Tahukah kamu? Kulit kita adalah rumah bagi sekitar 1,5 triliun mikroba?

Meski demikian, tidak semua mikroba buruk bagi kita, bahkan ada jenis mikroba yang penting untuk kesehatan kita. Itulah mengapa, sebenarnya ada beberapa bagian tubuh yang tidak perlu dicuci dengan sabun. Sementara itu, ada juga bagian tubuh yang harus dibersihkan secara menyeluruh.

Agar tidak salah membersihkan bagian tubuh, simak daftar bagian tubuh mana saja yang kerap salah dibersihkan saat sedang mandi:

  1. Kaki

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang harus dicuci dengan sabun. Namun, banyak dari kita kerap mengabaikan bagian kaki. Mungkin kamu mengira bagian kaki akan bersih hanya karena bagian kaki terkena aliran air sabun dan air mengalir dari bagian tubuh lainnya. Padahal, bukan demikian.

Justru di area kaki, terdapat jamur penyebab kutu air, terutama jika kamu selalu memakai sandal dan sepatu tanpa memakai kaus kaki, atau ketika kamu berkeringat secara berlebihan.

Itulah mengapa, penting untuk tidak hanya mencuci kaki dengan sabun tetapi juga menggosoknya dengan batu apung setiap hari. Ruang di antara jari-jari kaki kamu juga harus dibersihkan secara menyeluruh, tidak peduli apa pun jenis sepatu atau kaus kaki yang kamu kenakan. 

Untuk menghindari penyebaran bakteri dan kuman, kamu perlu mencuci jari-jari kaki dengan sabun dan air, kemudian mengeringkannya dengan hati-hati menggunakan handuk.

  1. Bagian belakang leher

Bagian tubuh yang satu ini sering kali terasa hangat dan lembap, terutama jika kamu memiliki rambut panjang atau kamu berolahraga secara teratur. Nah, kondisi lembap dan hangat ini sangat menarik bagi tungau dan bakteri tubuh. 

Itulah mengapa, kamu harus selalu mencuci bersih bagian belakang leher kamu setiap hari dengan sabun dan spons mandi. Kamu tidak mau bakteri tumbuh di sana, bukan?

  1. Mata

Tentu saja kamu tidak boleh mencuci mata dengan sabun, karena itu bisa merusak kornea dan sklera mata. Selain itu, kamu juga perlu tahu bahwa mata kamu memiliki kelenjar lakrimal (kelenjar yang menghasilkan air mata) yang bertanggung jawab untuk membersihkan dan melindunginya dari kotoran dan bahan iritan lainnya.

Cara yang aman untuk membersihkan kelopak mata dan bulu mata adalah dengan menggunakan sampo bayi yang tidak mengandung bahan pewangi. Campurkan sekitar setengah sendok teh sampo ke dalam secangkir air hangat dan celupkan kain lap lembut ke dalam campuran. Gosok perlahan ke bagian kelopak mata kamu dengan gerakan maju dan mundur, menggunakan waslap, kemudian bilas dengan air.

  1. Selangkangan

Selangkangan harus selalu dibersihkan setiap hari. Bagian tubuh kamu ini memiliki berbagai lipatan yang dapat menampung bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam, infeksi, dan juga bau tak sedap. 

Selangkangan juga merupakan salah satu area paling sensitif di tubuh kamu, dan cara paling efektif untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan sabun lembut dan kain lap.

  1. Area bawah kuku

Beragam bakteri dapat berkoloni di area bawah kuku kamu, dan kamu tidak dapat menghilangkan semuanya hanya dengan mencuci tangan. Menurut dokter, untuk membersihkan area ini, kamu perlu merendam kapas dengan air sabun hangat dan mengoleskannya di bawah kuku. 

Dengan begitu, kamu dapat menghilangkan bakteri dan kotoran yang tidak terlihat dengan mata telanjang.

  1. Aturan mandi dan keramas

Tahukah kamu? Menggunakan kondisioner untuk rambut dapat menyebabkan iritasi kulit dan munculnya jerawat di tubuh kamu, loh. Untuk menghindarinya dan menghilangkan sisa kondisioner dan sampo dari kulit kamu, lakukan keramas dan mandi dengan urutan berikut :

Keramas dengan sampo, bilas sampo sampai bersih, gunakan kondisioner, bersihkan tubuh dengan sabun, lalu baru bilas kondisioner sambil membilas sabun dari sekujur tubuh kamu.  

Baca Juga :

5 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Harus Segera Kamu Hentikan

5 Tips Tampil Segar Sepanjang Hari Walaupun Belum Mandi

Mandi Tanpa Sabun Lebih Sehat? Simak 5 Manfaat Mandi Tanpa Sabun Berikut Ini!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan