Tangan biasanya bisa menunjukkan usia kamu karena tangan menua lebih cepat daripada wajah kamu. Namun, kamu dapat menghindari keriput dan tanda-tanda penuaan dari  tangan  jika kamu merawatnya dengan benar. Siapa sih yang tidak ingin memiliki tangan mulus dan cantik?

Nah, untuk itu, ada beberapa rahasia yang akan dibagikan untuk kamu tentang cara merawat tangan agar tampak (bahkan) 10 tahun lebih muda :

  • Cuci tangan kamu dengan benar

Sering bersentuhan dengan sabun dapat membuat tangan kamu kehilangan kelembapan dan mulai mengelupas. Ikuti aturan sederhana ini untuk menghindarinya:

  • Jangan gunakan sabun antibakteri kecuali benar-benar diperlukan. Hindari sabun-sabun yang mengandung parfum,  karena dapat mengeringkan kulit kamu dan dapat menyebabkan iritasi. Pilih sabun pelembab dengan minyak jojoba, minyak zaitun, atau lidah buaya.
  • Cuci tangan kamu dengan air hangat (bukan air panas) untuk menjaga lapisan pelindung alami kulit di tangan kamu.
  • Hindari pengering tangan elektrik dan gunakan handuk sebagai gantinya.
  • Gunakan sarung tangan

Tangan kamu selalu mengalami stres karena faktor eksternal seperti cuaca dingin, udara kering, atau bahan kimia. Untuk meminimalkan kerusakan, kamu harus memiliki sarung tangan untuk setiap kesempatan :

  • Sarung tangan dari kulit atau bulu untuk cuaca dingin.
  • Sarung tangan bahan karet atau latex untuk pekerjaan rumah tangga (mencuci piring, mengepel lantai, membersihkan bak mandi, dll.)
  • Sarung tangan kain untuk berkebun.
  • Berikan pelembap untuk tangan kamu secara teratur

Krim tangan yang baik sama pentingnya dengan sabun, jadi pilih dan gunakan pelembap atau krim tangan dengan bijak. Oleskan krim sesuai kebutuhan tetapi tidak kurang dari dua kali sehari (pagi dan sore). Jika kamu memiliki kulit kering, taruh krim di dekat wastafel dan oleskan setiap kamu selesai mencuci tangan.

Jika kulit kamu sangat kering dan butuh perawatan, untuk efek terbaik, gunakanlah krim, kemudian kenakan sarung tangan katun, dan tidurlah dengan sarung tangan seperti itu. Jangan lupa, kuku kamu juga membutuhkan pelembab. Gosokkan krim tangan pada kuku, dan belilah krim vitamin E untuk kutikula.

Kulit kamu membutuhkan kelembapan dari dalam maupun luar, jadi selain perawatan krim pelembab, kamu juga perlu minum air yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik.

  • Ingatlah untuk membersihkan tangan dari sel kulit mati

Selain krim, tangan kamu perlu digosok dan diberi masker seminggu sekali. Masker tangan terbuat dari produk yang sering kamu miliki di lemari es. Misalnya, campur setengah buah alpukat, satu kuning telur, dan satu sendok makan jus lemon. Oleskan ke tangan kamu, dan diamkan selama 20 menit. Kamu dapat menggunakan campuran minyak zaitun dan gula sebagai scrub.

Saran bagi kamu yang malas : saat kamu menggunakan lulur atau masker wajah, oleskan ke tangan kamu juga untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di tangan.

  • Gunakan sunscreen!

Salah satu tanda utama dari penuaan adalah hiperpigmentasi pada kulit tangan. Penyebabnya bukan pada penuaan atau disfungsi hati, seperti yang mungkin pernah kamu dengar atau kamu baca, tetapi karena efek paparan sinar matahari. Untuk menghindari bintik pigmen yang melimpah, oleskan tabir surya/sunscreen secara teratur ke tangan kamu.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/2-trik-rahasia-mengecat-kuku-di-tangan-dominan/

https://www.tampilcantik.com/hand-sanitizer-vs-cuci-tangan-mana-yang-terbaik-untuk-mencegah-penyebaran-virus-dan-kuman/

https://www.tampilcantik.com/pilah-pilih-jam-tangan-wanita-terbaik-dengan-tips-berikut-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Solusi Menghilangkan Jerawat Dada

Pernahkah kamu mengalami masalah jerawat yang timbul di