Kulit terbakar sinar matahari atau sunburn adalah dampak dari kulit yang terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet yang merusak, terutama sinar UVB yang berbahaya dari matahari. Hal ini biasa terjadi ketika kamu pergi ke pantai, kamu berenang, atau kamu berlibur di berbagai tempat wisata outdoor yang memungkinkan kulit kamu terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.

Menurut ahli, meski sunburn mungkin tampak sementara dan akan hilang dengan sendirinya, tetapi hal ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada kulit. Lebih parahnya lagi, hal ini bisa meningkatkan risiko kanker kulit, keriput, dan sunspot.

Jika kamu terlanjur mengalami sunburn, ada beberapa cara efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengobatinya:

  1. Hidrasi

Saat kamu terkena sengatan matahari, sinar UV akan menyebabkan peradangan pada kulit. Hal ini serupa dengan luka bakar dari wajan atau oven yang mungkin kamu alami. Untuk itu, penting agar kamu langsung melembapkan kulit dan membantu memperbaiki pelindung kulit secepat mungkin. 

Cara termudah untuk melembapkan kulit adalah melakukannya dari luar ke dalam. Carilah pelembap kulit dari bahan alami, misalnya, pelembab yang berbahan dasar gel lidah buaya. Jenis pelembab yang alami seperti gel lidah buaya akan membantu menenangkan kulit kamu yang terbakar.

Selain itu, kamu juga perlu mengombinasikan dengan hidrasi dari dalam, yaitu mengonsumsi banyak air mineral.

  1. Mengurangi pembengkakan

Kamu bisa mengobati sengatan matahari dengan mengurangi peradangan dari dalam ke luar. Ada beberapa produk pil anti inflamasi yang dijual bebas, sehingga kamu bisa membelinya dan mengonsumsinya. Obat ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan di kulit, serta membantu kamu mengatasi rasa sakit akibat sengatan matahari.

  1. Lindungi kulit yang melepuh

Jika luka sunburn kamu melepuh hingga menjadikannya luka bakar yang cukup parah, maka kamu harus menjaga agar kulit kamu yang melepuh tersebut tidak meletus atau pecah. Biarkan kulit kamu yang melepuh itu tetap pada bentuknya, biarkan utuh, dan jangan sampai pecah atau dikupas. 

Dengan cara mempertahankan hal tersebut, luka bakar akan sembuh lebih cepat dan juga risiko terkena infeksi akan berkurang. Jika luka dirasa terlalu parah, segera hubungi dokter dan mintalah resep krim untuk membantu mempercepat proses penyembuhan. 

  1. Lawan kerusakan kulit akibat radikal bebas 

Sementara luka bakar akan sembuh dalam beberapa hari, kerusakan akibat radikal bebas yang diakibatkan oleh sinar UV akan berlangsung selamanya. Sinar UV dapat meningkatkan produksi radikal bebas, yang merusak kolagen dan elastin, serta merusak DNA sel kulit kamu. Kerusakan inilah yang menyebabkan efek penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk mengatasinya, kamu membutuhkan serum vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meminimalkan efek berbahaya. 

  1. Mencegah kerusakan lebih lanjut

Pengobatan terbaik adalah pencegahan, Jadi, sembari kamu menunggu sunburn sembuh, kamu harus melindungi kulit kamu dari sinar matahari. Tetaplah berada di tempat teduh, kenakan pakaian luar yang memiliki perlindungan sinar UV (saat ini sudah banyak produk jaket anti UV yang bisa kamu beli), dan tentu saja kamu harus selalu memakai sunscreen atau sunblock.

Baca Juga :

Cara Praktis dan Mudah Mengatasi Sunburned Lips

Tips Untuk Kamu yang Tidak Bisa Hidup Tanpa Lip Tint

Tips Menggunakan Lip Tint

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Terlalu Sering Cuci Tangan

Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia pada 2020 lalu,