Jika Anda sedang mencari cara bagaimana menghilangkan bintik-bintik dengan cepat, selain pengobatan rumahan, Anda dapat beralih ke perawatan kulit ini.

  1. Perawatan Laser

Dalam prosedur ini, pancaran cahaya yang terfokus dan intens digunakan untuk menargetkan bintik-bintik. Laser ini aman dan efektif dalam pengobatan bintik-bintik.

  1. Eksfoliasi Kimia

Dalam metode ini, asam glikolat atau larutan kimia lainnya digunakan untuk mengelupas kulit yang rusak dan menghilangkan bintik-bintik. Kulit baru kemudian muncul dengan pigmentasi yang tampak berkurang.

  1. Peremajaan Intense Pulsed Light (IPL).

Dalam metode perawatan ini, energi cahaya diserap oleh area kulit yang lebih gelap, memecah kelebihan melanin dan mengurangi pigmentasi.

  1. Krim Retinoid Topikal

Retinoid adalah turunan vitamin A, ditemukan di banyak produk perawatan kulit. Ini dapat meringankan bintik-bintik dan memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar matahari. Itu juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari lebih lanjut, mencegah pembentukan bintik-bintik baru.

  1. Cryosurgery

Prosedur ini menggunakan nitrogen cair untuk menghancurkan sel kulit abnormal dengan membekukannya.

  1. Tabir surya

Kondisi fotosensitif seperti melasma diperburuk oleh paparan sinar ultraviolet (UV), sehingga penggunaan tabir surya menjadi penting.

Selain itu, Asam Trichloroacetic dan fenol adalah pilihan pengobatan yang murah dan efektif untuk bintik-bintik.

Tip: Pilih tabir surya tahan air dengan perlindungan UVA dan UVB dan SPF 30 atau lebih tinggi.

Faktor Risiko Bintik-bintik

Seperti disebutkan, genetika berperan dalam pembentukan bintik. Tubuh manusia menghasilkan dua jenis melanin, pheomelanin dan eumelanin, yang bergantung pada gen MC1R. Kulit mengembangkan bintik-bintik berdasarkan jenis melanin yang diproduksi oleh tubuh.

  • Pheomelanin

Pada individu yang menghasilkan pheomelanin, rambut merah, pirang, atau coklat muda dengan kulit dan mata terang adalah hal biasa. Mereka rentan terhadap bintik-bintik.

  • Eumelanin

Orang yang menghasilkan eumelanin memiliki kulit, rambut, dan mata yang lebih gelap, dan cenderung memiliki bintik-bintik.

Tip: Batasi paparan sinar matahari langsung untuk mencegah bintik-bintik.

Tanya Jawab Cara Menghilangkan Bintik-bintik

Bagaimana cara menghilangkan bintik-bintik secara permanen?

Jawab: Beralih ke prosedur kulit seperti perawatan laser, perawatan IPL, cryosurgery, atau chemical peeling untuk menghilangkan bintik-bintik secara permanen.

Bisakah bintik-bintik dihilangkan secara alami?

Jawab: Bintik-bintik memudar secara alami di musim dingin dan seiring waktu. Jika Anda khawatir tentang cara menghilangkan bintik-bintik, Anda dapat beralih ke pengobatan rumahan seperti menggunakan gel lidah buaya, jus lemon, yoghurt, bubuk kunyit, dll. Untuk memudarkan bintik-bintik.

Apakah mungkin menghilangkan bintik-bintik?

Jawab: Ya, menghilangkan bintik-bintik dapat dilakukan dengan pengobatan DIY dan prosedur klinis.

Apa yang menyebabkan bintik-bintik di wajah?

Jawab: Bintik-bintik dapat disebabkan karena faktor genetik atau paparan sinar matahari.

Berapa lama untuk menghilangkan bintik-bintik?

Jawab: Hanya satu sesi perawatan laser yang dapat menghilangkan bintik-bintik; beberapa individu mungkin memerlukan lebih banyak tempat duduk. Pengobatan rumahan untuk menghilangkan bintik-bintik mungkin memakan waktu beberapa bulan.

Bagaimana cara menghilangkan bintik-bintik dalam satu hari?

Jawab: Cara tercepat untuk menghilangkan bintik-bintik adalah dengan perawatan laser. Anda juga bisa menggunakan riasan seperti concealer dan alas bedak untuk menyembunyikan bintik-bintik.

Baca Juga :

<strong>5 Tips Mengobati Hiperpigmentasi pada Semua Warna Kulit</strong>

<strong>6 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kulit</strong>

<strong>3 Pilihan Perawatan Teratas untuk Semua Warna Kulit</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kiat Agar Rambut Tumbuh Cepat Dan Sehat (Bagian II) – end

Pada bagian pertama, telah dibahas bagaimana cara membuat