Pada zaman dahulu, orang biasa di Jepang tidak bisa makan banyak nasi, karena sebagian besar nasi hanya disediakan untuk bangsawan. Bahkan, petani Jepang menggunakan beras sebagai alat untuk membayar pajak. 

Sekarang, kita bahkan tidak dapat membayangkan masakan Jepang tanpa bihun, sushi, atau nasi dengan telur goreng dan biji-bijian yang lezat. Semua hidangan nikmat nan bergizi tinggi ini juga telah menempati dapur kita sekarang. Nasi sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus selalu ada di dapur rumah.

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari orang Jepang tentang konsumsi nasi. Berikut daftar fakta tentang nasi :

  1. Nasi dapat membantu kamu menurunkan berat badan

Tahukah kamu? Nasi adalah makanan yang rendah lemak dan mengandung natrium serta serat yang tinggi. Nasi bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan, jika kamu mengikuti metode yang benar dan memilih beras yang tepat.

Terbukti bahwa orang yang makan nasi merah memiliki berat badan lebih rendah dan memiliki kemungkinan lebih rendah untuk obesitas daripada mereka yang makan gandum atau nasi putih. 

  1. Nasi dapat membantu kamu terlihat lebih muda

Wanita Jepang menggunakan air beras untuk menjaga kulit mereka tetap halus dan awet muda. Tak hanya itu, tetapi makan nasi secara teratur ternyata juga dapat membantu kamu merawat keremajaan kulit. 

Beras mengandung banyak antioksidan yang melindungi sel-sel kulit kamu dari kerusakan akibat radikal bebas dan bahkan dapat menghaluskan kerutan di kulit kamu, loh. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Makan nasi secara teratur adalah cara alami yang enak dan mengenyangkan untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Pasalnya, nasi merupakan anti-inflamasi alami yang mampu mencegah pembentukan plak di dalam pembuluh darah dan menurunkan risiko masalah jantung tertentu, seperti serangan jantung atau stroke. 

  1. Nasi dapat melawan gula darah tinggi

Bagi kamu yang menderita gula darah tinggi, makan nasi adalah cara yang baik untuk melawannya. Tetapi ingat, kamu harus memilih beras merah, ya. Beras merah mengandung serat sekitar 3 kali lebih banyak dari beras putih. Beras merah juga lebih tinggi protein. 

Mengganti nasi putih dengan nasi merah akan membuat kamu tetap kenyang. Bahkan hanya makan 7 ons (200 gram) nasi merah dalam sehari, akan membantu kamu menjaga tingkat gula darah tetap sehat.

  1. Membantu proses pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada nasi merah dapat mengurangi sembelit dan membantu mengatur sistem pencernaan kamu, loh. Karena berfungsi sebagai diuretik alami, nasi merah dapat membersihkan tubuh kamu dan membuang racun dari sistem pencernaan. 

  1. Meningkatkan kesehatan sistem saraf

Jika kamu makan nasi secara teratur, sistem saraf kamu akan merasakan manfaatnya juga. Sistem saraf tubuh kita membutuhkan vitamin B yang berbeda agar tetap sehat. Karena nasi mengandung banyak jenis vitamin B, nasi dapat membantu mengatur proses biologisnya.

  1. Nasi memicu tingkat energi

Jika kamu terbiasa minum minuman berenergi untuk berolahraga, kamu bisa hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Alih-alih minum minuman energi, kamu bisa makan nasi.  Tubuh kita membutuhkan karbohidrat agar dapat mengubahnya menjadi energi. Karena kaya akan karbohidrat dan sehat, nasi bisa membantu saat kamu merasa lelah dan lesu.

Baca Juga :

Saran WHO Untuk Perjalanan Internasional Terkait Wabah COVID-19

Maksimalkan Kombinasi Jeans Dan Boots Dengan Tips Berikut Ini

Beberapa Ide Kombinasi Warna Eyeshadow Dan Lipstik Yang Kece Banget Untuk Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Bakat Kamu Lewat 8 Cara Berikut

Minat dan bakat adalah kedua isu membuat orang