Kaki adalah bagian tubuh yang kerap dilupakan oleh banyak orang ketika melakukan perawatan tubuh. Padahal, kaki sudah menopang seluruh tubuh saat beraktivitas sehari-hari. Bisa dibilang, pekerjaan kaki cukup berat. Untuk itu, kaki perlu mendapatkan perawatan khusus dari semua orang.

Berikut adalah aturan perawatan kaki yang tidak boleh kamu abaikan :

  1. Perawatan dengan batu apung

Batu apung adalah pilihan tepat jika kamu ingin menghilangkan kulit kering dan melembutkan kulit kaki yang kapalan. Agar prosesnya aman, sebelum perawatan, rendam dulu kaki kamu beserta batu apung yang akan digunakan. 

Kamu harus merendam kaki dan batu apung selama 5 – 10 menit menggunakan air hangat. Selanjutnya, keringkan kaki kamu, lalu pijat kaki menggunakan batu apung basah selama 2 – 3 menit. Setelah seluruh bagian kaki dipijat dan dibersihkan dengan batu apung, segera cuci batu apung, bilas kaki sampai bersih, lalu oleskan pelembap pada kaki.

  1. Jangan pernah mencukur bulu kaki saat kondisi kulit kering

Jika ingin mencukur bulu kaki, kamu harus memastikan kaki lembap, entah itu menggunakan krim khusus mencukur bulu kaki atau membasahi kaki dengan air dan sabun.

Mengapa harus dilembapkan? Sebab, jika kamu mencukur bulu kaki dengan kondisi kulit kering, kamu berisiko mengalami iritasi kulit, rambut tumbuh ke dalam, atau luka. 

  1. Tips mencukur

Sebelum mencukur bulu kaki, pastikan kamu sudah membersihkan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Kemudian, setelah mencukur, jangan kupa oleskan pelembap. 

  1. Pilih sepatu yang nyaman, jangan hanya mengikuti tren

Menurut dokter, jenis sepatu yang ketat, terutama sepatu dengan desain bagian depan sempit dapat membuat kamu mengalami benjolan kaki. Untuk menghindari risiko itu, lebih baik memakai sepatu dengan bagian depan yang lebar dan dengan sol yang rata.

Sol sepatu tidak boleh disepelekan, karena jika salah memilih jenis sol sepatu, kamu berisiko mengalami cedera.

  1. Menggunakan penyebar jika kamu memiliki bunion

Jika kamu sudah memiliki bunion di jari kaki, kamu bisa mencoba memakai penyebar. Mereka akan menyelaraskan jari-jari kaki dengan benar dan mengurangi gesekan. Para ahli merekomendasikan penggunaan penyebar fleksibel karena paling nyaman.

  1. Rawat kulit area lutut

Biasanya, kulit di sekitar lutut lebih mudah menggelap daripada area lainnya. Hiperpigmentasi seperti ini memang tidak berbahaya, tetapi mungkin beberapa orang merasa kurang nyaman dengan kondisi warna kuli tidak merata.

Karenanya, kamu perlu memberi perhatian lebih pada area lutut dengan rajin mengoleskan pelembap dan menghilangkan sel-sel kuli mati. Kamu bisa memanfaatkan bahan alami seperti kunyit dan lidah buaya untuk mengatasi hiperpigmentasi pada area lutut. Jangan lupa pakai sunscreen saat kamu keluar rumah. 

  1. Kunjungi dokter untuk merawat kulit kaki 

Jika berbagai cara sudah kamu coba untuk mengatasi masalah kulit di kaki tetapi tidak berhasil juga, maka jangan ragu untuk pergi ke dokter dan memeriksakan diri. 

Mengunjungi dokter tentu lebih baik daripada melakukan perawatan di salon kecantikan, terlebih salon yang tidak bersertifikasi. Dengan mengunjungi dokter, kamu bisa menemukan penyebab masalah kulit di kaki sekaligus mendapatkan resep obat terbaik. 

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktikkan untuk merawat kulit kaki. Kira-kira mana yang akan kamu coba lebih dulu?

Baca Juga :

Tips Perawatan Kaki Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

5 Tips Perawatan Kaki Saat Musim Hujan

Perawatan Rumahan Untuk Kulit Gelap Pada Pergelangan Kaki

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Manfaat dan Pentingnya Rutinitas CTM

Rutinitas CTM mengacu pada proses pembersihan, pengencangan dan