Pernahkah kamu merasa terganggu dengan suara yang keluar dari perut kamu? Perut kita mengeluarkan suara di saat-saat yang tidak tepat. Misanya, di ruangan yang tenang, selama kamu sedang rapat penting, atau saat kamu sedang  memberikan presentasi penting di depan semua orang, atau mungkin saat kamu sedang berada di bioskop dengan adegan film hening, tiba-tiba perut kamu berbunyi dengan keras. Tentu hal itu akan membuat kamu merasa sangat malu.

Tetapi, sebenarnya kamu tidak perlu malu karena proses ini adalah proses yang normal untuk tubuh kita. Hal ini bisa terjadi karena kamu kelaparan, karena pencernaan yang lambat, atau karena kamu konsumsi makanan tertentu. Berita baiknya, perut yang sering berbunyi bisa disembuhkan.

Berikut adalah beberapa langkah mudah namun efektif yang akan membungkam suara-suara keras di perut kamu dalam waktu singkat :

  • Jalan-jalan setelah makan

Tidak perlu berjalan jauh, kamu dapat melakukannya saat istirahat di tempat kerja atau setelah kamu makan malam. Kamu cukup berjalan santai sekitar 15 menit saja untuk  membuat pencernaan kamu berjalan. Berjalan kaki menjadi efektif karena membuat makanan bergerak lebih cepat melalui perut. Tetapi kamu harus pastikan untuk menjaga proses ini tetap ringan, karena olahraga berat setelah makan justru dapat menyebabkan mual.

  • Minumlah banyak air

Air akan membantu proses pencernaan kamu, sehingga kamu bisa meminumnya selama atau setelah makan. Namun, tidak perlu minum banyak air sekaligus, karena perut yang penuh air justru akan membuat suara-suara pencernaan  menggerutu.

  • Cobalah teh herbal

Teh herbal yang terbuat dari peppermint, jahe, akar dandelion, adas, dan senna dapat membantu proses pencernaan kamu dan dapat mengendurkan otot-otot dalam usus kamu. Chamomile sangat baik untuk meredakan kram perut, jahe mengurangi akan kembung, dan peppermint mampu meredakan gejala stres pencernaan. Kamu dapat menikmati teh ini setelah makan atau bahkan di malam hari sebelum tidur.

  • Makan lebih lambat dan kunyah dengan benar

Untuk menghilangkan suara perut, pertama kamu perlu memperhatikan proses makan kamu, karena mungkin saja suara perut terdengar karena kamu mengunyah terlalu cepat dan menelan banyak udara saat kamu makan. Terlalu banyak makanan di perut juga dapat membuat suara yang berbeda.

Kedua, cobalah berkonsentrasi untuk mengunyah makanan kamu dengan hati-hati karena ini dapat mencegah lebih banyak udara masuk ke dalam perut. Selain itu, pastikan makanan yang kamu makan tidak terlalu besar karena potongan yang lebih besar akan lebih sulit dicerna.

  • Periksa apakah kamu mengonsumsi makanan pemicu gas

Makanan seperti seperti kacang, kacang polong, jagung, pasta, kentang, asparagus, brokoli, kubis, kol, beras merah, oatmeal, dan gandum utuh sering kali mempromosikan gas di dalam usus. Tetapi itu bukan berarti bahwa kamu harus benar-benar menghapus produk-produk ini dari menu makan kamu. Mengurangi jumlah dan frekuensi makan makanan di atas sudah cukup untuk mencegah perut berbunyi.

  • Kurangi kelebihan gula dan makanan berlemak

Usus kamu dapat menghasilkan banyak gas saat mencoba mencerna gula dalam jumlah besar. Terlebih hal itu juga dapat menyebabkan diare atau perut kembung. Inilah penyebab utama mengapa usus menjadi bising dan perut megeluarkan suara.  Hal yang sama berlaku untuk makanan yang mengandung lemak jenuh seperti bacon, sosis, dan goreng-gorengan yang menyebabkan kembung.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/ingin-punya-perut-yang-rata-yuk-ikuti-diet-prancis-ini/

https://www.tampilcantik.com/inilah-tips-jitu-pakai-baju-untuk-sembunyikan-perut-buncit/

https://www.tampilcantik.com/tahukah-kamu-posisi-tidur-dapat-mengungkapkan-kepribadian-loh/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang