Masalah rambut bisa membuat frustasi untuk ditangani, terutama jika mereka sama kerasnya dengan kutu rambut! Meskipun kutu di kepala tidak menyebabkan infeksi atau penyakit apa pun, ini adalah gangguan yang sangat sulit untuk diatasi karena cara kutu berkembang biak. Selain itu, mereka menyebabkan gatal-gatal yang dapat membuat Anda gila, terutama ketika Anda berada di depan umum dan tidak dapat menggaruk kepala. Jadi, jika Anda bermasalah dengan masalah rambut ini, kami di sini untuk membantu Anda. Tetapi pertama-tama, kami ingin memberi tahu Anda bahwa memiliki kutu rambut sama sekali tidak menunjukkan bahwa Anda tidak higienis atau kotor.

Kutu rambut menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain dengan cara merangkak, jadi kutu rambut bisa saja terjadi meskipun Anda menjaga kebersihan dan merawat rambut Anda. Oleh karena itu, di sini kami berbagi dengan Anda cara menghilangkan telur kutu dari rambut menggunakan pengobatan rumahan. 

Apa Gejala Kutu dan Telur Kutu?

Kutu rambut sangat kecil sehingga tidak mudah terlihat. Selain itu, tidak mungkin Anda mengetahui bahwa Anda memiliki kutu kepala kecuali jika jumlahnya lebih banyak dan Anda merasakannya bergerak di kulit kepala Anda. Itu sebabnya di sini kami mencantumkan beberapa gejala umum dari infestasi kutu. Hanya setelah Anda mengetahui infestasinya, Anda akan mencoba pengobatan rumahan untuk menghilangkan telur kutu dari rambut.

Anda mungkin merasakan sedikit kutu yang merayap di kepala Anda:

  • Kulit kepala gatal
  • Anda melihat telur kutu di batang rambut
  • Anda mungkin menemukan kutu di sisir Anda setelah menyisir rambut Anda

Cara Menghilangkan Telur Kutu Dari Rambut

Menyingkirkan kutu dan telur kutu itu sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Ada obat-obatan yang tersedia untuk menghilangkan kutu; namun, ini tidak membantu menghilangkan telur kutu dan telur kutu. Selama ada telur kutu dan telur kutu di rambut Anda, Anda tidak akan bisa menyingkirkan kutu. Itu sebabnya berikut adalah beberapa solusi yang kami sarankan. Mereka akan membantu Anda menyingkirkan kutu serta telurnya.

1. Minyak nimba

Berbekal bau yang menyengat dan sifat antibakteri, minyak nimba adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif untuk menghilangkan telur kutu dari rambut. Baunya yang kuat mengusir kutu, dan beberapa senyawa dalam minyak mimba mengganggu siklus hidup kutu.

Cara Penggunaan:

  • Gunakan minyak nimba pada rambut Anda sebelum mencuci rambut dan biarkan selama 20-30 menit.
  • Gunakan sisir kutu untuk menghilangkan kutu lalu bilas rambut hingga bersih.
  • Anda juga dapat memasukkan sampo Anda dengan beberapa tetes minyak nimba jika Anda mau.

2. Tea tree oil

Salah satu minyak esensial yang paling umum digunakan, tea tree oil  adalah obat rumah yang populer untuk kulit dan rambut karena sifat antimikrobanya. Aromanya yang intens, bersama dengan sifat antimikrobanya, membantu membunuh kutu. Para peneliti telah menemukan bahwa menggunakan tea tree oil dengan minyak esensial lain membantu menyingkirkan kutu rambut, dan tingkat keberhasilannya sebanding dengan banyak perawatan resep. Namun, sebelum mencoba obat ini, Anda mungkin ingin mencoba dan melakukan tes tempel pada lengan Anda untuk memastikan tea tree oil aman untuk Anda.

Cara Penggunaan:

  • Untuk menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan telur kutu dari rambut, tambahkan beberapa tetes ke jumlah minyak pembawa yang dibutuhkan seperti minyak kelapa atau almond.
  • Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender atau minyak esensial peppermint jika ada.
  • Oleskan ramuan minyak pada kulit kepala Anda dari akar hingga ujung dan pijat kulit kepala Anda selama beberapa menit.
  • Tutupi rambut Anda dengan topi mandi dan biarkan selama satu jam.
  • Sisir rambut Anda untuk menghilangkan kutu, lalu cuci rambut seperti biasa.
  • Gunakan sisir kutu pada rambut basah untuk menghilangkan kutu.
  • Gunakan obat ini seminggu sekali untuk menghilangkan kutu dan telur kutu dari rambut.

