Putus cinta bisa jadi sangat menyakitkan dan menyiksa. Bahkan, sedihnya putus cinta dapat dibandingkan dengan kehilangan anggota keluarga. Mungkin ketika kamu putus cinta, sahabat kamu akan mengatakan, “Tidak apa-apa, itu biasa, tunggu saja, waktu akan menyembuhkan segalanya”. Tentu saja saran itu tidak sepenuhnya manjur.

Jika kamu benar-benar ingin menyembuhkan sakit hati dan ingin move on dari mantan, maka kamu harus berusaha menyusun strategi dan menyusun rencana untuk melupakan mantan. Nah, berikut ini adalah 8 cara efektif yang bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk cepat melupakan mantan :

  • Lewati masa berkabung

Otak kita mengaitkan perpisahan dengan rasa sakit. Faktanya, penderitaan psikologis bisa sangat menyiksa. Bahkan dalam kasus hubungan rumah tangga, perpisahan atau perceraian pada pasangan yang sudah menikah dapat menyebabkan lebih banyak stres daripada kehilangan anggota keluarga. Inilah mengapa melewati masa berkabung adalah ide yang baik. Biasanya, masa berkabung berjalan paling lama 6 bulan. Puaskanlah rasa sedih, kecewa dan kesalmu pada masa berkabung hingga kamu siap menghadapi hari yang baru.

  • Hindari pikiran untuk memperbaiki hubungan

Setelah putus cinta, kita cenderung melupakan masa-masa sulit dalam hubungan, namun mengingat masa-masa indah dan romantis. Inilah yang membuat putus cinta menjadi semakin menyiksa. Alih-alih terus mengingat masa lalu, cobalah membuat daftar masa-masa sulit dalam hubungan kamu. Tuliskan apa yang kamu benci, apa yang membuat kamu kesal, kecewa, marah, dsb. Daftar ini akan membantu kamu untuk lebih cepat move on.

  • Tolak permintaan pertemanan setelah putus

Mantan kamu mungkin berkata “Kita putus, tapi kita masih bisa berteman”. Jika benar dia mengatakannya, maka kamu harus katakan TIDAK. Kamu tidak bisa berteman dengan mantan kamu, dan kamu tahu itu. Jangan menipu diri sendiri. Tidak peduli apakah kamu putus hubungan secara baik-baik atau buruk, kamu dan mantan tidak dapat langsung menjadi teman. Memaksakan diri untuk menjadi teman di saat kamu masih sakit hati, hanya akan menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan penderitaan. Kamu perlu waktu untuk melupakan semuanya sebelum kamu memutuskan untuk berteman dengan mantan.

  • Hindari kontak dengan mantan

Berusahalah untuk tidak menghubungi mantan kamu dengan cara apa pun. Jangan ada telepon, sms, WhatsApp, DM Instagram, atau apa pun itu. Pastikan dia juga tidak muncul di sosial media kamu. Kamu harus kuat dan tegas untuk menghindari kontak dengan mantan. Cobalah menelepon teman lama atau mencari teman baru untuk ngobrol ketika muncul keinginan untuk menghubungi mantan kamu.

  • Jangan hubungi teman atau keluarga mantan

Sepanjang hubungan, tentu saja kamu menghabiskan waktu dan mengenal teman-teman serta keluarga mantan kamu. Tapi begitu kamu putus, menghindari bertemu dengan teman dan keluarga mantan adalah pilihan yang tepat. Karena jika kamu masih melakukan kontak dengan orang-orang yang dekat dengan mantan, kamu  akan tergoda untuk bertanya tentang mantan kamu dan mereka pun akan mengingatkan kamu tentang mantan kamu. Jadi lebih baik untuk menghindari situasi yang tidak kamu inginkan, sebelum kamu move on total.

  • Jauhi hal-hal yang mengingatkan kamu tentang mantan

Bersihkan kekacauan emosional dan buang, sumbangkan, atau sembunyikan semua yang mengingatkan kamu pada mereka. Hapus email, teks, catatan suara, dan bahkan foto romantis di ponsel kamu. Setiap kali kamu melihat sesuatu yang membuat kamu mengingat kembali hubungan itu, kamu membiarkan diri kamu ragu apakah mengakhiri itu adalah kesalahan. kamu akan merindukan mantan kamu dan mulai melamun tentang betapa indahnya hidup itu jika kamu kembali bersama, hanya agar realitas baru kamu mengetuk pintu kamu.

  • Temukan passion baru

Untuk menjauhkan pikiran kamu tentang mantan dan tenang rasa sakit hati yang kamu derita, cobalah untuk menghabiskan waktu dengan passion baru. Carilah hobi baru yang ingin kamu coba. Mungkin membaca novel, menonton series, belajar musik, memasak, dsb. Gunakanlah waktu untuk memanjakan diri kamu dengan hal-hal yang kamu sukai.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/mengapa-seseorang-kembali-kepada-mantan-yang-pernah-menyakitinya-berikut-jawaban-psikolog/

http://www.tampilcantik.com/nggak-usah-nengok-masa-lalu-inilah-tanda-saat-mantan-pacar-sudah-move-on/

http://www.tampilcantik.com/dapat-undangan-pernikahan-mantan-haruskah-datang/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Aneh tapi Nyata, Inilah yang Terjadi Saat Orang Sedang Jatuh Cinta

Jatuh cinta berjuta rasanya. Ya! Lirik lagu dari