Bagi kita yang hidup di Indonesia, tentu kita tahu bahwa ada banyak sekali tradisi pernikahan unik dari setiap suku dan setiap provinsi din Indonesia. Indonesia memiliki ratusan suku dengan tradisi pernikahan yang beda-beda.

Tahukah kamu? Ternyata ada beberapa tradisi pernikahan yang dikenal luas dan dipraktikkan di seluruh dunia. Tradisi pernikahan tidak hanya pesta bagi pengantin pria sebelum menikah, atau hanya melempar bunga di hari pernikahan. Ada beberapa ritual yang hanya dilakukan oleh orang-orang dari negara atau budaya tertentu.

Berikut daftar tradisi pernikahan unik dari seluruh dunia :

  • Pemotongan kayu di Jerman
Tradisi Pernikahan Yang Tidak Biasa Dari Jerman - 2020

Tradisi pernikahan Jerman kuno adalah menggergaji kayu dengan gergaji besar dengan 2 pegangan. Kegiatan ini menunjukkan kemampuan pasangan menikah untuk bekerja bersama dan melewati segala rintangan yang mungkin terjadi dalam pernikahan mereka.

  • Pernikahan dengan 2 anak-anak di Sudan

Di suku Nuer di Sudan, pengantin pria dapat menikah jika dia membayar dengan sejumlah ternak. Dan juga, pernikahan akan dianggap lengkap hanya ketika istri melahirkan 2 anak. Jika istri hanya memiliki satu anak, suami boleh meminta cerai. Jika suaminya meninggal, saudaranya harus menjadi suami dari janda baru tersebut.

  • Menghancurkan bel di  Guatemala
5 Tradisi Pernikahan Unik di Dunia | sekedar catatan...

Setelah upacara pernikahan di Guatemala, resepsi akan diadakan di rumah sang suami. Ibu sang suami menyapa pasangan yang baru menikah itu dengan memecahkan bel putih berisi nasi, tepung, dan biji-bijian untuk mewakili kemakmuran dan kelimpahan.

  • Menculik pengantin wanita di Romania

Di Rumania dan beberapa negara Eropa lainnya, permainan penculikan dapat dilakukan sebelum upacara pernikahan. Pengantin wanita “diculik” oleh keluarga, teman, atau aktor yang disewa, kemudian pengantin pria harus menyelamatkannya dengan membayar tebusan. Tebusan bisa berupa uang, minuman, atau gerakan romantis.

  • Pecah kaca, tradisi di Yahudi

Ketika upacara pernikahan Yahudi berakhir, pengantin wanita akan menginjak gelas di dalam tas kain untuk menghancurkannya. Pemecahan kaca ini memiliki banyak makna, dan salah satunya adalah untuk menunjukkan bahwa pernikahan memiliki kesedihan serta sukacita dan untuk mewakili komitmen pasangan.

  • Henna, India

Acara yang disebut Mehendi adalah perayaan penuh warna yang diadakan pada malam sebelum pernikahan oleh para wanita di sisi keluarga mempelai wanita. Seorang seniman atau kerabat profesional akan menerapkan “tato” pacar ke tangan dan kaki pengantin wanita dan wanita lain dalam keluarga. Desain ini melambangkan kebangkitan spiritual, kegembiraan, keindahan, dan persembahan.

  • Roti dan garam di Rusia

Pada perayaan pernikahan di Rusia, orang tua mempelai pria dan wanita menyapa pasangan dengan roti dengan garam. Ini adalah tradisi yang menunjukkan keramahan. Kedua mempelai mematahkan sepotong roti, menaburkan garam di atasnya, dan saling memberi makan. Takhayul : siapa pun yang memutuskan bagian yang lebih besar akan menjadi kepala rumah masa depan mereka. Setelah itu, setiap tamu akan menerima sepotong roti pernikahan yang disebut karavai.

  • Meludahi pengantin wanita di Kenya

Gadis-gadis Massai di Kenya biasanya diberikan kepada pria yang jauh lebih tua dari pengantin wanita. Pada upacara pernikahan, ayah atau saudara lelaki pengantin perempuan akan meludahi kepalanya sebagai berkat. Kemudian dia akan meninggalkan rumah bersama suami barunya, dan akan berjalan  kaki ke rumah barunya, tidak peduli seberapa jauh jaraknya.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/bagaimana-cara-pasangan-suami-istri-berjuang-menjaga-pernikahan-tetap-langgeng-dan-bahagia/

https://www.tampilcantik.com/cara-merayakan-anniversary-pernikahan-yang-tak-menghabiskan-banyak-uang/

https://www.tampilcantik.com/6-mitos-tentang-kehidupan-pernikahan-yang-harus-kamu-pahami/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang