Tahukah kamu? Nenek moyang kita sudah mengonsumsi teh sejak 1.500 SM. Setelah berabad-abad, berlalu, ternyata teh masih sangat diminati. Selain nikmat, semua jenis teh pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Nah, ada beberapa fakta tentang teh yang mungkin belum kamu ketahui. Ternyata, kantong teh dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kebutuhan sehari-hari kamu ketika digunakan dengan benar. 

Berikut adalah daftar manfaat kantong teh dalam kehidupan kita sehari-hari :

  • Teh dapat membantu kamu menghilangkan komedo dan jerawat

Teh hijau adalah produk yang kaya akan sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi sehingga sangat cocok untuk kamu jika kamu sedang berjuang melawan komedo dan jerawat. 

Cara perawatannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan bagian dalam kantung teh (ambil 2 kantung) dengan air hangat dan madu untuk membuat masker wajah alami. Setelah campuran menjadi pasta, bubuhkan di wajah kamu dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, kamu akan melihat kemerahan dan iritasi hilang dari wajah kamu. 

  • Kantong teh dapat meringankan sakit gigi

Salah satu cara mudah untuk menghilangkan sakit gigi yang menyakitkan dan membuat kamu frustrasi itu adalah dengan menggunakan teh peppermint secara topikal. Karena teh memiliki efek antibakteri dan dapat membuat kamu mati rasa, satu kantong teh yang agak hangat bisa kamu manfaatkan untuk ditempelkan ke gigi yang sakit sampai rasa sakitnya hilang. 

  • Teh dapat membantu meringankan kram akibat menstruasi

Kram saat menstruasi bisa menjadi musuh terbesar bagi para wanita, tetapi kabar baiknya adalah teh kamomil dapat digunakan sebagai pereda nyeri otot yang alami. Kamu bisa meminum teh kamomil hangat untuk meringankan nyeri kamu.

  • Kantong teh dapat meredakan nyeri pada puting setelah menyusui

Menyusui bisa menjadi momen ikatan ajaib antara ibu dan bayi, tetapi menyusui tidak selalu ada tanpa rasa sakit. Pada banyak kasus, para ibu menyusui menderita nyeri pada puting setelah menyusui. Nah, dalam hal ini, teh peppermint juga bisa menjadi obat yang baik untuk puting yang sakit dan pecah-pecah. Caranya mudah, kamu cukup buat kompres kantong teh hangat dan oleskan dengan lembut pada puting yang sakit.

  • Kantong teh dapat mengurangi mata merah dan bengkak

Setelah kamu kurang tidur atau setelah kamu menangis semalaman, sering kali kamu bangun dengan kondisi mata yang bengkak, merah dan tampak mengerikan. Nah, untuk mengatasi mata kamu yang tampak bengkak dan merah, kamu bisa memanfaatkan  kompres dingin teh hijau untuk meredakan sakit dan menyamarkan bengkak di mata kamu.

  • Teh dapat membantu menyembuhkan gigitan nyamuk dan mengobati luka ringan

Karena kamomil memiliki khasiat penyembuhan luka, kamomil juga dapat membantu meredakan gigitan serangga yang menyakitkan. Cara perawatannya mudah. Pertama, buat teh kamomil dan biarkan dingin di lemari es selama 30 menit. Kemudian, oleskan dengan lembut pada bekas gigitan selama setidaknya 10 menit. Ulangi prosesnya jika perlu, untuk hasil yang lebih baik.

Jika kamu memiliki anak di rumah yang jatuh dan mengalami memar atau luka goresan, kamu juga bisa memanfaatkan kantong teh untuk membantu mengatasi kemerahan, bengkak, dan nyeri. Cukup oleskan sekantong teh hitam dingin ke bagian yang cedera.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/jangan-dibuang-kantong-teh-ternyata-ada-manfaatnya-girls/

https://www.tampilcantik.com/jangan-buang-teh-celup-bekas-pakai-ini-manfaatnya/

https://www.tampilcantik.com/manfaat-teh-hijau-untuk-kecantikan/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Aktivitas yang Sebaiknya Kamu Hindari Setelah Makan

Setiap orang memiliki rutinitas makan masing-masing. Ada yang