Ketika bertekad untuk menurunkan berat badan, tidak hanya intensitas olahraga saja yang ditambah, tetapi pola makan juga harus disesuaikan agar jumlah kalori yang terbakar lebih besar daripada kalori yang masuk.

Salah satu cara untuk meminimalkan jumlah kalori yang masuk tanpa harus kelaparan adalah memilih produk makanan rendah karbohidrat namun tinggi protein. Nah, beberapa produk makanan yang direkomendasikan antara lain :

  1. Udang

Udang adalah sumber protein yang tidak mengandung lemak dan hampir bebas dari kandungan karbohidrat. Untuk itu, udang sangat cocok dikonsumsi saat sedang diet. Bahkan, menurut ahli gizi, satu porsi udang mampu memenuhi hampir setengah dari total asupan protein ideal harian kamu. Selain itu, udang juga kaya akan antioksidan yang akan menyehatkan kulit serta jantung. 

  1. Susu Almond

Beberapa orang yang menjalani diet memilih untuk menghindari produk hewani dan beralih ke produk nabati. Nah, untuk menggantikan susu sapi, kamu bisa meminum susu almond. Selama dikonsumsi tanpa tambahan pemanis, susu almond adalah pilihan yang baik untuk menghindari kandungan karbohidrat berlebih. Selain itu, susu almond juga mengandung protein tinggi yang baik untuk program dietmu. 

  1. Tuna Kalengan

Tidak semua bahan makanan kalengan buruk untuk kesehatan. Nyatanya, tuna kalengan bisa menjadi pilihan baik untuk diet karena mudah dimasak, mudah disimpan, dan tentunya tinggi protein. Namun, kamu harus memastikan untuk membeli tuna kalengan yang rendah kandungan merkuri. Jangan lupa untuk memadukan tuna kalengan dengan sayur saat kamu mengonsumsinya. 

  1. Lobster

Selain udang, seafood lain yang baik untuk dikonsumsi saat diet adalah Lobster. Makanan yang satu ini adalah sumber protein tinggi yang tidak mengandung lemak. Bahkan, lobster mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B12 dan kolin yang akan meningkatkan fungsi otak kamu. Untuk menghindari minyak berlebih, sebaiknya kamu tidak menggoreng lobster. Ada banyak pilihan makanan rendah minyak yang bisa dipilih untuk menikmatinya.

  1. Tempe

Tempe adalah produk makanan yang terbuat dari kedelai fermentasi. Produk yang satu ini menjadi salah satu bahan makanan favorit di Indonesia. Kamu bisa menemukan tempe dengan mudah di pasar, di supermarket, atau di warung sayur terdekat di sekitarmu. 

Selain dapat diolah menjadi berbagai masakan, tempe juga mengandung protein tinggi serta pro biotik atau bakteri sehat yang baik untuk tubuhmu. Bagi kamu yang mengadaptasi gaya hidup vegetarian atau vegan, tempe merupakan salah satu makanan pengganti daging terbaik. 

  1. Greek Yoghurt  

Jika kamu membutuhkan yoghurt untuk membuat salad atau memasak, pastikan kamu memilih Greek Yoghurt original yang tidak mengandung pemanis dan perasa. Mengapa harus Greek Yoghurt? Tentu saja karena Greek Yoghurt rendah karbohidrat, sehingga cocok untuk kamu konsumsi saat diet.

  1. Telur

Telur tidak hanya tinggi protein, tetapi juga merupakan sumber vitamin D yang baik untuk tubuhmu. Saat sedang diet, kamu perlu membeli telur untuk dikonsumsi sehari-hari demi memenuhi kebutuhan protein. Namun, jangan sampai berlebihan ya. Dalam sehari, kamu hanya membutuhkan dua butir telur saja, tidak lebih.

  1. Alpukat

Tahukah kamu, alpukat adalah pembangkit tenaga yang mengandung banyak nutrisi seperti lemak tak jenuh dan serat yang tinggi. Kita tahu, lemak tak jenuh merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, alpukat akan membuatmu kenyang lebih lama saat sedang diet.

Baca Juga :

5 Makanan Sehat Ini Bisa Bahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

7 Makanan Sehat Untuk Meningkatkan Kesuburan

6 Makanan Sehat yang Tidak Boleh Dikonsumsi Secara Berlebihan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik