinginan untuk buang air kecil. 

Hal tersebut akan berdampak pada kebiasaan yang tidak baik. Setiap kali kamu mendengar suara air, kamu bisa memiliki perasaan ingin kencing, bahkan saat kamu tidak butuh kencing sekalipun.  

Baca Juga :

7 Cara Mengontrol Kandung Kemih Saat Tidak Ada Kamar Mandi untuk Buang Air Kecil

Mandi Tanpa Sabun Lebih Sehat? Simak 5 Manfaat Mandi Tanpa Sabun Berikut Ini!

Perhatikan 3 Tips Ini Maka Kamu Akan Merasakan Sensasi Mandi Yang Belum Pernah Kamu Rasakan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Terkesan ÔÇťBaikÔÇŁ Tapi Sebenarnya 5 Benda Ini Berbahaya, Loh

Ketika sudah terbiasa dengan beberapa produk atau barang