High heels atau sepatu hak tinggi memang dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu dan membuat kamu tampil cantik nan elegan. Tapi, jika kamu menggunakannya setiap hari, high heels bisa berbahaya bagi kesehatan kamu. Tentu saja penampilan sangat penting, tapi kesehatan kamu jauh lebih penting.


Berikut adalah daftar konsekuensi yang harus kamu hadapi jika kamu menggunakan high heels setiap hari :

  1. Kamu mungkin akan mengalami sakit punggung
    Pernahkah kamu menyadari bahwa badan kamu cenderung condong ke depan setelah mengenakan sepatu hak tinggi? Hal ini terjadi karena kamu merasa ingin melepaskan tekanan di punggung kamu.
    Punggung kamu memiliki bentuk kurva C dalam posisi normal. Tapi, saat kamu memakai high heels, bentuk tulang belakang kamu akan berubah. Seiring berjalannya waktu, peristiwa ini dapat mengikis tulang rawan pada cakram, persendian, dan ligamen di tulang punggung kamu.
  2. Kaki kamu dapat mengalami tekanan yang berlebihan
    Keseimbangan alami kamu akan terganggu saat mengenakan sepatu hak tinggi. Kamu mungkin saja mengalami tekanan ekstra pada bagian bola kaki kamu. Peristiwa ini akan memengaruhi kecepatan kamu saat berjalan, mempengaruhi panjang langkah kamu, dan juga mempengaruhi gaya berjalan kamu.
  3. Kamu mungkin akan merusak lutut
    Karena gaya rotasi lutut yang berlebihan saat menggunakan high heels, bisa jadi lutut kamu menjadi lebih rentan sobek saat kamu mengenakan sepatu hak tinggi terus menerus. Penyakit yang dikenal dengan nama osteoartritis lutut, adalah gangguan yang lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, karena wanita terlalu sering memakai high heels.
  4. Pergelangan kaki kamu bisa tersiksa
    Otot betis kamu mungkin akan menderita karena ketinggian yang berlebihan, sehingga pergelangan kaki lebih sulit untuk bergerak ke depan saat kamu berjalan. Ditambah lagi, pergelangan kaki tidak dalam posisi normalnya, sehingga bagian tersebut akan berkontraksi. Lama-kelamaan, kamu mungkin akan mengalami peradangan.
  5. High heels akan mempengaruhi pinggul kamu
    Jika kamu mengenakan sepatu hak tinggi sejak setiap hari, kamu mungkin akan mengalami nyeri pinggul. Hal itu terjadi karena otot fleksor di pinggul kamu dipaksa untuk tetap dalam posisi tertekuk secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Ini menyebabkan kontraksi otot yang bisa berdampak pada beberapa
  6. masalah kesehatan.
  1. Kuku jari kelingking di kaki kamu akan semakin tipis dan rapuh
    Kuku jari kelingking yang mungil itu bisa bermasalah jika kamu terlalu sering menggunakan sepatu hal tinggi. Lambat laun, kuku jari kaki kamu bisa menjadi tipis dan rapuh, terutama kuku di jari kelingking. Selain itu, efek samping lain adalah kuku kamu menjadi tebal dan sulit dipotong.
  2. Kamu mungkin akan mengalami varises
    Saat kamu berdiri dengan high heels, darah tidak mengalir dengan lancar di pembuluh darah karena otot pada bagian betis kamu mengalami kontraksi. Hal in bisa menyebabkan varises jika dibiarkan begitu saja. Jadi, jika kamu sudah memiliki tanda-tanda varises, sebaiknya kamu mengurangi intensitas pemakaian high heels.

Baca Juga :

Ini Dia Hacks Menggunakan High Heels

Kaki Sakit Padahal Sudah Jarang Pakai High Heels Ekstra Tinggi? Kenapa Ya?

High Heels Untuk Musim Panas yang Wajib Jadi Koleksi Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ramalan Zodiak Bulan September 2021

Penghujung tahun 2021 sudah di depan mata. Kita