Kesan pertama atau first impression adalah hal penting pada awal komunikasi, baik itu dengan seorang rekan kerja atau teman kencan buta. Terkadang, orang berusaha keras untuk memberikan kesan pertama yang baik, tapi justru mendapatkan hasil yang sebaliknya. Salah memberikan kesan pertama, bisa berakibat buruk bagi kamu karena merusak citra kamu.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan kesan pertama pada orang baru, agar komunikasi dapat berlanjut dengan lancar :

  1. Media sosial

Hati-hati dengan unggahan foto atau video di media sosial. Hal ini harus diperhatikan terutama jika kamu sedang mencari pekerjaan. Banyaknya konten tak penting bisa memberikan kesan egois dan narsis. Selain itu, foto selfie yang diambil dari jarak yang terlalu dekat juga bisa menimbulkan kesan bahwa kamu terlihat tidak dapat dipercaya dan tidak kompeten.

Kamu juga perlu memperhatikan jumlah teman di internet. Jika kamu memiliki jumlah teman yang begitu banyak, ini juga bisa memberikan kesan bahwa kamu terpaku pada popularitas dan berusaha terlalu keras untuk terlihat komunikatif, selalu ceria, dan sempurna. 

  1. Emosi

Jika kamu berusaha keras untuk menyembunyikan emosi kamu yang sebenarnya, mungkin menandakan bahwa kamu tidak tertarik pada orang lain. Kamu akan terkesan tidak dapat bersimpati dengan masalah orang lain atau tidak dapat mendukung mereka. 

Sedangkan, jika kamu terlalu banyak mengekspresikan emosi, orang lain mungkin berpikir kamu impulsif atau pemarah. Jika kamu terlalu ramah dan berlebihan dalam menanggapi suatu masalah, bisa jadi orang akan menilai kamu sedang berpura-pura.

Untuk memberikan kesan pertama, cobalah bersikap normal dan sewajarnya. Jangan berlebihan menunjukkan emosi, tetapi juga jangan terlalu menutupi emosi.

  1. Topik pembicaraan

Cara terbaik untuk mengenal seseorang adalah dengan berbagi informasi pribadi, entah itu hobi atau kenangan masa kecil. Namun, jika kamu mengungkapkan informasi rahasia tentang seseorang yang kamu kenal, atau membeberkan aib dari teman kamu, misalnya, maka kamu akan memberikan kesan buruk pada dirimu sendiri. Orang dapat menilai kamu sebagai tukang gosip atau sosok yang tidak dapat diandalkan.

Sementara itu, berbicara terlalu banyak tentang diri kamu bisa membuat orang merasa tidak nyaman. Karena, kamu terlihat lebih tertarik pada diri sendiri daripada orang lain. Ini juga menandakan bahwa kamu berpikir kamu lebih pintar dari mereka.

Namun, jika kamu tidak membuka diri dan tidak mengatakan apa-apa tentang diri kamu, hal itu juga bisa memberikan kesan bahwa kamu orang yang tertutup dan sulit didekati.

  1. Perilaku

Perilaku atau manner sangatlah penting saat memberikan kesan pertama pada orang yang baru saja kamu temui. 

Sikap dingin saat pertama kali bertemu tidak akan membantu kamu memenangkan kepercayaan orang lain. Menyebutkan bahwa kamu pernah bertemu atau mengenal sosok terkenal, mungkin menandakan bahwa kamu mencoba memanipulasi orang lain dan menganggap dirimu lebih baik dari mereka.

Saat pertama kali bertemu dengan orang lain, cobalah bersikap sopan dan ramah, namun sewajarnya saja. Kamu boleh berperilaku santai ketika sudah merasa cukup dekat dengan mereka.

  1. Senyum

Orang dapat menilai senyum tulus dan senyum palsu. Jika kamu tersenyum dengan terpaksa dan terlihat bahwa mata kamu tidak ikut tersenyum, maka orang akan menilai senyuman kamu hanya pencitraan saja. Tapi, jika kamu tersenyum dengan tulus, maka kamu dapat memenangkan kepercayaan orang lain. Menurut penelitian, orang yang tersenyum dengan tulus dapat mudah diterima oleh orang lain, terlepas dari bagaimanapun postur tubuh mereka. 

Baca Juga :

5 Trik Untuk Curi Perhatian Pada Kesan Pertama

Mau Meninggalkan Kesan “Wah” Di Kencan Pertama Kamu? Ikuti Tips Makeup Ini!

11 Fakta yang Akan Membuat Kamu Berhenti Percaya pada Cinta Pandangan Pertama

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Anak Lebih Suka pada Pasangan Kamu? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Peristiwa di mana anak lebih dekat atau lebih