Varises atau pembengkakan pembuluh darah vena memang bisa terjadi pada hampir semua orang. Walaupun biasanya tidak berbahaya, tapi memiliki varises bisa membuat orang jadi tidak percaya diri. Sebenarnya, varises bisa dicegah dengan tidak melakukan beberapa hal yang memicu varises, contohnya adalah kebiasaan ini: 

  1. Mencukur bulu kaki

Jika kamu terbiasa mencukur bulu kaki, apalagi dilakukan dengan tergesa-gesa, kamu berisiko membahayakan pembuluh darah. Pasalnya, pencukuran bulu kaki bisa menyebabkan luka atau sensasi luka bakar akibat pisau cukur. 

Kebanyakan wanita mencukur bulu kaki sambil mandi air hangat. Ketika kamu secara tidak sengaja melukai kaki dengan pisau cukur, air hangat bisa membuat pendarahan jadi lebih hebat. 

  1. Lupa mengeksfoliasi kaki

Sebenarnya eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati, tidak akan mencegah varises, tetapi cara kamu memijat kaki sembari mengoleskan produk eksfoliasi bisa mencegah varises. Apalagi jika kamu sering melakukannya.

Karena, memijat kaki dapat merangsang aliran darah, sehingga ia akan memicu agar pembuluh darah kamu tidak “malas.” Bahkan, jika sering mengeksfoliasi kulit, kamu dapat meningkatkan sirkulasi darah serta membantu mempercepat produksi kolagen. Hal ini dapat membuat kaki kamu halus lebih lama.

  1. Memakai sikat kering

Apakah kamu pernah membersihkan kaki dengan sikat kering? Mungkin kamu menemukan seorang blogger kecantikan yang memberikan tips seperti itu. Tapi, sebenarnya memakai sikat kering pada kaki bisa membahayakan pembuluh darah yang berujung pada varises. 

Sebab, jika kamu terlalu sering atau terlalu intens menggunakan sikat kering, maka kamu berisiko membuat pembuluh darah kamu lebih rentan terhadap pendarahan dan infeksi.

  1. Sering lari

Rajin olahraga, termasuk lari, memang akan membuat badan tetap aktif untuk meningkatkan kebugaran. Tetapi, beberapa aktivitas olahraga bisa menyebabkan varises jika dilakukan secara rutin atau berlebihan. Karena ketika kamu berlari, terjadi peningkatan volume darah yang berisiko merusak pembuluh darah dan akhirnya mempersulit darah untuk bersirkulasi. Inilah yang memicu munculnya varises.

  1. Mengonsumsi terlalu banyak gula

Gula menyebabkan tekanan darah meningkat. Untuk itu, orang yang mengonsumsi terlalu banyak gula berisiko merusak dan melemahkan pembuluh darah. Ini juga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah, membuatnya lebih sulit untuk memompa darah dengan benar, sehingga pembuluh darah melebar dan menonjol.

Tidak hanya berdampak pada varises, terlalu banyak mengonsumsi gula pun bisa menyebabkan diabetes. Kontrol menu makan kamu, karena makanan yang tampak seperti alternatif gula yang lebih sehat pun bisa menjadi musuh bagi tubuh. 

  1. Memakai ikat pinggang dan pakaian ketat

Jika kamu rentan terhadap varises, maka perhatikan gaya berpakaian kamu. Pasalnya, pakaian ketat yang mungkin terlihat cantik saat kamu kenakan, bisa jadi membatasi sirkulasi darah dan mempersulit aliran darah dari kaki ke seluruh tubuh. Jadi, daripada kamu memakai pakaian ketat seperti ikat pinggang atau skinny jeans, pilihlah pakaian yang lebih longgar. 

  1. Tidur telentang

Tidur telentang memang dapat membantu mencegah kerutan wajah, tapi sebenarnya telentang bukan posisi tidur terbaik jika kamu menderita varises. Lebih baik kamu tidur miring ke kiri karena posisi ini akan menghilangkan tekanan dari vena terbesar tubuh, yang terletak di sisi kanan. Dengan tidur miring ke kiri, Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah darah menumpuk di pembuluh darah.

Baca Juga :

6 Tips Sederhana Untuk Mengurangi Kesemutan dan Varises

Ternyata Ini Alasan Mengapa Orang Jepang Tidur di Lantai

Hati-hati, Kamu Bisa Mengalami 10 Masalah Ini Jika Memakai High Heels Setiap Hari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cuma 3 Hari, Diet Militer Ini Bisa Melonggarkan Pakaian yang Mulai

Diet Militer adalah rencana makanan jangka pendek yang