Ada alasan mengapa para ahli gizi dan dokter tidak berhenti merekomendasikan oatmeal bagi pasien-pasien mereka. Ternyata memang benar adanya, bahwa mengonsumsi oatmeal, terutama di pagi hari untuk sarapan, dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, banyak hal baik yang akan terjadi pada tubuh kamu jika kamu mengonsumsi oatmeal setiap hari. Contohnya:

  1. Kesehatan kulit membaik

Oatmeal ternyata sangat ideal untuk mengobati peradangan, seperti eksim atau iritasi. Makanan yang satu ini juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Hal itu bisa terjadi karena sifat unik dari oatmeal yang berasal dari adanya berbagai macam vitamin dan elemen dalam komposisinya. 

Contohnya, sepeti seng yang membantu membersihkan kulit dan membuang racun dan senyawa berbahaya. Seng juga secara efektif dapat mengecilkan pori-pori dan memiliki efek peremajaan. 

Selain itu, zat besi juga menjadi salah satu elemen terpenting untuk menutrisi dan menjaga kelembaban kulit. Ada juga mangan, yang dapat menghilangkan pembengkakan dan peradangan, dan juga mempercepat penyembuhan kulit setelah luka, memar, luka bakar, dll. 

Oatmeal juga mengandung magnesium yang mampu menormalkan sirkulasi darah dan memberikan pembaruan sel-sel kulit.

  1. Kamu mendapat banyak protein

Tahukah kamu? Satu porsi atau sekitar 8 sendok makan oatmeal, ternyata dapat memberi tubuh kamu 15% dari jumlah protein harian yang harus dikonsumsi. Tak hanya protein, oatmeal juga mengandung vitamin E, antioksidan, dan glutamin, yang membantu mempercepat regenerasi serat otot.

  1. Kandungan antioksidan yang tinggi

Oatmeal kaya akan antioksidan, salah satunya adalah Avenanthramides yang membantu mengatasi gatal, peradangan, dan masalah tekanan darah. Mereka mengandung beta-glukan, yang dapat menurunkan gula darah. Efek kandungan tersebut juga ditingkatkan dengan adanya vitamin C di dalam oatmeal. Jadi, tidak heran banyak orang yang mengonsumsi oatmeal sebagai makanan sehat.

  1. Energi kamu akan meningkat

Oatmeal kaya akan karbohidrat dan memberikan lebih banyak energi bagi tubuh. Disarankan agar kamu mengonsumsi oatmeal yang agak kering, karena dengan begitu, kamu akan merasa kenyang lebih lama.

  1. Membantu penurunan berat badan

Konsumsi oatmeal setiap hari dapat membantu meningkatkan metabolisme, sehingga akan mempercepat penurunan berat badan. Sarapan berbasis oatmeal dalam jangka waktu lama juga memungkinkan kita untuk menahan diri dari asupan kalori berlebih.

Karbohidrat lambat yang terkandung di dalam outmeal, memungkinkan kita untuk mengatur nafsu makan dan kecemasan, serta menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Nutrisi di dalam outmeal tidak hanya mempercepat metabolisme, tetapi juga mencegah penumpukan lemak dan penumpukan racun dalam tubuh.

  1. Menurunkan kolesterol

Oat mengandung serat yang disebut beta-glukan, yang membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Karena asam linoleat dan serat larut yang terkandung di dalamnya, maka oatmeal dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah. 

Nutrisi tersebut juga dapat membersihkan sisa-sisa lemak di dinding arteri dan melindungi tubuh kita dari penyakit serius seperti serangan jantung, dan stroke.

Perlu diingat, oat yang dikonsumsi harus berkualitas tinggi, ramah lingkungan, dan bebas dari kotoran maupun partikel asing. Agar tidak bosan memakan oatmeal, kamu bisa menambahkan buah-buahan segar, kacang-kacangan, kayu manis, krim, atau yogurt rendah lemak favorit kamu.

Baca Juga :

Ternyata, Ini Loh Manfaat Jika Kamu Ganti Karbohidrat Kamu Dengan Oatmeal

REVIEW: Calmia Oatmeal Therapy Cleansing Foam

REVIEW: Freeman Avocado & Oatmeal Clay Mask

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun