Kapanpun seseorang tidak merasa cukup lega setelah buang air besar atau tidak dapat buang air besar lebih dari tiga kali seminggu maka lebih baik untuk memberikan pengobatan. Secara umum, setiap orang pernah mengalami sembelit pada satu waktu atau yang lain, dan tidak masalah jika Anda membaca sekilas beberapa pengobatan rumahan yang brilian yang dapat membantu Anda atau diri Anda sendiri.

Gejala sembelit dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan pengobatan alami untuk sembelit dapat memberikan hasil yang luar biasa. Sembelit memiliki wajah yang membandel dan kami sama sekali tidak percaya pada obat sembelit yang berguna.

Perkembangan penyakit ini mencakup berbagai faktor seperti kebiasaan makan, kerentanan genetik, fungsi kolon, tingkat penyerapan, status sosial ekonomi, rutinitas sehari-hari, serta pengaruh biologis dan farmasi. Penatalaksanaan sembelit kronis yang efektif sangat bergantung pada intervensi diagnostik dan terapeutik.

Seperti yang kita ketahui bagaimana berbagai faktor berdampak pada kesehatan usus, penerapan pendekatan holistik yang mengatasi pengaruh berbagai aspek ini sangat penting untuk memberikan perawatan komprehensif kepada individu yang bergulat dengan kondisi sulit ini.

Apa Penyebab Sembelit?

Gaya hidup modern kita yang tidak banyak bergerak sering kali berperan buruk dalam hal kesehatan pencernaan kita. Sembelit adalah masalah gastrointestinal umum yang menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat, dengan perkiraan prevalensi global berkisar antara 1% hingga 80%. Menurut sebuah penelitian, adanya gangguan mood dan kecemasan pada pasien sembelit jauh lebih tinggi dibandingkan pada populasi umum.

Korelasi antara suasana hati dan kesehatan usus menggarisbawahi interaksi yang rumit antara kesehatan pencernaan dan kesejahteraan psikologis. Dengan cara ini kita memahami mekanisme mendasar yang dapat membantu dalam menargetkan intervensi untuk meningkatkan perawatan pasien dan kesejahteraan masyarakat.

Berikut beberapa penyebab yang bisa menyebabkan seseorang merasa sembelit,

  • Jarang berolahraga atau bergerak
  • Hidrasi yang Tidak Memadai
  • Stress
  • Pengobatan Tertentu
  • Kurangnya serat dalam makanan
  • Perubahan suasana hati

Gejala Sembelit:

Mengenali tanda-tanda sembelit membawa Anda selangkah lebih dekat untuk mulai mencari pengobatan rumahan yang ideal untuk sembelit. Pelajari terlebih dahulu tentang gejala sembelit:

  • Kotoran kering
  • Nyeri saat buang air besar
  • Tidak merasa lega
  • Perlu menggunakan jari untuk membantu buang air besar
  • Kurang dari tiga kali buang air besar per minggu

1. Minum Air Putih Yang Cukup

Bayangkan adonan lembab yang sangat mudah diuleni dan digulung. Hidrasi membuat zat menjadi halus dan mudah dicerna. Singkatnya, dehidrasi atau asupan cairan yang tidak mencukupi dapat memperburuk sembelit, sehingga menyoroti pentingnya menjaga hidrasi yang tepat untuk mencegah kondisi ini.

Sederhananya, kehilangan terlalu banyak cairan atau kurang minum air putih bisa menyebabkan sembelit. Jadi, sangat penting untuk tetap terhidrasi untuk mencegah sembelit.

2. Makan Lebih Banyak Serat

Semangkuk oat hangat atau semangkuk oat favorit Anda yang direndam semalaman dapat membantu Anda membuat enzim pencernaan bekerja lebih baik. Meningkatkan konsumsi serat makanan dapat membantu meringankan sembelit yang berhubungan dengan konsistensi tinja.

Singkatnya, meningkatkan asupan serat makanan dapat membantu mengatasi sembelit yang berhubungan dengan konsistensi tinja. Serat menambah jumlah besar pada tinja Anda dan membantunya menahan lebih banyak air, membuatnya lebih lembut dan mudah dikeluarkan. Hal ini dapat meringankan ketidaknyamanan dan kesulitan yang terkait dengan sembelit dengan melancarkan buang air besar secara teratur.

3. Berolahraga Lebih Banyak

Tidak banyak manfaatnya dan memasukkan olahraga ke dalam rutinitas Anda bisa sangat membantu. Ini adalah pengobatan rumahan yang sangat mudah untuk sembelit untuk Anda terapkan. Inversi dan aliran yoga dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati dan kesehatan usus. Melakukan olahraga menunjukkan keuntungan penting dalam meningkatkan gejala yang dialami pasien sembelit.

4. Air Lemon

Beberapa orang bersumpah dengan meminum air hangat dengan lemon di pagi hari. Lemon jika dikupas menghasilkan 17 kalori, sedangkan dengan kulitnya mengandung 22 kalori. Jus lemon, yang menawarkan 3 kalori per sendok makan, menyediakan sekitar 13 kalori dalam seperempat cangkir, menurut “Makanan Tersehat di Dunia”. Jumlah tersebut juga menyumbang 31% dari asupan vitamin C yang direkomendasikan, 3% folat, dan 2% potasium.

5. Kurma

Satu kurma sehari bisa menghilangkan sembelit! Potensi P. dactylifera (kurma kurma) menjadi landasan terciptanya obat pencahar nabati untuk mengatasi sembelit sudah jelas.

6. Penjaga Botol

Dikemas dengan serat yang dilengkapi pelindung botol ke dalam makanan Anda mungkin patut untuk dicoba. Kandungan serat makanan pada labu botol menjadikannya sayuran yang sangat bermanfaat dalam mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir.

7. Minyak Jarak

Minyak jarak tidak hanya membantu membuat bulu mata Anda tebal dan kuat, tetapi juga dapat membuat saluran pencernaan Anda bekerja lebih baik. Minyak jarak cukup terkenal karena sifat pencaharnya.

Baca Juga :

Ketahui Semua Tentang Penggunaan Melatonin Dalam Rutinitas Perawatan Kulit Anda

<strong>5 Cara Menyembuhkan Sembelit Menggunakan Minyak Jarak</strong>

Apakah Nanas Obat yang Efektif Untuk Sembelit?

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Bisakah Diet Anda Meringankan Gejala Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)?

Banyak penderita PCOS menyadari bahwa mereka mampu mengelola