Protein adalah nutrisi penting yang harus dipenuhi setiap hari. Biasanya, protein ditemukan pada produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Nah, bagaimana dengan mereka yang menerapkan gaya hidup vegetarian atau vegan? Tentu saja mereka tidak makan produk hewani, namun mereka menggantinya dengan makanan berbasis tumbuhan yang mengandung protein tinggi.

Apa sajakah makanan itu?

Simak daftar berikut :

  1. Tahu

Tahu masuk ke dalam daftar ini bukan tanpa alasan. Karena berbahan kedelai, tahu juga mengandung protein tinggi yang dibutuhkan tubuhmu. Bahkan, asam amino esensial yang ada pada kedelai mampu mengemas protein dengan cara yang mirip seperti makanan hewani. 

Kamu dapat mengolah tahu menjadi berbagai macam masakan sesuai selera, mulai dari yang asin sampai manis. Tak hanya dijadikan lauk, tahu juga bisa diolah menjadi camilan untuk mengganjal perut sebelum waktunya makan.

Nutrisi tahu

Setiap 100 gram tahu mengandung 76 kalori, 8 gram protein, 4,8 gram lemak dengan 0,7 gram lemak jenuh, 1,9 gram karbohidrat, 7 miligram natrium, 0,3 gram serat.

  1. Edamame

Beberapa orang masih salah mengira bahwa edamame adalah kacang polong, padahal tidak demikian. Ketika dibuka, edamame memiliki bentuk seperti kacang kedelai. 

Makanan yang satu ini cocok untuk dikonsumsi sebagai bahan sup atau bisa juga dikonsumsi secara langsung dengan cara direbus dan dibumbui sedikit garam untuk menambah rasa.

Nutrisi edamame

Setiap satu cup edamame mengandung 224 kalori, 18,4 gram protein, 7,75 gram lemak dengan 2,11 gram lemak jenuh, 13,8 gram karbohidrat, 3,38 gram gula, 205 miligram natrium, 8 gram serat. 

  1. Daging Vegan

Banyak restoran yang telah menyediakan menu untuk para vefan dan vegetarian dengan cara membuat daging vegan. Biasanya, daging ini dioleh untuk dijadikan burger vegan, steak vegan, dan lainnya.

Produk daging vegan biasanya dibuat dengan kedelai dan dimasak sedemikian rupa agar berbentuk dan berasa seperti daging. 

Setiap porsi daging vegan yang berbentuk burger mengandung 224 kalori, 19 gram protein, 14 g lemak dengan 8 gram lemak jenuh, 9 gram karbohidrat, 1 gram gula, 370 miligram natrium, dan 3 gram serat.

  1. Almond 

Kacang Almond adalah camilan sehat yang baik dikonsumsi orang yang menerapkan gaya hidup vegetarian dan vegan. Kamu bisa mendapatkan nutrisi protein tinggi jika mengonsumsi sekitar 6-8 butir Almond sehari.

Satu porsi Almond atau setara 1 cup utuh, mengandung 828 kalori, 30,3 gram protein, 71,4 gram lemak dengan 5,43 gram lemak jenuh, 30,8 gram karbohidrat, 6,22 gram gula, 1,43 miligram natrium, dan 17,9 gram serat. 

  1. Susu kedelai

Meskipun ada banyak alternatif susu vegan atau vegetarian di luar sana yang dapat menggantikan susu hewani, namun susu kedelai menjadi alternatif favorit. Tidak hanya mudah didapatkan, susu kedelai juga tergolong ekonomis dengan kandungan nutrisi yang baik. 

Setiap 1 cup susu kedelai mengandung 105 kalori, 6,34 gram protein, 6,34 gram lemak dengan 0,5 gram lemak jenuh, 12 gram karbohidrat, 8,91 gram gula, 115 miligram natrium, dan 0,49 gram serat.

  1. Tempe

Bagi kamu yang lebih suka tekstur makanan padat, tempe bisa jadi pilihan. Produk yang juga terbuat dari kedelai ini memiliki protein yang tinggi. Selain itu, tempe dapat dioleh menjadi berbagai macam makanan, baik sebagai lauk maupun camilan. Bahkan, ada juga yang memproduksi kue dari tempe. Menarik, bukan? 

Setiap porsi atau setara 1 cup tempe mengandung 319 kalori, 33,7 gram protein, 17,9 gram lemak dengan 4,22 gram lemak jenuh, 12,7 gram karbohidrat, 14,9 miligram natrium, dan 7 gram serat.

Baca Juga :

8 Produk Makanan Ini Tinggi Protein dan Rendah Karbohidrat, Cocok Buat Diet

Mengapa Diet Tinggi Protein Menyebabkan Konstipasi?

Ingin Kulit Awet Muda Tanpa Kosmetik? Coba Makan 7 Produk Tinggi Kolagen Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Cara Mencegah Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur

Kamu pasti pernah mengalami bangun tidur dengan kondisi