Bagi orang yang berasal dari negara Barat dan dibesarkan di negara Barat pula, mereka mungkin terbiasa tidur meringkuk di ranjang yang empuk. Bahkan mungkin mereka tidak dapat membayangkan bagaimana tidur tanpa kasur.

Tetapi, ketika kamu masuk ke kamar tidur orang Jepang, besar kemungkinan kamu tidak akan menemukan ranjang atau kasur. Ada banyak alasan mengapa orang Jepang lebih suka tidur langsung di lantai, dan itu bukan hanya tradisi atau alasan penghematan ruang. 

Ternyata, tidur di lantai memiliki beberapa manfaat kesehatan yang cukup mengesankan, loh. Berikut daftar alasan mengapa orang Jepang tidur di lantai :

  1. Tidur di lantai dapat meredakan sakit punggung

Tidur di permukaan yang keras dan rata, akan baik untuk punggung kamu. Jika kamu tidur di lantai, kamu akan terbebas dari nyeri punggung yang telah menyiksa kamu selama bertahun-tahun.

Tidur di ranjang yang empuk pasti terasa nyaman, tapi kasur kamu akan mulai kempes seiring berjalannya waktu. Tidur di kasur kempes akan menyebabkan tulang belakang kamu melengkung dan menyebabkan sakit punggung. 

Faktanya, ahli medis bahkan menyarankan untuk meletakkan kayu lapis di bawah kasur kamu, jika kasur terlalu empuk. Tidur di lantai juga akan menjaga tulang belakang kamu tetap sejajar dan mencegah tubuh kamu berputar ke posisi yang tidak wajar.

  1. Tidur di lantai dapat memperbaiki postur tubuh kamu

Jika kamu tidur dalam posisi yang benar dan tulang belakang kamu mendapat dukungan yang tepat, akan lebih mudah bagi kamu untuk menjaga punggung tetap tegak di siang hari. Nah, dalam hal ini, tidur di lantai dapat membantu kamu memperbaiki postur tubuh yang buruk.

  1. Tidur di lantai dapat meningkatkan sirkulasi darah

Dengan tidur di lantai, kamu dapat meningkatkan aliran darah kamu, karena berat badan kamu akan didistribusikan secara merata, sehingga lebih sedikit tekanan di berbagai bagian tubuh.

Tidur dengan posisi alami di lantai juga akan mencegah mati rasa dan kesemutan akibat sirkulasi darah yang buruk. Jika kamu tidur meringkuk di kasur, darah yang telah beredar, mengalir kembali ke jantung kamu, dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti pembekuan darah dan varises.

  1. Tidur di lantai akan membantu kamu bangun tepat waktu

Jika kamu merasa sulit meninggalkan kasur empuk dan bantal di pagi hari, maka kamu tidak sendirian. Banyak orang yang kesulitan meninggalkan kenyamanan kasur bahkan ketika alarm sudah berbunyi nyaring.

Di sisi lain, saat kamu tidur di lantai, kamu akan lebih mudah bangun pagi karena merasa tidak begitu nyaman dengan lantai yang dingin. Lantai yang datar tidak akan membuat kamu mager seperti halnya kasur yang empuk.

  1. Tidur di lantai sangat terjangkau

Tidak hanya kesehatan tubuh kamu saja yang membaik, tapi dompet kamu juga akan senang jika kamu memutuskan untuk tidur di lantai. Tidur di lantai akan menghemat berjuta-juta rupiah uang kamu, karena kamu tidak perlu membeli rangka tempat tidur, kasur, dan aksesoris lainnya. 

Meskipun memiliki berbagai manfaat, tidak dapat dipungkiri bahwa lantai adalah permukaan yang keras. Ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang tidak dianjurkan untuk tidur di lantai, di antaranya :

  • Penderita alergi

Karena lantai cenderung rentan terhadap kotoran dan debu, orang yang memiliki alergi terhadap debu bisa mengalami batuk dan pilek,  sehingga tidak dianjurkan untuk tidur di lantai.

  • Orang dengan penyakit tulang

Jika kamu adalah penderita kelainan tulang yang serius, tidur di lantai bisa berbahaya karena bisa memberi tekanan lebih pada persendian kamu.

  • Orang tua

Karena mobilitas orang tua menurun seiring bertambahnya usia, maka mereka akan kesulitan untuk bangun dari lantai. Untuk itu, tidur di lantai tidak dianjurkan bagi orang tua. 

  • Orang yang mudah kedinginan atau alergi dingin

Jika kamu selalu bangun dengan kondisi kedinginan, atau kamu alergi terhadap suhu rendah, maka lantai bukan pilihan yang tepat untuk bermalam.

Baca Juga :

Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin dan Alternatif Solusinya

Tips Ampuh Untuk Merawat Kesehatan Sendi Lutut

Tahukah Kamu? Posisi Tidur Dapat Mengungkapkan Kepribadian, Loh!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Bakat Kamu Lewat 8 Cara Berikut

Minat dan bakat adalah kedua isu membuat orang