Buah adalah salah satu bahan makanan terbaik untuk dikonsumsi. Selain enak, buah pun mengandung berbagai macam nutrisi yang penting untuk kesehatan kita. Tanpa kita sadari, buah yang lezat nan bergizi itu juga berfungsi melindungi bijinya yang berharga.

Nah, alih-alih membuang biji buah, kamu bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kesehatan. Berikut beberapa daftar biji buah yang sebaiknya tidak dibuang karena memiliki manfaat besar bagi kesehatan : 

  1. Biji Semangka 

Manis dan menyegarkan, semangka menjadi buah favorit banyak orang di dunia. Kamu bisa menemukan semangka di mana saja, terutama saat musim panas. Biasanya, orang akan memakan semangka sambil membuang biji hitamnya. 

Tapi, apakah kamu tahu apa yang baru saja kamu buang itu? Biji semangka yang sering dibuang orang itu sebenarnya kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa mengobati jerawat dan membantu merawat kesehatan kulit kamu. 

Cara mengonsumsi biji semangka :

Kamu bisa memanggang biji semangka untuk dijadikan camilan. Tambahkan sedikit minyak zaitun dan sedikit garam sebelum memanggangnya di oven. Tapi jika kamu ingin memakan bijinya sambil memakan buah, itu juga bukan masalah. Tenang, tidak akan ada pohon semangka yang tumbuh di tubuh kamu kok. 

  1. Biji Pepaya

Pepaya adalah buah yang bergizi yang kaya akan manfaat. Tapi sama seperti semangka, biji pepaya juga biasanya hanya dibang begitu saja. Padahal, biji pepaya kaya akan enzim yang dikenal sebagai papain. Enzim ini bisa membantu meningkatkan kemampuan pencernaan tubuh kamu.

Cara mengonsumsi biji pepaya : 

Kamu boleh memakan biji pepaya bersama buah untuk memperbaiki sistem pencernaan dan kesehatan. Atau, kamu juga bisa menyimpannya di lemari es dan dan menggunakannya sebagai bumbu salad.

  1. Biji delima 

Membuka buah delima terkadang menjadi tantangan yang cukup besar. Tapi, kesulitan itu terobati dengan buahnya yang selalu memuaskan. Selain segar dan nikmati, delima juga mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Nah, biji buah delima juga ternyata dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan (diet). 

Cara mengonsumsi biji delima :

Untuk menikmati manfaat biji delima, pastikan untuk menaburkannya pada makanan diet kamu atau kamu juga bisa membuat jus biji delima untuk diminum.

  1. Biji alpukat

Di luar sana banyak yang tidak suka dengan buah hijau ini, tapi banyak juga yang suka. Meski demikian, biji buah alpukat sering dibuang begitu saja tanpa diolah atau digunakan untuk keperluan tertentu. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahwa biji alpukat memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Cara mengonsumsi biji alpukat :

Saat kamu mengiris atau membelah alpukat, ambil bijinya dan kupas kulitnya yang berwarna cokelat sebelum dikeringkan. Setelah biji alpukat kering, masukkan bijinya ke dalam blender dan blender biji hingga menjadi bubuk yang dapat digunakan sebagai tambahan untuk smoothie atau teh.

  1. Biji jeruk

Sama seperti biji alpukat, biji jeruk juga biasa dibuang oleh orang-orang yang mengonsumsinya. Padahal, biji jeruk memiliki manfaat yang baik karena dapat mempercepat tingkat energi dalam tubuh kita.

Cara mengonsumsi biji jeruk :

Biji jeruk dapat dikonsumsi saat makan jeruk atau kamu juga bisa menambahkannya di atas makanan maupun minuman penambah energi.

Catatan!

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi. Tanyakan kepada dokter atau penyedia layanan kesehatan sebelum mengonsumsi biji yang tercantum di atas.

Baca Juga :

Jaga Berat Badan dengan Mengonsumsi Buah-buahan Detoksifikasi Berikut

8 Pilihan Buah Terbaik Untuk Diet

Selain Dagingnya, Bagian Buah Ini Ternyata Sangat Bermanfaat Lho. Baru Tahu?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan