Depresi disebut-sebut sebagai sebuah wabah di abad ke-21. Studi menunjukkan bahwa sebenarnya depresi adalah kondisi medis yang dapat diobati seperti halnya penyakit fisik dan penyakit mental lainnya. Namun, langkah pertama untuk mengatasi depresi adalah memahami terlebih dahulu tentang kondisi kamu. Kamu harus tahu bahwa kamu depresi sebelum kamu mulai mencari cara untuk mengobatinya.

Nah, sering kali orang tidak sadar bahwa sebenarnya dia sedang mengalami depresi. Untuk memudahkan kamu mengidentifikasi apakah kamu sedang mengalami depresi, berikut ada beberapa tanda yang bisa jadi sebuah petunjuk bahwa kamu sedang depresi :

  1. Kamu merasa sedih atau lelah

Kamu merasa sedih, merasa lelah, dan merasa kekurangan energi selama beberapa hari berturut-turut, padahal rutinitas harian kamu tidak banyak berubah. Kamu pun merasa lelah bahkan setelah kamu bangun tidur.

  1. Kamu merasa tidak berharga dan tidak pantas untuk hidup

Kamu mulai percaya bahwa kamu tidak berguna. Kamu merasa tidak pantas untuk hidup atau tidak ingin hidup lagi. Terkadang ada pikiran untuk bunuh diri yang muncul, dan kamu tidak takut mati, karena kamu tidak melihat hal baik dalam kehidupan. Kamu merasa tidak ada gunanya kamu hidup.

  1. Kamu mengalami masalah konsentrasi

Kamu mulai melupakan hal-hal penting dan kesulitan dalam mengingat nama atau nomor telepon. Kamu juga kesulitan mendengarkan seseorang atau kesulitan membaca buku karena kamu tidak bisa fokus pada apa yang sedang kamu hadapi saat ini. Kamu sulit fokus pada aktivitas yang kamu jalani.

  1. Kamu mengalami masalah tidur

Masalah tidur bisa berupa insomnia atau justru tidur lebih lama. Bahkan setelah beristirahat lama di tempat tidur, kamu masih ingin lebih banyak tidur. Kamu tidak memiliki energi dan merasa ingin menghabiskan waktu seharian penuh di tempat tidur.

  1. Berat badan berubah

Kamu tiba-tiba mengalami kenaikan berat badan atau penurunan berat badan. Tiba-tiba kamu memiliki nafsu makan yang sangat besar, merasa lapar terus-menerus, terlepas dari seberapa banyak kamu makan, kamu tidak pernah merasa puas dan merasa kenyang. Atau, kamu justru sama sekali tidak ingin makan, karena kamu tidak pernah merasa lapar. 

  1. Tidak ada satu hal pun yang membuat kamu senang

Benda, aktivitas, dan orang yang dulu kamu cintai tidak lagi membuat kamu bahagia dan semangat. Kamu tidak ingin melakukan apa-apa, tidak ingin bertemu siapa-siapa, kamu terus-menerus bosan, lelah. Padahal, biasanya kamu sangat menikmati hobi kamu dan menikmati bertemu teman-teman kamu.

  1. Suasana hati kamu turun

Kamu merasa sedih, cemas, atau jengkel terus-menerus. Tapi, kamu tidak dapat menjelaskan apa alasannya, karena kamu pun tidak tahu mengapa kamu merasa seperti itu sepanjang waktu.

  1. Kesehatan kamu memburuk

Kamu tiba-tiba mengalami sakit atau nyeri, paling sering adalah nyeri di persendian atau punggung. Kamu mungkin juga mengalami masalah pencernaan. Tak satu pun dari penyakit ini memiliki alasan yang jelas.  

Ingatlah, bahwa 8 tanda di tas bisa disebut sebagai gejala depresi apabila semua kondisi tersebut terus berlanjut. Jika kamu, keluarga kamu, atau teman kamu menunjukkan tanda-tanda depresi, ada baiknya berbicara dengan dokter yang dapat memeriksa keadaan pikiran kamu, agar mereka dapat memberikan perawatan yang tepat.

Baca Juga :

6 Kesalahan Fatal dalam Menghibur Orang yang Sedang Depresi

8 Tanda Kamu Menderita Depresi Tanpa Mengetahuinya

Cara Menemukan Perawatan yang Tepat untuk Depresi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengapa Kita Mengalami Mata Panda? Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Saat kita melihat seseorang yang memiliki lingkaran bawah