Sakit punggung, terutama punggung di bagian bawah, bisa sangat mengganggu dan menyiksa. Rasa sakit yang kamu rasakan bisa mengganggu aktivitas harian. Bahkan mungkin hanya duduk menonton televisi atau tidur pun terasa menyiksa karena masalah punggung. Untuk itu, kamu perlu tahu kira-kira apa penyebab sakit punggung yang kam derita, agar kamu dapat segera mengatasinya:

  1. Kamu memakai rok ketat dan sepatu hak tinggi tiap hari

Rok pensil yang ketat adalah pakaian yang kurang nyaman digunakan, apalagi jika kamu mengenakannya tiap hari. Ditambah, jika kamu memadukan rok pensil ketat dengan sepatu hal tinggi. Kombinasi fashion ini bisa membatasi gerakan di pinggul kamu, yang menyebabkan ketegangan pada tulang belakang kamu. Dengan sepatu hak tinggi, posisi kaki kamu pun akan berada di ketinggian yang tidak wajar, sehingga dapat menyebabkan otot-otot di punggung bawah kamu bergeser. 

Untuk tampil cantik tanpa mengorbankan kesehatan, pilihlah rok yang memungkinkan kaki kamu bergerak bebas, dan pilih sepatu dengan tumit di bawah 2 inci. Meski penampilan penting, kesehatan tetap yang utama, bukan?

  1. Kamu sering minum soda

Soda atau minuman berkarbonasi lain memang sangat menggiurkan karena segar dan nikmat. Tapi, sebenarnya soda atau berbagai macam minuman berkarbonasi bukanlah pilihan yang sehat untuk menjaga energi kamu. Selain memiliki banyak risiko kesehatan, minuman tersebut juga dapat memperburuk rasa sakit di punggung kamu. 

Kebiasaan minum soda manis bisa mengakibatkan batu ginjal yang berujung pada gejala sakit punggung yang parah. Minum minuman berkarbonasi juga bisa menyebabkan gas tersangkut di sistem pencernaan kamu, sehingga gas tersebut akan memberi tekanan pada tulang belakang kamu. 

Coba kamu perhatikan dengan baik, jika punggung kamu sakit setelah minum soda atau minuman berkarbonasi lainnya, maka cobalah untuk berhenti mengonsumsi minuman tersebut dan ganti dengan air mineral yang lebih sehat.

  1. Stres

Ketika tubuh kamu melepaskan hormon stres, hal itu dapat menyebabkan otot kamu menegang. Ketegangan pada otot kamu, pada gilirannya, akan menyebabkan sensasi nyeri di leher, bahu, dan juga di punggung kamu. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan relaksasi setiap hari dapat membantu kamu meredakan nyeri di punggung. 

  1. Kamu tidur di bantal yang salah

Saat kamu tidur di atas bantal yang terlalu besar, kamu mungkin memang merasakan kenyamanan, tetapi, bantal tersebut bisa menyebabkan sakit punggung. Mengap demikian? Karen kebanyakan bantal menempatkan kepala kamu pada posisi yang tidak wajar, sehingga hal ini memberi tekanan pada leher dan tulang belakang kamu. Itulah mengapa kamu merasakan sakit di punggung dan mengalami kurang tidur. 

Jika kamu tidak dapat tidur tanpa bantal, maka carilah bantal yang sesuai dengan ukuran kamu, kemudian letakkan bantal lain di antara lutut atau di bawah lutut untuk menjaga postur saat tidur. Posisi tidur demikian telah terbukti meredakan stres yang berdampak pada tulang belakang kamu.

  1. Kamu mencuci piring dengan cara yang salah

Membungkuk di atas wastafel saat mencuci piring, dapat memberi tekanan pada punggung bawah kamu, sehingga menyebabkan otot-otot di area ini tegang. Ketika kamu berada pada posisi ini selama beberapa menit, kamu mungkin akan mengalami sakit punggung setiap hari. 

Nah, untuk menghindari ketegangan pada punggung bawah kamu, letakkan satu kaki di atas bangku kecil, untuk menyesuaikan postur tubuh dan mencegah kamu meregangkan punggung.

  1. Kamu sering naik tangga

Meskipun naik turun tangga umumnya dianggap sebagai kebiasaan yang sehat karena dapat dijadikan olahraga, tapi naik turun tangga bukanlah cara terbaik untuk tetap bugar jika kamu sudah mengalami nyeri punggung bagian bawah. 

Jika kamu menderita sakit lutut atau punggung, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan tangga sebagai cara untuk menambah intensitas berolahraga.

Baca Juga :

3 Olahraga yang Akan Menyelamatkan Kamu dari Sakit Punggung yang Menyiksa

2 Masalah Kesehatan Ini Hanya Terlihat Seperti Sakit Punggung, Tapi Jangan Salah

Atasi Sakit Punggung Mengganggu dengan Tips Alami Ini Untuk Membebaskan Kembali Gayamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Olahraga Untuk Kamu yang Mager, Bisa Dilakukan Sambil Berbaring di Tempat Tidur

Olahraga adalah kebutuhan dasar yang memang harus dilakukan