Kecemburuan dalam sebuah hubungan adalah hal yang normal terjadi. Sesekali cemburu memang tidak apa-apa, tetapi akan kecemburuan akan jadi masalah ketika memunculkan emosi negatif. Ketika emosi positif berubah menjadi emosi negatif, kecemburuan sudah bukan hal baik lagi, apalagi bagi pasangan yang sudah menikah.

Nah, untuk mengatasi rasa cemburu berlebih dalam pernikahan, berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan. 

  1. Cari akar masalahnya

Jika pasanganmu merasa cemburu terus-menerus, penting untukmu mencari akar permasalahan mengapa hal itu bisa terjadi. Perasaan cemburu kebanyakan muncul akibat adanya ketidakpercayaan dan hilangnya rasa tanggung jawab untuk membuat pasangan merasa aman. 

Nah, cobalah untuk berkomunikasi dengan pasanganmu. Kalian harus saling mendengar dan memahami, dari mana kecemburuan itu berasal. Kamu dan pasangan juga bisa berdiskusi dan menentukan solusi yang tepat. 

  1. Temukan alasan mengapa kamu cemburu

Cemburu yang tidak mendasar adalah jenis kecemburuan pasangan yang posesif. Cemburu tidak akan hilang jika kamu terus memberikan kode pada pasangan, atau memendam rasa kesalmu dalam hati. Untuk bisa mengatasi rasa cemburu, kamu harus menemukan alasan mengapa kamu cemburu. 

Coba tulis hal-hal kecil yang kamu rasakan ketika mengalami sesuatu. Dengan rajin menganalisis, kamu akan menemukan alasan pasti mengapa kamu merasa cemburu terus menerus. Jika sudah menemukan alasannya, bicarakan dan cari solusi yang tepat bersama pasangan.

  1. Membangun kepercayaan

Menumbuhkan rasa percaya satu sama lain dalam sebuah hubungan adalah tugas dasar dan harus kamu lakukan bersama pasangan. Proses ini dimulai dengan kedua pasangan berjanji untuk saling setia, berkomitmen, terbuka, dan saling jujur. Jika hal ini dapat dilakukan dengan baik, maka kepercayaan yang tumbuh dalam hubungan akan menghilangkan kecemburuan. 

  1. Menjaga ketertarikan satu sama lain

Cobalah untuk menemukan cara menghabiskan waktu bersama pasangan dan menjalin ikatan kuat. Pasangan yang memiliki ikatan emosional kuat akan menciptakan rasa aman satu sama lain dan memperkuat hubungannya. Ikatan ini akan tercipta ketika kamu dan pasangan mampu memahami satu sama lain. Bagaimana cara mencapainya? Dalam hal ini, komunikasi sehat secara rutin adalah kunci.

Semakin dalam kalian berkomunikasi, maka kalian akan semakin mengenal satu sama lain. Dengan begitu, kalian akan menemukan kembali ketertarikan satu sama lain. Apabila dapat menjaga ketertarikan ini, risiko kecemburuan dalam hubungan dapat berkurang. 

Ketertarikan adalah hal penting dalam pernikahan yang akan memungkinkan kamu dan pasangan menghadapi segala rintangan.

  1. Mengatasi rasa cemburu dengan konsultasi

Perasaan cemburu sering kali menjadi bumbu dalam bahtera rumah tangga. Ketika pasangan cemburu, hal ini bisa terjadi karena pasangan terlalu sayang dan tidak ingin kehilanganmu. Namun, jika kecemburuan sudah mulai berlebihan dan terasa toxic, kamu dan pasangan mungkin perlu berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mencari solusi. 

Psikolog atau terapis akan membantumu memahami alasan mengapa kamu cemburu dan memberikan pilihan solusi tentang apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kecemburuan dan mempertahankan pernikahan. 

  1. Menerima rasa cemburu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah untuk menyelesaikan masalah adalah menyadari dan menerima kenyataan bahwa itu kecemburuan bisa membuat lubang dalam pernikahanmu. Tidak mudah memang, tapi kamu perlu menahan diri untuk tidak memata-matai pasanganmu serta berburuk sangka kepadanya. Pahami bahwa kamu tidak bisa mengontrol pasanganmu. Sebab, pasanganmu bukan hanya berstatus sebagai suami seseorang, tetapi juga seorang individu yang membutuhkan kebebasan. 

Coba kamu mulai membalikkan keadaan dan posisikan dirimu sebagai pasanganmu. Apakah kamu rela apabila pasangan selalu cemburu dan mencurigaimu setiap waktu? Refleksi semacam ini akan membuatmu makin mengerti perasaan pasangan, juga perasaanmu sendiri. Lambat laun, masalah kecemburuan dapat diatasi dengan kepala dingin.

Baca Juga :

Teman Kamu Sering Nyinyir? Nggak Perlu Khawatir, Dia Hanya Cemburu

Pria dan Wanita Cemburu karena Berbagai Alasan. Ternyata Ada Penjelasan Ilmiahnya, Loh!

Kamu Terlalu Posesif? Berikut Cara Memerangi Kecemburuan dalam Hubungan Asmara

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

5 Tanda Anda Seorang Romantis yang Putus Asa & Cara Berhenti Menjadi Satu

Romantis yang putus asa pada dasarnya adalah seseorang