Sadar atau tidak sadar, di dalam rumah kamu ada banyak barang-barang yang memicu kerusakan kulit. Barang-barang ini dapat membuat kamu terlihat lebih tua, dan membuat kulit jadi kusam dan tak sehat. Berikut adalah daftar hal biasa di dalam rumah yang ternyata dapat mengurangi kecantikan seseorang dan merusak kulit :

  1. Pemanas dan AC

Semakin dingin udara di luar, maka akan semakin sedikit kelembapan yang mampu dipertahankan kulit. Masalah kulit (selain kulit wajah) sebenarnya sangat perlu diperhatikan. Waspadai jika wajah dan tubuh kamu jadi sangat sensitif atau mulai gatal dan mengelupas. Karena, hal ini dapat berujung pada kulit kusam dan keriput.

Untuk menghindari hal yang seperti ini, kamu harus menggunakan pelembab agar kulit tetap terhidrasi.  

  1. Sabun

Tahukah kamu? Mandi dengan sabun setiap hari dapat menyebabkan penghalang pertahanan alami kulit terhapus. Padahal, penghalang ini berfungsi menyelamatkan kita dari bakteri dan mencegah penuaan kulit dini.

Mulai sekarang, coba baca dengan benar. Periksa berbagai macam kandungannya dan jiak perlu kamu bisa mencatatnya. 

  1. Bantal

Setiap hari, kamu selalu menggunakan bantal untuk istirahat. Namun, tanpa kamu sadari, sarung bantal mengandung banyak kotoran dan bakteri, seperti debu, bekas make up, minyak dari wajah dan rambut, serta polusi udara yang menempel di rambut dan wajah lalu berpindah ke bantal.

Sebab itu, jika ingin kulit sehat dan cantik, kamu tidak boleh abai dalam membersihkan sarung bantal. Perlakukan sarung bantal kamu layaknya seorang teman.  

  1. Smartphone dan komputer

Layar biru atau cahaya biru dari smartphone dan komputer terus menghantui kita sepanjang hari, terutama bagi yang bekerja dari rumah atau work from home. Pasalnya, saat bekerja dari rumah, para pegawai harus siap sedia menatap HP dan komputer demi pekerjaan. Terdapat penelitian kecantikan yang mengklaim bahwa cahaya biru dari gadget bisa sama berbahayanya dengan sinar matahari. 

  1. Membuka jendela

Sirkulasi udara yang baik memang menjadi syarat utama sebuah hunian nyaman. Namun, baru-baru ini  para para ilmuwan berhasil menemukan hubungan antara polusi udara dan penuaan diri. Ternyata, orang yang tinggal di kota besar dan merokok, cenderung menua lebih cepat daripada orang lain yang jarang membuka jendela. Tentu saja aturan membuka jendela tidak berlaku jika kamu sedang berlibur di daerah asri yang bebas polusi.

  1. Bra

Banyak orang menganggap payudara kencang adalah simbol awet muda. Ada pula yang mengatakan bahwa melawan gravitasi dengan cara menopang payudara dengan bra, akan membuat payudara tambah kencang.

Namun, hal tersebut tidak memiliki pembenaran secara ilmiah. Bahkan, ada teori sebaliknya yang menyatakan bahwa memakai bra dapat membuat otot di payudara menjadi lemah. 

  1. Gula

Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, ternyata gula juga berdampak buruk bagi kondisi kulit. Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan penuaan dini dan peradangan kulit. 

Nah, bagi kamu yang masih sangat ketergantungan dengan gula, cobalah untuk kurangi konsumsi gula demi kesehatan dan kecantikan kamu. 

Baca Juga :

6 Produk Perawatan Kulit yang Dapat Merusak Kulit

Hati-hati, 4 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Kulit Kamu

Nggak Nyangka, Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Merusak Kulit Sehatmu, Loh!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Rahasia Skincare Agar Awet Muda ala Wanita Indonesia

Setiap negara memiliki tips dan rahasia kecantikannya sendiri