Cinta itu buta. Apalagi jika hanya melihat dari usia. Banyak pasangan telah membuktikan bahwa perbedaan usia 17 tahun, 25 tahun, dan bahkan 32 tahun bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. 

Faktanya, penelitian bahkan menemukan manfaat dalam hubungan antara pria dan wanita heteroseksual yang memiliki perbedaan usia. Sebagian besar hubungan dengan perbedaan usia yang besar justru cenderung berkembang dan membentuk keluarga yang bahagia, loh.

Perbedaan usia dalam hubungan

Pasangan dengan perbedaan usia 10 tahun atau lebih sudah dianggap memiliki perbedaan usia yang besar, dan jenis hubungan ini justru lebih populer daripada yang kita kira. Sebuah survei tahun 2017 menunjukkan bahwa hampir 8% pria menikahi wanita yang lebih muda 10 tahun atau bahkan lebih. Sementara itu, hampir 2% wanita melakukan hal yang sama dengan pasangan yang lebih muda.

Masyarakat cenderung menilai bahwa hubungan yang berbeda usia jauh adalah hal yang “aneh” atau “menyeramkan”. Dahulu, hubungan antara pasangan yang jauh lebih tua dan yang jauh lebih muda dianggap kurang disukai dan kurang adil. Tapi, di zaman sekarang, sudah banyak pasangan yang berhasil mematahkan stigma tidak benar tersebut. 

Manfaat perbedaan usia yang besar dalam hubungan

Wanita atau pria yang lebih tua dapat memperoleh manfaat dari perbedaan usia dalam hubungan mereka. Untuk pria, penelitian menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan pria yang memiliki pasangan seumuran, pria yang memiliki pasangan lebih muda memiliki risiko kematian yang lebih kecil. Risiko kematian suami bahkan bisa menurun sebesar 11% ketika ia berusia 7 hingga 9 tahun lebih tua dari istrinya. 

Ada teori lain yang menyebutkan, bahwa pria yang lebih tua cenderung tidak menderita serangan jantung, stroke, dan kanker, karena istri yang lebih muda menginspirasi mereka untuk tetap bugar dan sehat. Sementara itu, wanita yang lebih tua dari pasangannya cenderung lebih berkomitmen dan lebih puas dengan hubungan mereka, jika pasangannya berusia 10 tahun lebih muda. 

Tips menjalani hubungan beda usia

Untuk membuat hubungan beda usia bisa berhasil, ada beberapa tantangan yang harus diatasi, ini tipsnya: 

  1. Tetapkan tujuan hidup

Dalam hubungan perbedaan usia, kedua belah pihak harus menyadari apa impian, kebutuhan, dan tujuan hidup bersama. Hal ini bisa terjadi terutama ketika menyangkut tentang anak. Pasangan yang lebih tua mungkin tidak ingin atau tidak dapat memiliki lebih banyak anak, sementara pasangan yang lebih muda mungkin masih ingin membangun keluarga. Kekompakan dan kesepakatan adalah kuncinya. 

  1. Waspadai masalah kesehatan

Dalam hubungan yang tidak memiliki perbedaan usia besar, kedua pasangan mungkin bisa menua bersama. Tapi, dalam hubungan beda usia yang besar, salah satu pasangan akan tua lebih cepat. Ingatlah bahwa masalah kesehatan kronis bisa muncul seiring bertambahnya usia. Jadi, kamu dan pasangan harus sangat memperhatikan kesehatan. 

  1. Selesaikan ketidakseimbangan keuangan 

Uang selalu menjadi topik penting untuk didiskusikan dengan pasangan, tetapi dalam hubungan perbedaan usia, keuangan adalah adalah faktor kunci. Ketika kamu berkencan dengan orang yang lebih tua, maka pastikan mereka sudah memiliki karier dan harta benda yang mapan, seperti rumah dan biaya hidup yang terjamin. Tidak perlu mewah, tapi pastikan sudah lebih dari cukup. 

  1. Cari dukungan teman dan keluarga.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hubungan perbedaan usia cenderung dianggap tidak baik di masyarakat. Untuk itu, kamu dan pasangan harus mendapat dukungan dari teman dekat dan keluarga. Dengan begitu, kamu dan pasangan akan lebih kuat dan lebih mudah mempertahankan hubungan. Penting juga untuk menemukan cara agar bisa saling berbaur dengan teman dan keluarga masing-masing dengan nyaman. 

Baca Juga :

5 Kebiasaan Skincare yang Harus Dihentikan di Usia 20-an

Cara Bertahan Hidup di 4 Krisis Usia

7 Diet Efektif untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perempuan Boleh Melamar Duluan, 5 Selebriti Ini Juga Melamar Calon Suaminya, Loh

Satu dekade lalu, mungkin sebagian besar masyarakat masih