Secara tidak sadar, kita sering mengadopsi metode memasak dari orangtua atau kerabat kita. Cara yang turun-menurun itu pun kita lakukan setiap hari selama bertahun-tahun. Tapi, ternyata ada beberapa metode memasak yang sebetulnya salah. Berikut adalah daftar kesalahan yang sering dilakukan orang saat memasak:  

  1. Mencairkan daging beku di luar kulkas 

Untuk mencairkan daging beku lebih cepat, kita biasa meninggalkannya di atas meja pada suhu ruang. Namun, sebenarnya ini bukan pilihan terbaik. Hal itu karena reproduksi bakteri akan semakin cepat jika daging beku dibiarkan mencair dalam kondisi seperti itu.  

Sebaiknya, kamu mencairkan produk daging di dalam lemari es (di luar freezer tapi masih di dalam lemari es). Cara  ini memang bisa memakan waktu lebih lama tetapi dagingnya akan tetap segar, dingin, dan lebih aman dikonsumsi.

  1. Hanya membilas sayuran sebelum dimasak

Semua orang tahu bahwa sayuran harus dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak. Tetapi membilas sayuran dengan air mengalir saja tidak cukup untuk menghilangkan pestisida, mikroba, dan kotoran bandel lainnya. 

Jadi, ketika mencuci sayuran, kamu perlu menggosok-gosok sayuran itu dengan tangan. Jangan hanya membilasnya di bawah aliran air. Jika perlu, kamu bisa merendam sayur dan buah yang belum dimasak ke dalam air soda. 

  1. Mengonsumsi buah kering secara langsung

Buah-buahan kering memang bisa dimakan tanpa kamu harus mencuci atau merendamnya. Tetapi jika kamu berencana menambahkan buah kering ke salad atau makanan yang dipanggang, kamu harus merendamnya dalam air mendidih selama 10 sampai 15 menit. Hal ini dilakukan untuk membuat buah kering menjadi lebih lembut dan rasanya pun akan lebih hidup. 

  1. Membumbui daging lebih dari 12 jam

Untuk beberapa alasan, banyak orang yakin bahwa semakin lama daging diasinkan atau dibumbui, maka rasanya akan semakin enak dan juicy. Padahal, menyimpan daging dalam rendaman terlalu lama justru bisa membuatnya alot seperti karet, dan daging pun tidak empuk.

Alih-alih mendiamkan daging semalaman, kamu sebenarnya hanya perlu mengasinkan atau membumbuinya selama 20 menit saja untuk mendapatkan rasa gurih tanpa merusak tekstur. 

  1. Memasak bawang putih terlebih dahulu

Bawang putih bisa matang dengan sangat cepat ketika digoreng. Jadi, penambahan bawang putih dan bawang bombay secara bersamaan ke dalam wajan bisa menimbulkan masalah. Pasalnya, ketika bawang bombay baru mulai keemasan, bawang putih sudah hampir gosong. 

Jadi, jika kamu memasak dengan bumbu bawang putih dan bawang bombay, usahakan untuk memotong bawang putih menjadi potongan-potongan besar. Atau, jika resep meminta kamu menghaluskan bawang putih, maka siapkan dulu bahan lainnya. Karena, bawang putih akan matang hanya dalam 10 detik penggorengan. 

  1. Merebus kentang tanpa tutup

Saat kamu merebus kentang, usahakan kamu memakai panci yang ada tutupnya, ya. Karena, untuk membuat kentang cepat matang dan lebih merata, kamu harus menutup panci yang kamu pakai. Tutup panci itu akan menahan panas dengan lebih efisien, jadi kentang kamu bisa cepat matang.

Itulah beberapa kebiasaan memasak yang salah tapi masih sering dilakukan orang. Setelah mengetahui teknik yang benar, maka kamu harus segera memperbaiki teknik memasakmu, ya!

Baca Juga :

7 Trik Rahasia Memasak Para Koki Profesional

Yuk Cari Tau Sisi Positif Dan Negatif Tiap Metode Memasak untuk Lancarkan Dietmu

Hindari Kesalahan Ini Saat Memasak Telur Untuk Menjaga Vitaminnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikuti 4 Tips Ini Agar Masakan di Rumah Terasa Seperti Masakan Restoran

Siapa yang tidak suka makanan lezat di restoran