Membaca adalah kemampuan dasar yang sudah dimiliki oleh hampir semua orang. Karena kemampuan itulah kamu sekarang mengunjungi tampilcantik.com, bukan?

Bagi orang yang hobi membaca, kegiatan membaca bisa menjadi sangat istimewa, bahkan mungkin mereka tidak dapat hidup tanpa membaca. Bagi sebagian orang lainnya, membacah adalah sebuah kebutuhan untuk pekerjaan, kebutuhan akan informasi dan sebagainya.

Kebiasaan membaca yang baik akan membantu kamu menjadi lebih pintar dan lebih fasih, meskipun demikian, itu bukan satu-satunya manfaat yang bisa kamu peroleh dari Membaca. Ternyata ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan. Manfaat ini bahkan jauh lebih besar daripada apa yang kamu bayangkan.

Berikut daftar manfaat kesehatan luar biasa yang dapat kamu dapatkan dengan membaca :

  • Membaca dapat membantu kamu mengelola stres dengan lebih baik

Penelitian menyebutkan bahwa meluangkan waktu istirahat untuk membaca  setidaknya 30 menit saja, dapat menurunkan stres. Membaca seperti halnya tertawa dan yoga. Ketika kamu menemukan diri kamu dalam situasi stres, penting untuk meluangkan waktu untuk melakukan dekompresi. Salah satu caranya adalah dengan membaca.

  • Membaca membantu mengurangi kecemasan

Walaupun membaca tidak menyembuhkan kecemasan, membaca dapat membantu mengurangi kekhawatiran yang sedang kamu pikirkan dan rasakan. Membaca novel dan membenamkan diri dalam dunia imaji di buku, dapat memberikan keberanian mental untuk kamu. Membaca juga dapat menuntun kamu untuk merenungkan kehidupan kamu sendiri, mendorong pertumbuhan pribadi dan dapat mengurangi kecemasan. Inilah yang dimaksud dengan biblioterapi, atau terapi buku.

  • Membaca dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer

Membaca dapat merangsang otak kamu. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang jarang terlibat dalam kegiatan yang melatih pikiran cenderung memiliki risiko lebih besar terhadap penyakit Alzheimer dibandingkan dengan mereka yang sering terlibat dengan kegiatan melatih pikiran. Jadi, orang yang hobi membaca dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

  • Membaca dapat membantu kamu tidur lebih cepat

Apakah kamu terbiasa menggunakan smartphone sebelum tidur? Banyak sekali penelitian yang telah membuktikan bahwa memainkan smartphone sebelum tidur dapat mengurangi kualitas tidur dan mempersingkat waktu tidur kamu. Lampu layar ponsel sebenarnya dapat mengurangi produksi hormon tidur yaitu melatonin. Jadi, alih-alih menjelajahi sosial media atau menonton video sebelum tidur,  bacalah buku fisik sebagai gantinya. Buku dapat membantu kamu mendapatkan waktu istirahat malam yang lebih baik.

  • Membaca dapat membantu kamu hidup lebih lama

Karena membaca melibatkan otak, membaca dapat memicu kamu untuk membiasakan diri untuk merangsang otak dan mencegah penurunan fungsi otak. Dengan demikian, membaca dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan kognitif yang terkait dengan masa hidup yang lebih pendek. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang membaca memiliki kecenderungan untuk hidup lebih lama dan melebihi rata-rata.

  • Membaca dapat meningkatkan cara kamu berinteraksi dengan orang lain

Membaca memungkinkan kamu memasuki kehidupan yang berbeda dari kehidupan kamu sendiri. Dengan melakukan ini, kamu bisa memahami orang lain dengan lebih baik. Satu penelitian kecil menemukan bahwa orang-orang yang hobi membaca buku fiksi memiliki kemampuan yang lebih baik dalam hal interaksi sosial mereka dan mereka yang hobi membaca buku fiksi juga memiliki empati yang jauh lebih baik.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/tahukah-kamu-tentang-manfaat-menakjubkan-jus-buah-delima-ini-jika-belum-kamu-wajib-membacanya/

https://www.tampilcantik.com/kamu-tidak-akan-pernah-melewatkan-sarapan-lagi-setelah-membaca-ini/

https://www.tampilcantik.com/kamu-harus-bisa-membaca-tipe-pria-yang-posesif-dengan-cara-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang