Musim dingin adalah musim yang dinanti dan dicintai oleh mayoritas orang tapi juga bisa menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang. Jika kamu terjebak di dalam rumah, penuh dengan rasa kesal atau lelah, dan kamu tidak merasa senang dengan kehadiran musim dingin (atau, musim hujan) maka bisa jadi kamu sedang mengalami depresi di tengah musim dingin.

Suhu dingin cenderung membuat kita jadi kurang produktif dan tidak energik. Akibatnya, kita merasa stres dan tidak termotivasi untuk melakukan apa pun. Tidak ada yang membuat kita jadi semangat, bahkan hobi kita pun terasa hampa. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melawan depresi, apalagi saat musim dingin atau musim hujan seakan memberikan amunisi tambahan untuk menyuburkan depresi kamu : 

  1. Kurangi blue light

Apakah kamu sadar bahwa siklus tidur kamu jadi super berantakan efek blue light pada smartphone dan gadget lainnya? Pelepasan melatonin kamu melambat saat kamu terpapar blue light untuk waktu yang lama. Jika kamu terpaku pada smartphone sebelum tidur, kamu akan bangun dengan perasaan lelah, bahkan merasa pusing. Blue light dapat ditemukan di gadget seperti smartphone, komputer, TV, dan bahkan kindle yang tampaknya tidak terlalu berbahaya. 

Pastikan kamu menghindari semua teknologi yang mengandung blue light setidaknya 1 jam sebelum tidur.

  1. Cobalah Untuk Berdandan!

Tidak menjaga diri kamu tetap cantik saat kamu merasa buruk adalah sebuah kesalahan umum yang banyak dilakukan orang-orang. Saat depresi, kamu tidak hanya merasa tertekan tetapi juga berantakan. Untuk melawan hal itu, mulailah untuk berdandan bahkan jika kamu harus berdandan tanpa alasan sekalipun.

Pilih pakaian bagus yang sangat kamu sukai, lakukan perawatan kulit, cobalah make up yang ingin kamu coba, dan tata rambut kamu secantik mungkin. Memanjakan diri dengan berdandan akan membuat kamu merasa lebih termotivasi dan lebih mencintai diri kamu. 

  1. Menarilah dengan bebas!

Jika kamu adalah tipe orang yang tidak dapat menggambarkan emosi dengan kata-kata, maka lakukanlah melalui gerakan. Buatlah playlist lagu yang membuat kamu bersemangat atau membuat badan kamu bergoyang, lalu putarlah lagu itu dengan volume kencang! Kamu juga bisa bernyanyi dan menari sambil mandi di kamar mandi. Menari dan menyanyi akan melepaskan endorfin (hormon bahagia) yang membantu kamu menangkal depresi. 

  1. Rapikan kamar kamu

Kamar yang berantakan sebenarnya dapat menambah rasa lelah kamu dan ini bukanlah hal yang bagus. Meskipun kamu malas, tapi cobalah untuk melawan rasa malas kamu sebentar saja, dan mulailah membuang sampah-sampah atau barang tidak berguna di kamar kamu, lalu rapikan dan bersihkan barang-barang di kamar kamu. Kamu bisa memanfaatkan lagu-lagu yang membuat kamu semangat dan memasang headset sambil merapikan kamar.  

Setelah kamar kamu lebih rapi, kamu akan merasa jauh lebih baik! Coba saja kalau tidak percaya!

  1. Beristirahat sejenak dari media sosial

Rasanya sungguh menyebalkan bahkan bisa membuat kamu frustrasi ketika kamu harus selalu melihat kehidupan “sempurna” dari teman-teman dan saudara kamu di media sosial. Apalagi jika kamu sedang merasa down, media sosial tidak akan membuat kamu jadi ceria, justru kamu akan merasa lebih buruk. So, kenapa kamu harus menyiksa diri sendiri?

Cobalah untuk istirahat sejenak dari media sosial. Kamu tidak harus melakukan hal ekstrem seperti menghapus akun, karena ada pilihan lain, misalnya pilihan untuk menonaktifkan akun sementara, atau sekedar uninstall aplikasi media sosial di smartphone kamu.

Cobalah untuk istirahat setidaknya satu minggu, dan rasakan perbedaannya. Kamu akan merasa jauh lebih damai dan lebih baik dari biasanya. 

  1. Keluarlah dari rumah!

Di masa pandemi memang sulit untuk bepergian karena pembatasan jarak sosial. Memang lebih baik kita tetap berada di dalam rumah demi mengurangi penyebaran COVID-19, tapi sebenarnya berada di kamar sepanjang hari juga bisa bahaya terutama saat kamu depresi.

Cobalah cari waktu di mana tidak banyak orang yang beraktivitas di luar rumah, entah itu di pagi buta, atau di tengah malam. Kemudian, keluarlah sejenak untuk menghirup udara segar. Tidak perlu jauh-jauh, kamu cukup berjalan-jalan di area kompleks rumah kamu.  Nikmatilah suasana tenang, udara segar dan cobalah untuk bersatu dengan alam sekitar. 

Baca Juga :

8 Tanda Kamu Mengalami Depresi Tanpa Kamu Sadari

6 Kesalahan Fatal dalam Menghibur Orang yang Sedang Depresi

8 Tanda Kamu Menderita Depresi Tanpa Mengetahuinya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Sampai 10 Menit, Rangkaian Olahraga Ini Akan Melatih Kaki dan Pantat Kamu

Olahraga sejatinya adalah kebutuhan setiap orang. Namun terkadang,