Tahukah kamu? Orang Mesir kuno menggunakan pasta yang terbuat dari tembaga teroksidasi untuk melakukan riasan mata. Bahan berbahaya ini pada akhirnya akan menyebabkan iritasi bahkan insomnia, tetapi orang Mesir kuno selalu siap menderita demi kecantikan. 

Meskipun sekarang industri kosmetik telah berubah drastis, beberapa produk dalam tas make up kamu mungkin masih berpotensi memiliki risiko merusak kulit. Produk-produk ini justru bisa berubah melenceng dari tujuan awal kamu untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat.

Berikut adalah daftar beberapa produk perawatan kulit populer yang justru cenderung berbahaya daripada bermanfaat :

  • Lulur wajah dengan partikel kasar

Eksfoliasi secara teratur (baik itu harian atau mingguan) sebenarnya memang dapat merusak kulit kamu. Scrub yang abrasif dapat menghilangkan lapisan luar kulit dan merusak pelindung yang melindunginya dari lingkungan luar. Setelah pengelupasan kulit, mungkin untuk sementara kamu akan merasakan terbebas dari minyak, tetapi nantinya kamu justru akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbangi kulitmu yang kering.

  • Perawatan jerawat

Perawatan jerawat topikal dapat membuat kulit kamu terasa kering dan bisa teriritasi. Meskipun gejala ini sering kali bersifat sementara, kulit kamu mungkin masih terasa gatal, dan bahkan mengelupas atau terbakar. Bahkan, ada beberapa obat jerawat oral dapat memiliki efek samping yang lebih serius. Antibiotik, misalnya, bisa membuat kamu sakit perut atau pusing. Jadi, kamu perlu hati-hati dalam memilih produk perawatan jerawat. 

  • Batu

Memijat kulit dengan batu memiliki banyak manfaat, seperti melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi nyeri leher. Tetapi karena perawatan ini melibatkan menggosok kulit kamu dengan alat pijat, maka perawatan ini dapat menyebabkan pembuluh darah kecil di dekat permukaan kulit kamu pecah. Ketika itu terjadi, maka kamu bisa mengalami memar dan pendarahan ringan. Jika mungkin, sebaiknya kamu menghindari penggunaan batu, atau setidaknya berhati-hatilah saat melakukan perawatan. Jangan sampai kamu menyakiti kulit.

  • Sikat kering

Menyikat dalam kondisi kulit kering memang bagus untuk pengelupasan kulit, tetapi mungkin tidak baik untuk semua orang. Perawatan macam ini dapat mengiritasi kulit sensitif atau membuatnya terasa sangat kering. Bagi orang dengan kulit yang meradang, termasuk penderita eksim dan psoriasis, wajib menghindari perawatan ini karena dapat menyebabkan infeksi.

  • Tisu basah beralkohol

Menyeka wajah dengan tisu basah beralkohol mungkin terasa seperti membersihkan kulit secara menyeluruh karena membuat kulit terasa matte. Namun pada kenyataannya, proses ini menghilangkan minyak yang sangat dibutuhkan kulit kamu, memicu produksi sebum, dan sebenarnya membuat jerawat kamu jadi semakin parah.

  • Strip pori untuk komedo

Pore strip atau strip pori untuk menghilangkan komedo adalah salah satu produk terpopuler yang sampai saat ini masih laris manis di pasaran. Strip ini dapat menghilangkan lebih dari sekedar komedo, tapi benar-benar membersihkan pori-pori seluruhnya dari sebum dan sel kulit mati. Padahal sebenarnya, komponen di dalam pori-pori ini dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan minyak yang sehat di kulit. Jadi ketika semuanya diangkat, pori-pori kamu bisa terkena kotoran dan minyak yang mengiritasi kulit.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/hati-hati-4-kebiasaan-buruk-ini-dapat-merusak-kulit-kamu/

https://www.tampilcantik.com/nggak-nyangka-kebiasaan-sehari-hari-ini-ternyata-merusak-kulit-sehatmu-loh/

https://www.tampilcantik.com/kesalahan-mandi-yang-ternyata-bisa-merusak-kulit-kamu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Tips Untuk Mengencangkan Pori-pori Besar

Pori-pori yang membesar disebabkan oleh beberapa faktor, di