3. Bawang putih

Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang tidak biasa untuk menghilangkan telur kutu dari rambut. Kita semua tahu bahwa bawang putih memiliki bau yang cukup kuat, tetapi selain itu bawang putih juga memiliki sifat antibakteri. Kedua hal ini merupakan keuntungan ketika Anda ingin membersihkan kepala Anda dari kutu. Bawang putih mencekik dan membunuh kutu, jadi cobalah pengobatan rumahan ini seminggu sekali.

Cara Penggunaan:

  • Giling 8-10 siung bawang putih dan tambahkan air jeruk nipis untuk membuat pasta.
  • Oleskan ini di kepala Anda dan biarkan selama 30 menit.
  • Gunakan sisir kutu untuk menghilangkan kutu, lalu bilas rambut Anda dengan air hangat.

4. Cuka

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa cuka adalah obat rumahan yang efektif untuk menghilangkan telur kutu dari rambut, namun patut dicoba. Menerapkan cuka di kepala sebelum mencuci rambut dapat membantu melonggarkan lem yang menahan telur kutu ke batang rambut. Ini membuatnya lebih mudah untuk menghilangkan kutu menggunakan sisir kutu.

Cara Penggunaan:

  • Pastikan Anda menggunakan cuka suling pada rambut Anda.
  • Biarkan selama beberapa saat dan sisir kutu.
  • Bilas rambut secara menyeluruh dengan air hangat.
  • Cuka sari apel juga bisa digunakan sebagai alternatif.
  • Campurkan setengah cangkir cuka sari apel dengan setengah cangkir air dan oleskan pada kepala.
  • Gunakan sisir kutu untuk menghilangkan kutu, lalu bilas rambut Anda dengan air hangat.

5. Jus bawang

Semua orang tahu bahwa bawang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut! Anda bahkan mungkin menggunakan minyak bawang untuk rambut yang lebih panjang. Namun, tahukah Anda bahwa sifat antibakteri dan antijamur bawang juga membantu menghilangkan telur kutu dari rambut? Selain itu, menutrisi rambut dan juga membantu pertumbuhan, jadi menggunakannya lebih baik!

Cara Penggunaan:

  • Buat jus bawang di rumah dengan mencampurkan bawang bombay cincang ke dalam mixer.
  • Oleskan jus pada kulit kepala Anda secara merata dan biarkan selama sekitar 3 sampai 4 jam.
  • Dengan menggunakan sisir kutu, singkirkan kutu dan telur kutu yang mati dan bilas rambut secara menyeluruh dengan sampo.
  • Ulangi ini setiap 3-4 hari untuk hasil terbaik.

6. Menyisir basah

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghilangkan telur kutu dari rambut, terutama jika rambut Anda kering. Basahi rambut Anda, uraikan, lalu oleskan kondisioner. Gunakan sisir bergigi halus. Rambut yang lembap akan memudahkan Anda menyisir rambut dengan sisir bergigi rapat, dan kondisioner akan membantu Anda melihat kutu dengan lebih jelas. Terus menyisir sampai Anda tidak menemukan kutu lagi. Ulangi metode ini setiap 3-4 hari untuk menjaga kepala Anda tetap bersih.

Kutu rambut dapat menyebabkan gatal dan iritasi pada kulit kepala, jadi mulailah perawatan kutu segera setelah Anda menyadarinya untuk membatasi penyebarannya. Gunakan pengobatan alternatif, dan setelah 3-4 kali, jika Anda masih tidak dapat menghilangkannya, temui dokter.

Baca Juga :

5 Tanda yang Menunjukkan Ada Kutu di Kasur Kamu

Cara Mengidentifikasi, Mengobati, dan Mencegah Kutu Rambut, Menurut Dermatologis

Terganggu Karena Kutu? Kenapa Tidak Kamu Coba Atasi dengan Minyak Kelapa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Manfaat dan Pentingnya Rutinitas CTM

Rutinitas CTM mengacu pada proses pembersihan, pengencangan dan