Berapa banyak sih dari kita yang dapat dengan jujur mengatakan bahwa kita membersihkan sisir  secara teratur? Meskipun Anda menyukai rambut Anda dan merawatnya dengan baik, memangkasinya rutin, dan memberikan treatment, Anda cenderung mengabaikan alat yang digunakan untuk menata rambut Anda setiap hari.

Seiring waktu, sisir mengaami penumpukan kulit mati, kotoran, rambut rontok, dan residu produk yang jika Anda pikirkan, sangat tidak higienis jika Anda menggunakan alat ini secara teratur. Jadi, jika Anda tidak ingat kapan terakhir kali Anda mencuci sisir, sekarang saatnya memberi mereka sekali lagi. 

Ada beberapa metode yang dapat dipilih saat membersihkan kuas, pilih yang tepat untuk Anda dan kuas Anda.

  1. Cara membersihkan sisir dengan metode deep clean

Pertama, buang semua bulu mati yang menumpuk pada sisir. Anda dapat menggunakan sisir bergigi jarang untuk membantu Anda ‘menyisir’ sisir Anda. Jika rambut yang menumpuk terlalu kusut untuk Anda tembus, gunakan gunting kecil untuk memotong rambut.

Sekarang Anda siap untuk membersihkannya. Isi wastafel atau mangkuk dengan air panas dan tambahkan sampo atau cairan pembersih bersama dengan sedikit cuka putih. Biarkan sisir terendam selama satu jam, lalu gosok gigi sisir dengan sikat gigi bekas (tapi bersih) untuk menghilangkan penumpukan. Pastikan Anda tidak merendam sisir dari kayu karena air akan merusaknya, mengurangi masa pakainya. Sebagai gantinya, coba metode lainnya.

Bilas sisir dengan air bersih dan biarkan mengering semalaman, sisi gigi sisir menghadap ke bawah agar sisa air dapat mengalir.

  1. Cara membersihkan sisir dengan metode penghemat waktu

Cara termudah untuk membersihkan kuas adalah dengan mandi dan membawa sisir. Bawalah sisir ke kamar mandi dan gunakan sampo yang biasanya Anda gunakan pada rambut Anda. 

Setelah Anda membersihkannya dengan shampo, bilas dengan air bersih, tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk, dan biarkan mengering semalaman dengan  sisi gigi sisir menghadap ke bawah. Rambutmu akan berterima kasih untuk itu keesokan harinya.

  1. Cara membersihkan sisir dengan trik mudah

Metode pembersihan sisir lainnya termasuk menggunakan barang-barang yang akan Anda temukan dari sekitar rumah – cuka dan soda kue.

Soda kue – satu sendok teh soda kue yang dilarutkan dalam secangkir air adalah alternatif yang bagus untuk merendam sisir. Gunakan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam larutan dan sikat sisir untuk menghilangkan kotoran. Bilas dengan air bersih dan biarkan mengering semalaman.

Cuka – campurkan cuka dan air hangat dengan perbandingan yang sama dalam mangkuk (atau wastafel) dan biarkan sisir terendam selama 5-10 menit. Gosok dengan sikat gigi dan bilas dengan air bersih. Biarkan mengering semalaman.

Jika Anda belum membersihkan sisir, Anda mungkin melihat gumpalan putih kecil terbentuk pada sisir. Jadi, apa sih itu?  Gumpalan putih atau abu-abu ini adalah penumpukan sel kulit mati, debu, minyak, dan produk rambut yang menempel di sisir Anda. Mereka sulit untuk dilepas dan hanya lepas saat Anda membersihkan sisir Anda secara menyeluruh. 

Jika Anda memiliki rambut berketombe, kemungkinan besar sisir Anda akan menyimpan gumpalan yang mengganggu (dan terus terang menjijikkan) ini. Jadi, segera gosok danbersihkan sisir untuk menghindari menyikat kombinasi kotor ini ke rambut Anda setiap hari.

Baca Juga :

7 Sisir Rambut Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

Sisir Rambut yang Tepat untuk Rambut Kamu

Jangan Cuman Seringnya Sisir Rambut, Kamu Juga Perlu Tahu Gimana Cara Membersihkannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

5 Kesalahan Pertolongan Pertama yang Perlu Kita Ketahui

Di dunia ini, ada momen-momen tak terdua yang