Meskipun “tetap melajang” alias tidak menikah merupakan topik yang masih tabu di masyarakat Indonesia, tetapi, pilihan hidup ini sudah menjadi hal yang wajar dan normal di sebagian besar negara di seluruh dunia. 

Semakin hari, jumlah orang yang memutuskan untuk tetap melajang terus meningkat di setiap tahun. Hal ini karena mereka merasa bahwa hidup sendiri membawa lebih banyak manfaat daripada menikah.

Berikut daftar alasan lain mengapa semakin banyak orang memilih untuk tidak menikah :

  1. Wanita ingin mengandalkan kekuatan mereka sendiri

Wanita lebih memilih untuk tetap melajang karena mereka ingin menantang diri mereka dan mengetahui bagaimana mereka dapat hidup sendiri. Dengan demikian, mereka dapat menemukan dan mengandalkan kekuatan mereka. Mungkin pada zaman dahulu, wanita yang memilih tidak menikah mendapatkan penghinaan dari masyarakat, tetapi saat ini hidup melajang sudah menjadi hal biasa. 

  1. Pria merasa tidak dapat menghidupi istri dan keluarga

Menurut beberapa pria, gaji yang dihasilkan dari pekerjaan yang mereka jalani tidaklah cukup untuk bertahan hidup sekaligus menghidupi istri dan keluarga. Mereka tidak ingin istri dan keluarganya kesulitan karena kondisi ekonomi. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak pria memutuskan untuk tetap hidup melajang. Karena, saat norma tentang laki-laki “harus” mengurus mengurus istri dan keluarga, masih sangat kental di masyarakat. 

  1. Kehidupan pernikahan tampak seperti beban bagi wanita 

Saat ini, semakin banyak wanita yang memiliki pekerjaan dan berjuang meniti karier. Nah, jika mereka menikah dan menjadi seorang istri, maka mereka harus memikul tanggung jawab dalam mengurus rumah tangga dan mengasuh anak. Bagi sebagian wanita, hal ini menjadi beban tersendiri yang menghalanginya untuk berkarier dengan bebas. 

  1. Pria ingin menghabiskan uang hanya untuk kebutuhan dan kesenangan pribadi

Salah satu alasan mengapa pria lebih memilih untuk tetap melajang adalah karena mereka tidak ingin membagi uang mereka dengan orang lain. Mereka ingin membelanjakan gaji yang dihasilkan untuk diri mereka sendiri. Selain itu dengan melajang, mereka juga bebas untuk menggunakan mereka, tanpa batasan apa pun.

  1. Wanita memiliki keluarga yang harus diurus 

Beberapa wanita memilih untuk tidak menikah demi menjaga anggota keluarga yang lanjut usia (lansia), bisa jadi anggota keluarga tersebut adalah ayah, ibu, kakek, atau nenek. Mereka merasa tidak mampu meninggalkan anggota keluarga tersebut. Jika menikah, otomatis mereka harus membawa anggota keluarga tersebut dan hal ini akan mengganggu kehidupan pernikahan. Itulah mengapa, wanita yang memiliki beban ini kerap memutuskan untuk hidup melajang.

  1. Kehidupan melajang lebih mudah dan lebih murah

Orang memilih hidup melajang karena kehidupan melajang lebih mudah dan lebih murah daripada menikah. Mereka dapat bepergian sesuka hati kapan saja dan ke mana saja. Selain itu, sekarang juga sudah banyak fasilitas untuk orang lajang, seperti restoran yang menyajikan solo dinner, misalnya. Atau hotel kapsul yang cocok bagi wisatawan yang solo travelling

Bagaimana pendapat kamu tentang hidup melajang?

Apakah pernah terbesit dalam pikiran kamu untuk hidup melajang daripada menikah?

Baca Juga :

Tidak Perlu Pacaran Lama-Lama Dengan Dia, Inilah Alasan Kenapa Kamu Wajib Segera Menikah

Sebelum Menikah, Pastikan Kamu Dan Pasangan Telah Membicarakan Masalah Ini. Kalau Tidak, Bisa Fatal Akibatnya

Meskipun Sudah Menikah, Wanita Cerdas Tidak Akan Melakukan Tindakan “Habis Manis, Sepah Dibuang”!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Anak Lebih Suka pada Pasangan Kamu? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Peristiwa di mana anak lebih dekat atau lebih