Metabolisme tubuh manusia cenderung melambat sekitar 5% pada setiap dekade setelah kita mencapai usia 40 tahunan. Ini artinya, rata-rata wanita harus mengurangi 100 kalori dari makanan harian mereka jika ingin tubuh tetap bugar. 

Tapi, sebenarnya ada cara lain yang lebih mudah untuk membakar kalori tersebut. Penasaran bagaimana cara diet yang efektif di usia 40 tahunan? Simak tips berikut ini:

  1. Lakukan olahraga dengan benar

Karena metabolisme tubuh melambat, latihan kardio selama 30 menit setiap hari saja tidak cukup, kamu perlu melakukan 4 hingga 5 sesi latihan ketahanan dalam seminggu. Latihan ini bisa berupa step-up, crunch, bird dog, dan push-up. Latihan ketahanan baik untuk menjaga kesehatan massa otot dan membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk melangkah setidaknya 10.000 langkah per hari untuk membantu metabolisme tubuh. 

  1. Tetapkan tujuan yang realistis

Sebaiknya kamu hindari diet ekstrem yang tidak sehat, seperti mengonsumsi pil diet atau suplemen tertentu untuk menurunkan berat badan. Karena, program diet ketat bisa membuat kamu stres dan itu tidak akan membawa kebaikan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Di usia 40 tahun ke atas, gaya hidup sehat seperti makan sehat dan berolahraga dengan benar adalah kunci untuk tetap bugar sampai usia lanjut.

  1. Jangan lupa konsumsi vitamin

Beda usia, beda pula kebutuhan tubuhnya. Untuk wanita di atas 40 tahun, penting untuk memasukkan kalsium, vitamin B12, kalium, magnesium, vitamin D, Omega-3, dan probiotik ke dalam makanan mereka.

Kalium dapat ditemukan dalam alpukat, aprikot kering, dan pisang. Sementara itu, kalsium dapat ditemukan dalam almond dan yoghurt. Kamu juga bisa mencari menu makanan sehat lain untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut. 

  1. Patuhi jadwal makan harian

Kamu harus makan secara teratur untuk memastikan metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Karena, jika kamu melewatkan jam makan, kamu bisa mengacaukan metabolisme tubuh. Ingat, sarapan sangat penting bagi tubuh kamu karena sarapan dapat membuat tubuh kamu bekerja dengan baik sepanjang hari.  

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup tidak hanya baik untuk kulit kamu, tetapi juga membantu tubuh  tetap sehat dan ramping. Penelitian membuktikan, jika kamu kurang tidur, maka kamu dapat mendorong otak kamu untuk membuat keputusan buruk seperti makan junk food atau melewatkan olahraga. 

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, singkirkan ponsel dan komputer kamu sebelum tidur dan biarkan diri kamu tidur sebanyak mungkin.

  1. Pertahankan suhu dingin 

Meski kedengarannya mengejutkan, tapi ternyata suhu ruangan benar-benar berpengaruh pada program diet. Suhu yang lebih dingin membantu kita membakar lemak bahkan saat kita tidur, karena tubuh kita harus bekerja lebih keras untuk tetap hangat. 

Orang dewasa memiliki 2 jenis lemak, yaitu lemak putih yang buruk dan lemak cokelat yang baik. Lemak coklat bertanggung jawab untuk membakar kalori dan menghasilkan panas. Saat suhu di rumah kita lebih hangat, tingkat aktivitas lemak coklat kita terhenti.

  1. Minum air yang cukup

Minum cukup air dapat meningkatkan jumlah kalori yang kamu bakar. Air juga membantu detoksifikasi tubuh kamu. Minum segelas air sebelum makan pun akan mengurangi nafsu makan dan jumlah kalori yang kamu konsumsi. 

Selain itu, disarankan untuk minum air dingin, karena air dingin membantu kamu membakar kalori ekstra. Mengapa demikian? Karena tubuh kamu akan menggunakan energi untuk memanaskannya. 

Baca Juga :

Ingin Diet Tanpa Ribet? Coba Terapkan 10 Kebiasaan Ini

8 Sayuran Terbaik Untuk Gantikan Karbohidrat Saat Diet

Ini Dia Tren Baru Diet “Eat Stop Eat”

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ramalan Zodiak Bulan September 2021

Penghujung tahun 2021 sudah di depan mata. Kita