Sisir rambut adalah barang wajib yang harus dimiliki semua orang di rumah masing-masing. Pasalnya, barang mungil ini sangat berguna untuk menghaluskan helai dan mengurai kusut di rambut kita. 

Sayangnya, sisir rambut sangat mudah kotor. Ia dapat dengan mudah menyerap minyak, kotoran, debu, dan sisa produk perawatan rambut. Jika kamu menggunakan sisir rambut yang tidak bersih, maka semua kotoran akan kembali ke rambut kamu. Untuk itu, kamu harus membersihkan sisir secara rutin. 

Seberapa sering kamu harus membersihkan sisir rambut?

Tidak ada aturan mengenai seberapa sering kamu harus membersihkan sisir rambut. Hal ini sangat tergantung pada jenis produk perawatan rambut yang kamu gunakan dan tergantung seberapa sering kamu menggunakan sisir tersebut.

Jika kamu rutin menggunakan krim, gel, atau hairspray, maka kamu wajib membersihkan sisir rambut seminggu sekali.

Jika kamu tidak menggunakan banyak produk perawatan untuk rambut kamu, cobalah membersihkan sisir kamu setiap 2 hingga 3 minggu sekali.

Selain itu, demi mempermudah pembersihan, coba hilangkan dulu rambut-rambut rontok yang menumpuk di sisir setiap beberapa hari sekali.

Cara Membersihkan Sisir Rambut

Membersihkan sisir rambut tidak membutuhkan banyak waktu kok. Begitu kamu sudah tahu caranya dan sudah terbiasa melakukannya secara rutin, maka kegiatan membersihkan sisir rambut akan menjadi lebih mudah. 

Metode untuk membersihkan sisir dari bahan kayu atau plastik sebenarnya sama saja. Ikuti beberapa langkah berikut untuk membersihkan sisir dengan maksimal:

  1. Menghilangkan rambut rontok

Gunakan ujung sisir jenis ekor tikus (sejenis sisir yang ujungnya runcing dan panjang) untuk menghilangkan rambut-rambut rontok kamu yang terjebak di sisir. Jika kamu tidak memiliki sisir ekor tikus, kamu bisa menggunakan benda runcing apa pun, misalnya pulpen, pensil, atau pemecah es.

  1. Celupkan dan kocok sisir ke dalam air sabun

Siapkan mangkuk atau baskom dan isi dengan air hangat. Selanjutnya, tambahkan beberapa tetes sampo lembut atau sabun mandi cair ke dalam air dan campurkan hingga rata sampai air membentuk busa.

Jika sisir kamu sangat teramat kotor, maka kamu bisa menambahkan bahan ekstra yaitu soda kue untuk membersihkannya. Campurkan 1 sampai 3 sendok teh soda kue ke dalam campuran air sampo atau air sabun. 

Untuk sisir plastik, rendam seluruh sisir di dalam air, dan biarkan terendam selama 3 sampai 5 menit. Jika sisir memiliki bantalan lembut di bagian dasar tempat sikat menempel pada sisir, maka celupkan sikat sisir ke dalam air sabun, dan pastikan bantalannya tetap kering.

Untuk sisir berbahan kayu, kamu tidak boleh merendam sisir seluruhnya, karena hal itu dapat merusak kayu dan finishing. Cara terbaik adalah merendam bagian sikat saja, seperti halnya metode yang dilakukan untuk sisir dengan bantalan lembut.

Celupkan sisir dan kocok sisir beberapa kali untuk membantu melonggarkan dan menghilangkan minyak, sel kulit mati, kotoran, dan penumpukan produk perawatan rambut lainnya. 

Jika sisir kamu tidak terlalu kotor, metode ini akan menghilangkan sebagian besar penumpukan kotoran dengan mudah

  1. Gunakan sikat gigi bekas untuk pembersihan ekstra

Jika kamu memiliki sisir yang sangat kotor, kamu mungkin perlu menggunakan alat tambahan seperti sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran di bagian sikat sisir rambut kamu.

Caranya, celupkan sikat gigi bekas ke dalam air sabun atau air sampo, kemudian mulailah membersihkan kotoran di sisir kamu dengan bulu sikat gigi tersebut. Pastikan untuk menggosok setiap helai sikat di sisir kamu untuk memastikan kotoran hilang secara keseluruhan.

  1. Bilas dan keringkan sisir

Tahap terakhir adalah membilas dan mengeringkan sisir. Setelah kamu selesai membersihkan sisir rambut, bilas dengan air dingin yang mengalir. Atau, kamu bisa memercikkan sedikit air ke bagian dasar sisir dan mengelapnya hingga kering dengan kain bersih. Biarkan sisir mengering dengan bulu menghadap ke bawah, di atas kain atau handuk bersih.

Baca Juga :

Cara Membersihkan Sisir dalam 3 Langkah Mudah

7 Sisir Rambut Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

Sisir Rambut yang Tepat untuk Rambut Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ragam Manfaat Madu untuk Perawatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan tubuh dan lezat saat