Tahukah kamu? Ternyata menyabuni tubuh kita dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan sabun bisa membawa lebih banyak bahaya daripada kebaikan, loh. Sabun dibuat dengan berbagai bahan kimia yang sebenarnya tidak baik bagi kulit kita dan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Inilah 5 manfaat yang dapat kamu peroleh jika kamu mulai mandi tanpa sabun :

  1. Kulit kamu akan terasa lebih sehat

Mandi hanya dengan air akan menyeimbangkan lapisan pelindung kulit kamu. Meskipun sabun secara efektif mampu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih dari tubuh kamu, sabun juga membersihkan minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit kamu. Menggunakan sabun secara teratur juga dapat mengganggu keseimbangan pH kulit kamu, dan membuatnya kering serta teriritasi.

  1. Bau badan kamu akan hilang

Meskipun mandi dengan sabun akan membuat kamu berbau segar dalam setelah mandi, tapi itu akan membuat kulit kamu lebih rentan terhadap bakteri. Bahan keras dalam sabun dapat mengganggu keseimbangan antara minyak alami kulit dan bakteri yang hidup di kulit kita, yang menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak dan bakteri. 

Sabun antibakteri bahkan bisa jadi berbahaya karena membunuh semua mikroba dalam kulit. Padahal, di dalam kulit juga ada mikroba baik, tidak hanya mikroba jahat saja.  

  1. Bagian intim kamu akan lebih sehat

Mandi pakai sabun secara rutin bisa mengeringkan area genital yang bisa berujung pada masalah kesehatan tertentu. Cara terbaik adalah menggunakan air hangat untuk mencuci bagian intim kamu, atau air panas saat kamu perlu menghilangkan bau dari bagian intim.

  1. Kulit kamu mungkin akan terbebas dari kerutan

Meskipun banyak bahan dalam sabun yang digunakan dengan tujuan untuk  membuat kulit kamu bersih dan segar, bahan-bahan tersebut sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak kulit. Faktanya, bahan-bahan dalam sabun dapat merusak mantel asam kulit kamu, yang selanjutnya dapat memperburuk berbagai masalah seperti jerawat dan dermatitis. Mandi dengan sabun bisa membuat kulit mudah kering, yang akan berujung pada munculnya kerutan.  

  1. Mengurangi Risiko Kekurangan Vitamin D

Selain berkontribusi pada penuaan kulit lebih dini, sabun juga dapat mengganggu penyerapan Vitamin D di dalam kulit loh. Kulit kita mengubah energi matahari menjadi vitamin D, dan beberapa spesialis perawatan kesehatan bahkan merekomendasikan agar kita tidak terlalu sering mandi, karena terlalu sering mandi dengan sabun dapat mengganggu keseimbangan kulit dan menghilangkan beberapa vitamin D.

Alternatif Pengganti Sabun Biasa

Kamu bisa menggunakan beberapa alternatif ini untuk menggantikan sabun yang biasa kamu beli di supermarket :

  • Minyak Pembersih

Pembersih berbahan dasar minyak adalah alternatif yang lebih sehat untuk sabun. Mereka menghilangkan kotoran dan sel kulit mati dari kulit tanpa mengganggu penghalang minyaknya.

  • Lulur Alami

Kamu dapat membuat campuran lulur sendiri menggunakan bahan-bahan langsung dari dapur kamu. Misalnya, lulur oatmeal, madu, dan gula.

  • Sabun Homemade / Sabun Organik

Sabun organik berbeda dengan sabun pabrik yang biasa dijual di pasaran. Sabun organik dibuat dengan 100% bahan alami, tanpa bahan kimia, sehingga tidak akan membahayakan kulit. Aroma dari sabun organik juga berasal dari bahan-bahan alami.

Baca Juga :

5 Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Kulit

Mengapa Kita Wajib Mencuci Kaki Saat Mandi?

7 Cara Mengontrol Kandung Kemih Saat Tidak Ada Kamar Mandi untuk Buang Air Kecil

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik