Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia pada 2020 lalu, mencuci tangan menjadi sebuah kewajiban yang perlu kita lakukan setiap masuk dan keluar rumah, kantor, sekolah, tempat makan, dan gedung lainnya. Selain cuci tangan, orang juga menggunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman, virus, dan bakteri. 

Namun, ternyata kebiasaan baik tersebut membawa sedikit masalah pada kulit, terutama bagian tangan. Pasalnya, terlalu sering mencuci tangan bisa membuat kulit menjadi kering dan kasar. Tentu kamu tidak ingin kulit tangan jadi kering dan kasar, bukan?

Nah, demi menyelamatkan tangan dari masalah kulit kering, kamu bisa lakukan beberapa tips berikut:

  1. Perawatan dengan oat dan minyak biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari akan melembapkan dan meremajakan kulit kering dan lecet. Di sisi lain, oat memiliki kemampuan yang sangat mirip dan kombinasi keduanya dapat memberikan keajaiban bagi kulit kering di tangan kamu.

Cara perawatannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampur oat dengan beberapa tetes minyak biji bunga matahari dan mengoleskan campuran tersebut ke kulit kamu. 

  1. Perawatan dengan madu murni

Madu murni memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Selain dikonsumsi dengan cara tradisional alias diminum langsung, kita juga bisa mengaplikasikan madu murni pada kulit kering dan lecet. Pasalnya, madu murni mampu meregenerasi kulit. 

Caranya, kam harus membersihkan dan mendisinfeksi area yang kering terlebih dahulu. Selanjutnya, aplikasikan madu murni pada kulit untuk merangsang sistem kekebalan dan mulai membangun kembali jaringan yang rusak. 

Selain bisa digunakan untuk kulit kering, kamu juga bisa mengaplikasikan madu murni pada kulit yang terbakar.

  1. Perawatan dengan petroleum jelly dan sarung tangan

Produk berbasis petroleum jelly seperti Vaseline adalah penyelamat kamu saat mengalami kulit kering. Perawatan dengan petroleum jelly sangat sederhana. Kamu hanya perlu mengoleskan petroleum jelly dalam jumlah banyak pada tangan yang kering, kemudian tutup tangan kamu dengan sarung tangan selama semalaman.

Sarung tangan sangat diperlukan untuk memastikan bahwa petroleum jelly tetap berada di tangan kamu sepanjang malam dan tidak berantakan mengenai selimut dan bantal kamu. 

  1. Perawatan dengan masker alpukat

Alpukat memiliki kemampuan melembapkan yang bagus dan mengandung banyak vitamin. Untuk menyembuhkan kulit kering, campurkan ½ buah alpukat matang, 1 sendok teh minyak kelapa, 1 sendok teh minyak jojoba, dan ½ sendok teh perasan lemon. Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan oat dalam campuran tersebut.

Setelah membuat campuran masker, kamu perlu mengaplikasikannya di tangan kamu, lalu diamkan selama 10 – 15 menit sambil menutup tangan dengan beberapa foil untuk memaksimalkan penyerapan.  yang lebih baik. Setelah didiamkan, bilas tangan kamu dengan air hangat, keringkan tangan kamu, lalu oleskan losion agar tangan tetap lembap. 

  1. Konsumsi Vitamin B3

Kamu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin B3 dan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin ini. Karena Vitamin B3 dapat meningkatkan hidrasi kulit kamu. Jika kamu sudah mendapatkan cukup asupan Vitamin B3, kulit kamu akan lebih halus dan lebih kencang. 

Bacaa Juga :

Hand Sanitizer vs. Cuci Tangan, Mana yang Terbaik untuk Mencegah Penyebaran Virus dan Kuman?

Alasan Mengapa Kamu Harus Mencuci Wajah Selama 60 Detik

5 Rahasia Membuat Tangan Kamu Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ingin Hilangkan Jerawat? Coba Ubah Kebiasaan Kamu dengan Cara Berikut!

Jerawat adalah musuh semua orang. Tidak hanya membuat