Cuaca panas yang berkepanjangan ini membuat semua orang frustrasi karena gerah! Pasti kamu juga merasakannya kan? Ternyata, tidur di kamar yang panas tidak hanya membuat kita menjadi tidak nyaman karena penuh keringat, tetapi kita juga bisa kehilangan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari tidur kita.

Selain membuat tubuh rileks dan nyaman, tidur di kamar yang sejuk atau dingin ternyata memang bisa memaksimalkan kualitas tidur kita, loh! Tidak salah kalau kamu selalu ingin kamar yang sejuk dan dingin untuk istirahat, karena kamar yang dingin memang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk kamu. Berikut daftarnya :

  1. Kamar dingin membantu kita tetap segar dan awet muda

Tidur di ruangan dengan suhu yang lebih rendah akan meningkatkan produksi melatonin, yang juga disebut “hormon tidur” dalam tubuh. Ini merupakan antioksidan, yang berfungsi sebagai hormon anti penuaan bagi tubuh.

  1. Kamar dingin dapat membantu mencegah insomnia

Studi menunjukkan bahwa beberapa bentuk insomnia sebenarnya terkait dengan suhu tubuh yang tinggi. Banyak penderita insomnia mengalami kesulitan mengatur suhu tubuh mereka, sehingga ini membatasi kemampuan mereka untuk menghilangkan panas. Dengan membuat kamar tidur kita lebih sejuk, kita dapat membantu tubuh kita mendingin dan membantu mendorong kita untuk cepat tidur.

  1. Kamar dingin dapat menghilangkan stres

Ketika berada di ruangan dengan suhu yang lebih tinggi, maka tubuh melepaskan lebih banyak “hormon stres” yang disebut kortisol. Ruangan yang lebih dingin dapat membantu menjaga kadar kortisol kita, dan itu berarti akan mengurangi stres.

  1. Kamar dingin dapat mengurangi risiko penyakit tertentu

Tidur di ruangan yang sejuk dapat menurunkan peluang kita terkena penyakit metabolik seperti diabetes. Ini juga meningkatkan kadar hormon pertumbuhan kita yang membantu mencegah penyakit jantung, depresi, dan obesitas. 

  1. Kamar dingin dapat membuat tidur lebih nyenyak dan tidak terganggu

Saat kita tidur nyenyak, tubuh kita melakukan tugas-tugas penting seperti perbaikan sel dan konsolidasi memori, tetapi tubuh tidak dapat mengatur suhu. Peningkatan suhu dapat membangunkan kita dari tidur nyenyak, jadi berada di ruangan yang sejuk akan mengurangi kemungkinan hal itu terjadi.

  1. Kamar dingin dapat mencegah infeksi jamur

Wanita dapat mencegah infeksi jamur dengan tidur di ruangan bersuhu lebih rendah. Bakteri dan jamur suka hidup di lingkungan yang hangat dan lembap, jadi menjaga ruangan tetap dingin akan menghentikan penyebarannya.

  1. Kamar dingin dapat membantu meningkatkan kesuburan pria

Hal ini disebabkan karena paparan panas dalam waktu lama dapat memperburuk kesuburan pria. Tidur di ruangan yang dingin, disertai dengan pakaian dalam yang longgar, dapat mencegah hal ini terjadi. Jika kamu berencana ingin memiliki anak, maka sebaiknya kamu dan pasangan menjaga ruangan tetap dingin. 

  1. Kamar dingin dapat menjauhkan kamu dari lemak “jahat”

Tidur di ruangan yang dingin dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita, dan membakar kalori dari tubuh kita. Ini juga bisa membantu menghilangkan lemak yang tidak diinginkan dari tubuh kita. Hasilnya? Kamu akan mengalami penurunan berat badan.

  1. Kamar dingin dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan

Sama seperti meletakkan es atau kompres dingin di area tubuh yang bengkak atau meradang, tidur di ruangan dingin mungkin memiliki efek menenangkan yang dapat membantu melawan rasa sakit dan peradangan. Ini bisa menjadi bagian dari alasan mengapa banyak atlet lebih suka tidur di ruangan yang dingin setelah pertandingan.

Baca Juga:

4 Alasan Mengapa Kamu Perlu Tidur dengan Guling/Bantal di Antara Kaki Kamu

Mengapa kamu Ngiler Saat Tidur? Bagaimana Cara Menghentikannya?

5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Sering Duduk Menyilangkan Kaki? Hati-hati, Kamu Bisa Mengalami 5 Masalah Ini, Loh

Semua orang memiliki kebiasaan atau cara duduk masing-masing.