Tahukah kamu? Menjaga keremajaan kulit bisa dilakukan tanpa kosmetik, loh. Caranya, kamu harus memastikan tingkat kolagen dalam tubuhmu cukup dengan cara mengonsumsi makanan yang tinggi kolagen.

Untuk diketahui, kolagen merupakan protein struktural utama dalam berbagai jaringan ikat yang ada dalam tubuh seseorang. Kolagen bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit. Jadi, jika kulit kamu sudah mulai menunjukkan adanya kerutan, ini bisa jadi tanda bahwa tingkat kolagen tubuh kamu sudah berkurang. 

Berikut daftar produk makanan tinggi kolagen yang bisa kamu konsumsi mulai sekarang agar kulit tetap awet muda:

  1. Kaldu daging, tulang, dan ikan

Kaldu daging dan tulang mungkin merupakan salah satu pilihan makanan terbaik untuk merangsang produksi kolagen. Kaldu ini mengandung bentuk bioaktif dari protein yang dapat segera digunakan oleh tubuh. 

Kaldu sapi kaya akan kolagen tipe I yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sementara itu,  kaldu kalkun dan ayam mengandung kolagen tipe II yang mampu meningkatkan fungsi sendi. 

Kemudian kaldu salmon juga mengandung zink dan mineral yang merangsang produksi kolagen. Selain itu, lemak omega-3 yang ada di dalamnya dapat menghidrasi kulit sehingga membuatnya tampak awet muda. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi salmon setidaknya 2 kali seminggu.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan terbaik untuk mencegah berbagai penyakit. Sayuran juga dapat mencegah kerusakan kolagen. Semua sayuran hijau mengandung klorofil yang akan meningkatkan jumlah prokolagen pada kulit. Klorofil inilah yang melindungi kulit dari radiasi UV berbahaya dan radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit. 

Makanlah sayuran hijau sesuai dengan aktivitas fisik kam. Semakin banyak kamu bergerak, semakin banyak yang bisa kamu makan. Jika kamu aktif lebih dari 30 menit sehari, kamu bisa makan 3 mangkuk sayuran hijau per hari. Jika kamu kurang bergerak, makan 2 mangkuk sudah cukup. 

  1. Jeruk

Jeruk mengandung Vitamin C yang membantu asam amino untuk memproduksi prolin. Prolin adalah bahan kimia yang diperlukan untuk produksi kolagen. Selain itu, Vitamin C juga melindungi tubuh dari berbagai racun yang ada di lingkungan. Sebaiknya kamu makan 2 porsi buah jeruk dalam sehari, atau minumlah suplemen tinggi Vitamin C untuk membuat tubuh lebih bugar.

  1. Tomat

Tomat mengandung likopen, yaitu bahan kimia antioksidan yang melindungi kulit dari sinar UV. Likopen juga mampu merangsang sintesis kolagen. Untuk mendapatkan lebih banyak likopen, kamu perlu mengonsumsi tomat atau jus tomat setidaknya satu gelas sehari.

  1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E. Nah, Vitamin E ini akan membantu mencegah kerusakan kolagen dalam tubuh. Selain itu, alpukat mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk kulit.  Minyak alpukat disebut dapat meningkatkan produksi kolagen. Bahkan, ahli kesehatan kulit merekomendasikan kamu untuk makan setengah alpukat per hari. 

  1. Stroberi, raspberry, blackberry, dan cranberry

Semua keluarga buah beri mengandung asam ellagic yang diperlukan tubuh untuk mencegah kerusakan kolagen yang disebabkan oleh sinar UV. Buah beri juga tinggi  vitamin C sehingga baik untuk tubuh. Adapun porsi buah beri yang harus kamu makan setiap hari tergantung pada usia kamu. Orang dewasa (lebih dari 18 tahun) bisa mengonsumsi hingga 2,5 ons buah beri dalam sehari.

  1. Telur

Telur adalah produk yang mungkin setara dengan kaldu tulang,  karena telur mengandung kolagen. Tubuh kamu bisa mendapatkan kolagen secara langsung dari kuning telur. Telur juga mengandung belerang yang diperlukan untuk produksi kolagen dan detoksifikasi hati. Artinya, racun yang menghancurkan kolagen dapat dikeluarkan dari tubuh jika kamu makan cukup telur. Tapi ingat, kamu tidak boleh makan terlalu banyak telur ya! Dua butir telur  dalam sehari sudah cukup. 

Baca Juga :

Catat! Inilah Daftar Makanan Yang Memproduksi Kolagen di Tubuh

Kaya kolagen, Gelatin Terbukti Dapat Membantu Memerangi Penuaan Dini. Ikuti DIY Masker Gelatin Ini!

Ingin Kulit Kenyal dan Nampak Awet Muda? Konsumsi Makanan Kaya Kolagen Berikut

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Agar Awet Muda ala Wanita Indonesia

Setiap negara memiliki tips dan rahasia kecantikannya sendiri