Sebuah tim peneliti dari Inggris menemukan fakta bahwa 46% anak-anak menolak makan sayur. Selain itu, 75% orang tua yang terlibat dalam survei menyatakan keprihatinan atas gizi anak mereka. Tentu semua orang tua ingin memberi anak-anak mereka vitamin yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kuat dan sehat. Satu-satunya kendala adalah bahwa beberapa anak sangat membenci sayuran dan terus bertingkah saat disuruh makan makanan sehat seperti sayur atau buah.

Nah, ternyata ada beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk merayu anak-anak agar mereka mau makan sayuran dan makanan sehat lainnya. Berikut tips untuk kamu :

  • Ajaklah anak kamu berbelanja bahan makanan

Libatkan anak kamu dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Tunjukkan dari mana asal makanan yang ada di piring mereka. Ide yang lebih baik adalah membawa anak kamu ke perkebunan secara langsung, karena selain menarik perhatian, makanan di perkebunan tentu sehat bagi mereka. Jika anak-anak memilih sendiri, mereka akan cenderung memakannya. 

  • Bumbu/Perasa/Dressing bukan ide yang buruk

“Bumbu dan perasa adalah makanan yang tidak sehat”, mungkin kamu berpikir demikian. Tapi sebenarnya ada begitu banyak variasi saus dan perasa di pasaran yang aman, tidak mengandung gula yang tidak perlu dan sehat untuk anak. Dressing berbahan dasar hummus, salsa, dan yoghurt adalah beberapa saus bergizi dan lezat yang dapat kamu gunakan untuk membiarkan anak kamu makan sayur dengan bumbu yang lezat. 

  • Masukkan sedikit gula ke dalam masakan kamu

Penambahan gula dalam makanan (dalam jumlah sedang) adalah tips yang baik untuk dicoba. Misalnya, kamu bisa memanggang wortel dengan glasir maple atau taburan gula merah. Atau jika kamu ingin anak kamu minum jus yang baru diperas, seperti jus apel, misanya, maka cobalah mencampurkan sedikit root beer. Sumber ide dari tips ini adalah bahwa anak-anak kamu akan mengatasi kebutuhan akan rasa manis, sementara mereka juga akan terbiasa makan sayuran dan buah-buahan.

  • Bermain-main dengan makanan 

Makanan adalah alat untuk memancarkan kreativitas kamu dan menarik perhatian anak kamu. Coba atur piring anak kamu menjadi wajah-wajah lucu, manfaatkan sayuran dan buah-buahan berwarna untuk membuat bentuk-bentuk lucu yang menarik bagi anak kamu. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menamai hidangan kamu dengan nama-nama yang lucu agar anak kamu tertarik memakannya. 

  • Jangan mengatur piring mereka, biarkan mereka mengatur piring sendiri

Biarkan anak kamu melatih kemandirian dengan mengatur piringnya sendiri. Mungkin perlu beberapa kali percobaan sebelum mereka memasukkan sayuran ke dalam piring mereka, tetapi pada akhirnya mereka akan cenderung ingin mencoba semuanya. Selain itu, sekali lagi, jika mereka mengambil makanan sendiri, kemungkinan besar mereka akan memakannya. 

  • Libatkan anak dalam proses memasak

Tentu kegiatan ini memerlukan kerja keras, tetapi hasilnya pun akan luar biasa. Anak-anak suka melakukan hal-hal kreatif, suka bermain dan tentu saja mereka akan suka ketika diajak memasak. Oleh karena itu, kamu bisa mengenalkan pada mereka tentang proses memasak. Rencanakan menu makan kalian bersama-sama,  belilah bahan makanan bersama-sama dan biarkan anak kamu membantu memasak di dapur.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/7-hal-yang-sebaiknya-tidak-dikatakan-kepada-anak-anak/

https://www.tampilcantik.com/ragam-pilihan-sayuran-untuk-variasi-menu-jus-dietmu/

https://www.tampilcantik.com/tips-agar-anak-tidak-rewel-dan-pemilih-makanan-ibu-cerdas-ayo-cari-tahu/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Awas! 7 Benda Ini Bisa Memicu Api Jika Tidak Digunakan dengan Hati-hati

Rumah kita penuh dengan berbagai barang yang kita