Apa sih rahasia rumah tangga harmonis? Pertanyaan ini pasti sering dilakukan oleh pasangan yang akan menikah atau baru saja menikah. Sebenarnya, tidak ada rahasia khusus dalam menciptakan keharmonisan dalam rumah tangga. Kuncinya adalah kata “saling”┬ádalam menjalani keseharian berumah tangga. Untuk lebih jelasnya, simak ketujuh hal yang sebisa mungkin tidak dilakukan oleh pasangan yang memiliki rumah tangga harmonis.

1. Mengumbar privasi pasangan

Hubungan pernikahan yang sehat mengerti pentingnya privasi masing-masing pihak dan menjaganya tetap menjadi urusan “dalam”. Mereka tidak saling curhat keburukan satu sama lain ke pihak luar bahkan keluarga sekalipun. Sekalipun bercerita, tidak akan ada maksud untuk menjelekkan, hanya mencari saran.

2. Mencari-cari kesalahan

Pasangan yang baik tidak akan menyakiti satu sama lain dengan membandingan salah satu pihak dengan orang lain atau selalu menjadi korban yang terluka. Kedua hal tersebut tidak akan memecahkan masalah dan tidak akan membawa solusi. Mereka mau saling membangun dan mendukung satu sama lain agar tercipta hubungan yang sehat dan harmonis.

3. Terlalu banyak mengkritik

Ada banyak tawa dan canda dalam rumah tangga harmonis. Hal ini terjadi karena mereka tidak terus-menerus mengkritik pasangan saat berbuat kesalahan. Mereka akan mengingatkan dengan candaan, mencoba melihat sisi humoris dari suatu masalah dan mencari solusi bersama-sama. Mereka tidak akan berhenti menggoda dan merayu seperti saat pacaran  walau sudah bertahun-tahun menikah.

4. Menuntut untuk dimengerti

Mengerti sifat dan karakter masing-masing dan bukannya mencoba merubah juga sangat penting. Tidak ada lagi namanya mengharapkan pasangan mencoba membaca isi hati, tetapi berterus terang dan menunjukkan apa yang jadi masalah akan lebih membuahkan hasil. Mereka tidak mengomel, tidak menghakimi dan tidak terobsesi dengan peran masing-masing. Kerjasama dan saling membantu menyelesaikan tugas rumah tangga sudah menjadi hal alami dalam kamus mereka.

5. Memendam rasa curiga

Saat memutuskan untuk menikah, mereka sudah yakin akan keputusan tersebut. Tidak ada lagi rasa curiga bahwa salah satu pihak akan selingkuh dan tidak perlu mengecek semua gerak-gerik untuk menenangkan hati. Mereka percaya telah memilih dengan baik, dan akan terus berusaha untuk mendukung pilihannya.

6. Mengejar pernikahan sempurna

Tidak perlu lagi melihat apa yang dijual oleh media sebagai relatioship goal karena mereka sudah bahagia dengan kehidupan sekarang. Mereka memiliki tujuan sendiri dan menentukkan mimpi bersama-sama. Pasangan dengan rumah tangga harmonis tahu bagaimana cara meraih mimpi tersebut dengan usaha mereka sendiri dengan memanfaatkan kelebihan dan kelemahan masing-masing.

7. Tidak terbuka masalah finansial

Masalah keuangan bukan lagi cuma urusan suami, dan mengurus anak bukan lagi tanggung jawab istri. Pasangan yang sehat akan berdiskusi tentang masalah keuangan rumah tangga, saling mengisi dengan kemampuan masing-masing. Mereka tidak memiliki ambisi yang muluk-muluk dan puas dengan apapun yang mereka capai, karena itu adalah hasil bersama.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kaum Pria Harus Baca Ini, 9 Cara Membuat Pacar Merasa Dicintai Dan Istimewa

Orang spesial dalam hidup Anda memberi Anda kegembiraan