Apakah kamu pernah mengalami jari tangan mati rasa?

Mungkin delapan dari sepuluh orang di dunia ini sudah pernah merasakan hal itu, di mana bagian jari atau seluruh tangan tiba-tiba mati rasa atau kesemutan. 

Umumnya, mati rasa pada tangan hanya bersifat sementara saja. Hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, baik itu kelelahan, atau bisa juga sebuah pertanda masalah kesehatan yang lebih serius.

Berikut beberapa informasi penting yang akan membantu kamu memahami tanda-tanda masalah kesehatan hanya dari tangan. 

  1. Tanda kelelahan 

Ketika kamu mengalami sensasi kesemutan di permukaan seluruh jari, itu bisa jadi tanda bahwa kamu sedang kelelahan. 

Kesemutan ini bisa terjadi ketika kamu mengangkat barang berat dan menempatkan pergelangan tangan dalam posisi yang tidak nyaman. Dengan melakukan hal itu, kamu memberikan tekanan ekstra pada saraf yang terletak dekat dengan permukaan kulit. 

Bagaimana solusinya?

Pastikan kamu cukup tidur dan cukup istirahat. Kamu juga bisa pergi ke tempat refleksi untuk pijat. 

  1. Kekurangan vitamin

Kekurangan vitamin tertentu, seperti vitamin E, B1, B6, dan B12, sering kali menyebabkan sensasi kesemutan di jari-jari tangan kiri atau kaki kiri.

Bagaimana solusinya? 

Kamu perlu mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin dan mengadaptasi pola makan tinggi vitamin. Jika kesemutan pada jari-jari terus terjadi, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. 

  1. Kerusakan tulang belakang

Tanda-tanda masalah tulang belakang bisa diketahui dari jari manis dan jari kelingking tangan kiri. Ketika kamu mengalami ketidaknyamanan berupa kesemutan atau nyeri pada jari manis dan jari kelingking tangan kiri, hal ini mungkin terjadi akibat terlalu banyak tekanan atau kerusakan pada saraf.

Bagaimana solusinya?

Coba tegangkan punggung sesering mungkin. Kamu juga bisa mulai menekuni yoga atau berenang untuk menanggulangi masalah tersebut. Selain itu, jangan habiskan waktu terlalu lama dalam posisi duduk. Jika harus bekerja di depan komputer, maka lakukan peregangan sekali-kali agar otot-otot tidak kaku.

  1. Masalah sirkulasi darah

Jika kamu mengalami mati rasa pada ujung jari tangan kanan, maka hal ini bisa jadi disebabkan oleh tekanan pada saraf permukaan atau trauma pada tangan maupun sendi di bagian bahu. 

Kesemutan di tangan kanan juga bisa disebabkan oleh penyakit kardiovaskular tertentu, yang berdampak pada aliran darah.

Bagaimana solusinya?

Cobalah untuk olahraga. Kamu bisa mencoba jalan-jalan dengan kecepatan sedang, atau lakukan senam untuk meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Jika masalah ini masih mengganggu kamu, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan solusi pasti. 

  1. Buerger’s Disease

Untuk diketahui, Buerger’s Disease atau yang juga disebut sebagai Tromboangiitis Obliteran merupakan penyakit yang terjadi pada pembuluh darah berukuran kecil dan sedang. 

Biasanya penyakit ini menyerang orang dewasa yang memiliki riwayat merokok atau penyalahgunaan tembakau, dan berusia di antara 20 sampai 45 tahun.

Aliran darah terganggu oleh asupan nikotin yang terjadi secara konstan, sehingga menyebabkan kekurangan mineral dalam tubuh. Hal ini dapat memicu terjadinya mati rasa pada ujung jari yang kemudian akan menyebar sampai ke seluruh lengan. 

Bagaimana solusinya? 

Tidak ada cara untuk menyembuhkan penyakit ini secara menyeluruh. Tapi, jika kamu mengalaminya, berhentilah merokok demi kesehatan.

Baca Juga :

Simak 7 Tanda di Tangan yang Dapat Menunjukkan Masalah Kesehatan

8 Masalah Kesehatan Fisik yang Disebabkan Oleh Depresi

Jangan Dibuang, 5 Biji Buah Ini Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Anak Lebih Suka pada Pasangan Kamu? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Peristiwa di mana anak lebih dekat atau lebih