Beberapa orang tidak bisa tidur tanpa kipas angin. Entah itu karena musim panas yang membuat ruangan menjadi super gerah, atau memang karena sejuknya kipas angin bisa membantu mereka untuk tidur lebih cepat. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga memakai kipas angin di kamar tidur? Apakah kipas angin kamu harus selalu menyala sepanjang malam?

Meskipun kipas angin itu sendiri bukanlah benda yang berbahaya, tetapi menggunakannya pada malam hari dapat menyebabkan konsekuensi tertentu, loh. Untuk membantu memahaminya, berikut adalah beberapa daftar reaksi tubuh kamu saat tidur terhadap kipas angin menyala :

  1. Kipas angin dapat mengeringkan mulut dan saluran hidung kamu

Penelitian menunjukkan bahwa membiarkan kipas angin tetap menyala dapat memicu penguapan keringat dan kelembapan dari tubuh kamu, yang menyebabkan dehidrasi serta mengeringkan mulut dan saluran hidung. Jika kamu tinggal di daerah kering, hal ini sangat perlu kamu perhatikan, karena konsekuensi ini dapat muncul lebih cepat. Jika mengalami bibir dan saluran hidung kering, hidrasi tubuh kamu dengan minum air putih.

  1. Kipas angin dapat memperburuk alergi kamu

Jika kamu memiliki alergi, tidur dengan kipas angin yang menyala bukanlah ide yang baik. Menurut penelitian, angin dapat membantu mengedarkan partikel alergen, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan asma, mata kering, alergi mata, dan demam. Sebaiknya kamu matikan kipas angin kamu ketika kamu mengalami alergi.

  1. Kipas angin yang menyala sepanjang malam adalah salah satu penyebab kram otot

Suhu di malam hari cenderung menurun dengan cepat dan meskipun cuaca dingin adalah salah satu penyebab kram otot, kipas angin pun dapat membuat kamu terpapar udara dingin yang lebih pekat dan konstan, karena anginnya berhembus langsung ke arah kamu. Di sisi lain, udara malam cukup panas, hembusan udara dari kipas angin justru dapat meningkatkan suhu tubuh kamu, yang menyebabkan penyakit terkait panas, seperti mual atau sakit kepala.

Lalu bagaimana jika kamu tidak bisa tidur tanpa kipas angin?

Bagaimana kamu bisa melewati panasnya malam di musim panas?

Tenang, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk tetap tidur nyaman dengan atau tanpa kipas angin :

  1. Tidurlah dengan jendela terbuka

Solusi sederhana untuk malam hari yang panas adalah dengan membiarkan jendela kamar kamu terbuka. Angin dingin di pagi hari akan membantu mendinginkan udara. Jika kamu takut karena banyak nyamuk masuk, kamu dapat mencoba memasang kelambu atau layar di jendela kamu agar nyamuk dan serangga lainnya tidak mengganggu tidur kamu.

  1. Letakkan handuk basah atau ember berisi air di dekat tempat tidur kamu

Untuk membuat kamar tetap sejuk, letakkan handuk basah di dekat kepala tempat tidur kamu, atau isi ember dengan air dan biarkan ember di sisi tempat tidur kamu, di lantai. Solusi ini akan membantu meningkatkan kelembapan di kamar tidur kamu dan membuat kamar kamu tetap sejuk.

  1. Putar kipas ke arah lain

Jika kamu tidak bisa tidur tanpa kipas, maka cobalah untuk putar arah anginnya. Dengan cara memutar kipas angin ke arah lain, maka angin dari kipas tidak akan langsung menyerang kamu. Kamu juga dapat mencoba meletakkannya di dekat jendela kamu, sehingga dapat menangkap udara luar dan membantu udara memasuki ruangan.

Baca Juga :

Ingin Menjadi Pasangan Harmonis? Lakukan 6 Kebiasaan Ini Sebelum Tidur

9 Alasan Mengapa Kamu Perlu Tidur di Kamar yang Dingin dan Sejuk

4 Alasan Mengapa Kamu Perlu Tidur dengan Guling/Bantal di Antara Kaki Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik