Social media atau media sosial sudah menjadi gaya hidup sebagian besar orang zaman sekarang. Kamu bisa dengan mudah mengetahui apa yang sedang dilakukan seseorang, di mana lokasinya, apa yang dia sukai, bahkan di mana rumahnya, hanya dengan melihat media sosial.

Meskipun kamu sangat ingin mengunggah momen istimewa di media sosial, cobalah untuk hindari beberapa hal berikut demi keamanan dan kenyamanan kamu :

  1. Foto dan data pribadi anak 

Mengunggah foto anak yang masih bayi dan memperlihatkan perkembangannya melalui media sosial adalah hal yang biasa pada zaman sekarang. Tapi, nanti di masa depan hal ini bisa menjadi masalah privasi. Selain itu, usahakan untuk tidak membagikan kondisi medis dan informasi penting lainnya di internet. Kamu tidak pernah tahu apa yang dipikirkan anak kamu ketika mereka dewasa nanti. Terlebih, mengekspos banyak hal bisa meningkatkan risiko cyberbullying.

  1. Tanggal lahir 

Tanggal lahir kamu, maupun tanggal lahir keluarga kamu, sebaiknya jangan sebarkan hal itu di media sosial. Mengapa? Karena kamu tidak pernah tahu siapa saja yang melihat informasi tersebut melalui media sosialmu. Bisa jadi ada orang jahat di luar sana yang mengincar sesuatu darimu. Ketika barangmu dicuri, bisa jadi mereka menggunakan informasi tanggal lahir di media sosial untuk membuka password barang pribadi kamu.

  1. Berita palsu

Saat ini sulit sekali memilah berita palsu dan berita akurat. Terkadang, orang hanya melihat judul sebuah artikel, lalu langsung menyebarkannya ke media sosial tanpa membaca dengan teliti dan memahami apa isinya. Karena kamu terhubung dengan banyak orang di media sosial, usahakan untuk berhati-hati dalam membagikan artikel atau berita apa pun, agar terhindar dari penyebaran hoax. 

Sebelum membagikan artikel, cek dulu apakah sumber artikel tersebut terpercaya, apakah informasi di dalamnya penting dan berguna bagi banyak orang, dan lain-lain. Jangan asal membagikan sesuatu yang tidak pasti dan tidak kamu mengerti.

  1. Percakapan pribadi

Mengunggah tangkapan layar atau screen shot percakapan pribadi sudah menjadi hal biasa pada zaman sekarang. Apalagi di masa pandemi di mana semua komunikasi dilakukan secara online. Namun, kamu harus ingat, bahwa percakapan pribadi merupakan privasi yang harus dijaga. Kamu harus meminta izin orang yang terlibat dalam percakapan sebelum membagikan screen shot. 

Jangan sampai kamu terlibat masalah karena lalai membagikan screen shot yang tidak seharusnya kamu sebarkan.

  1. Informasi rahasia di latar belakang foto

Banyak orang mengunggah foto saat mereka sedang bekerja, tanpa memperhatikan latar belakang foto tersebut. Tanpa kamu sadari, bisa jadi kamu berfoto di tempat yang menyimpan banyak informasi penting dari pekerjaan kamu. Teknologi yang canggih saat ini dapat mempertajam gambar dan melacak informasi di dalamnya. Jadi, hati-hati saat berfoto di tempat kerja atau di tempat tertentu yang bukan merupakan tempat umum. Periksa lagi foto kamu sebelum membagikannya ke media sosial.

  1. Gambar dilindungi oleh hak cipta

Ada banyak sekali ilustrasi atau gambar di media sosial yang diunggah orang dari berbagai belahan dunia. Jika kamu mengambil sebuah gambar sebagai ilustrasi untuk tulisan kamu atau sebagai foto profil media sosial, misalnya, maka kamu harus menyertakan hak cipta atau kredit atas gambar tersebut. Kamu tidak ingin dikenai Undang-Undang Hak Cipta, bukan?

Untuk itu, berhati-hatilah saat mengunggah gambar dari internet. Jika harus mencari ilustrasi, cobalah mencari gambar yang bebas hak cipta. Saat ini ada banyak situs yang menyediakan gambar gratis yang bebas hak cipta. Telitilah dalam memilih gambar di internet.

  1. Terlalu banyak informasi pribadi 

Tahukah kamu? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pertanyaan keamanan pada akun media sosial sering kali lebih lemah dari kata sandi. Hal ini karena terlalu banyak informasi pribadi yang diunggah seseorang di media sosial. Pertanyaan keamanan seperti “Siapa nama hewan peliharaan kamu?” atau “Apa warna favoritmu?” dapat dengan mudah dijawab seseorang yang mengikuti media sosial kamu.

Untuk itu, hindarilah mengekspos terlalu banyak informasi di media sosial demi keamanan kamu.

Baca Juga :

8 Hal yang Sebaiknya Tidak Dibagikan di Media Sosial

Ingin Menghilang? Inilah 7 Cara Kabur dari Media Sosial dan Internet

Bagaimana Media Sosial Dapat Mempengaruhi Sebuah Hubungan?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikuti 4 Tips Ini Agar Masakan di Rumah Terasa Seperti Masakan Restoran

Siapa yang tidak suka makanan lezat di restoran