Usai menjalani hari yang panjang, rasanya sangat menyenangkan untuk segera melepaskan pakaian dan mandi dengan air hangat. Karena dengan mandi air hangat, tubuh menjadi lebih rileks dan rasa lelah di sekujur tubuh menjadi hilang.

Tapi, tanpa kamu sadari, ketika kamu membersihkan wajah sambil mandi air hangat, kamu berisiko mengalami masalah kulit yang berbahaya. Itu karena kulit di wajah kamu jauh lebih sensitif daripada kulit di tubuh kamu. Jadi, jika kamu mandi air hangat, sebaiknya jauhkan wajah kamu dari shower

Mengapa begitu?

Berikut alasan mengapa air hangat tidak baik untuk kulit wajah kamu:

  1. Air hangat bisa memperburuk jerawat

Mandi air hangat, apalagi dalam waktu yang lama, dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit. Padahal, minyak alami ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit kamu tetap sehat dan terlihat cantik. Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit yang sudah kering, maka mencuci muka dengan air panas saat mandi hanya akan memperburuk masalah. 

Bahkan mengoleskan pelembab usai mandi air hangat hanya akan membuat wajah semakin rentan terhadap jerawat dan infeksi kulit lainnya.

  1. Air hangat dapat mempengaruhi warna kulit 

Mencuci muka dengan air hangat di kamar mandi bisa membuat kulit terlihat kemerahan. Itu karena air hangat di kamar mandi menyebabkan pembuluh darah di wajah melebar dan berisiko merusak kapiler rapuh di pipi kamu. 

Jika terjadi terus-menerus, maka kamu bisa menyebabkan jaringan kapiler menjadi terlihat, memicu munculnya rosacea, dan lain-lain. 

  1. Air hangat dapat menimbulkan kerutan dini

Coba kamu perhatikan bagian jari-jari kamu usai mandi lama di kamar mandi, entah itu dengan air hangat atau air dingin. Pasti jari kamu akan mengeriput seperti kulit jeruk jika kamu terlalu lama berendam, bukan?

Hal ini dapat terjadi karena air panas menghilangkan kelembapan dari kulit kamu dan merusak lapisan pelindung kulit yang membantu mengunci kelembapan. Hal yang sama berlaku pada kulit wajah. Jika kamu sering mandi dengan air hangat dan membasuh wajah, maka kulit wajah bisa menua lebih cepat.

  1. Air hangat membuat kulit yang sehat jadi lebih sensitif

Mencuci muka di kamar mandi juga tidak baik bagi jenis kulit normal. Pasalnya, air hangat dapat berdampak negatif bahkan pada kulit yang sangat sehat sekalipun. Ketika terkena air hangat dalam waktu yang lama, kulit sehat pun akan menjadi kering dan sensitif.

Untuk itu, lebih baik kamu menghindari mandi air panas, terutama selama musim dingin. Karena saat musim dingin, kondisi kulit lebih kering daripada biasanya. 

  1. Air hangat bisa membuat kulit gatal

Banyak orang merasa kulit mereka menjadi sedikit gatal setelah lama mandi air panas. Sensasi gatal yang ditimbulkan air hangat memang biasanya ringan dan hanya berlangsung sebentar. Tetapi, mencuci muka di bawah pancuran air hangat secara rutin dapat menyebabkan kulit kamu gatal bahkan mengelupas.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus menghindari mencuci wajah dengan air hangat. Jika terpaksa harus membasuh wajah dengan air hangat, pastikan kamu tetap membilas wajah dengan air dingin untuk menetralkan suhu dan mengecilkan pori.

Baca Juga :

Jerawat Terus Saja Muncul Di Wajah Kamu Padahal Udah Rajin Cuci Muka? Yuk Simak Penjelasan Penyebab Munculnya Jerawat Di Muka Kamu

Cuci Muka dengan Baking Soda dan Minyak Kelapa yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kulit

Udah Sering Cuci Muka Tapi Kenapa Wajah Masih Saja Beruntusan? Gak Mungkin Kan Bawaan Lahir…

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sebenarnya Perlu Mandi Berapa Kali Sih Dalam Sehari? Ini Jawabannya

Kebiasaan mandi seseorang bisa berubah-ubah berdasarkan mood dan