Menjalin sebuah hubungan yang harmonis dan langgeng tidaklah mudah. Banyak hal yang bisa membuat hubungan itu berakhir, meski sudah berjalan lama. Kamu pastinya tidak dapat menebak kapan masalah akan datang dalam hubunganmu bersama pasangan. Jika masalah tersebut tidak mampu kamu selesaikan, kamu mungkin berpikir putus menjadi jalan terbaik untuk mengakhirinya.

Sebelum hal itu terjadi, simak beberapa kebiasaan buruk berikut ini yang bisa jadi pemicu rusaknya hubungan asmara dan membuat hubungan tidak langgeng.

  1. Mengungkit masa lalu pasangan

Kunci utama dalam sebuah hubungan adalah menerima pasangan apa adanya. Jangan sesekali mengungkit masa lalu pasanganmu, terutama saat kamu sedang merasa kesal. 

Sering mengungkit kesalahan pasangan di masa lalu, terutama mengenai kenangan buruk, justru akan membuat keadaan semakin buruk dan memicu pertengkaran. Inilah alasan mengapa mengingat masa lalu merupakan kebiasaan yang sama sekali tidak berguna.

Coba hentikan kebiasaanmu mengungkit masa lalu pasanganmu dan fokuslah untuk menyelesaikan masalah yang ada di depan mata.

  1. Perselingkuhan

Dalam sebuah hubungan asmara, kamu dan pasangan pasti mengharapkan adanya komitmen, saling percaya, jujur, dan setia. Ketika komitmen itu ternodai, sulit mengembalikan kepercayaan masing-masing. Akibatnya, hubungan menjadi hancur dan tidak tahan lama. 

Mungkin di luar sana memang ada sebagian orang yang masih ingin mencoba memperbaiki hubungan ketika tahu pasangannya selingkuh. Tapi, hal itu tidaklah mudah. Dibutuhkan proses yang panjang untuk mengembalikan kembali kepercayaan dalam hubungan.

  1. Kebiasaan mendiamkan pasangan saat bertengkar

Masalah yang menghadang dalam sebuah hubungan memang kerap datang secara tidak terduga. Jika saat itu tiba, jangan hanya membiarkan masalah itu berlalu begitu saja. Jangan menyelesaikan masalah dengan cara “diam”. Pasalnya, masalah yang selalu dipendam, suatu saat bisa meledak bagaikan bom waktu yang sudah menunggu lama. 

Bicarakan masalahmu dengan pasangan, dan cari jalan tengah yang tidak merugikan kalian berdua. Jangan sampai kamu dan pasangan saling menumpuk masalah dengan hanya diam setiap kali bertengkar.

  1. Membandingkan pasanganmu

Hargailah pasanganmu dengan tidak membanding-bandingkannya dengan orang lain. Bagi pasangan, membandingan dirinya dengan orang lain terutama membandingkan sisi lemah mereka, sama halnya dengan penghinaan.

Sebaiknya, belajarlah menghargai pasanganmu dan mulai menerima kekurangannya. Jangan membuat pasanganmu merasa “harus berubah” hanya demi memenuhi keinginanmu.

  1. Terlalu menuntut

Menuntut pasangan agar melakukan sesuatu sesuai yang kamu inginkan adalah sebuah kesalahan besar. Apakah kamu sering melakukan hal ini? Jika iya, sebaiknya berubahlah mulai dari sekarang. 

Jika kamu terlalu banyak mengatur dan mengkritik pasanganmu, bisa-bisa dia justru ilfeel kepadamu. Sadarilah, pasanganmu juga memerlukan ruang untuk dirinya sendiri, tanpa harus banyak diatur.

  1. Salah timing saat mengobrol serius

Pasangan seharusnya banyak diskusi tentang berbagai hal. Penting bagi kamu dan pasangan untuk menghabiskan banyak waktu bersama untuk duduk dan berdiskusi. Entah itu membicarakan masalah uang, tujuan hubungan jangka panjang, dan sebagainya. 

Selain itu, kamu dan pasangan harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berdiskusi, terutama mendiskusikan hal serius menyangkut masa depan. Pastikan kondisimu dan pasangan sedang baik, tidak lelah, stres, atau sedang kesal. 

Hal penting selain waktu yang tepat adalah penggunaan nada dan bahasa yang tepat. Hindari sikap dan cara bicara yang dapat mengubah diskusi menjadi pertengkaran.

  1. Tidak saling mendengarkan

Tanamkan prinsip “memberi dan menerima” dalam hubunganmu bersama pasangan. Apa itu “memberi dan menerima”? Artinya, kamu harus mendengarkan pasangan dengan sepenuh hati. 

Jangan hanya berbicara dan ingin didengarkan tanpa mau mendengarkan. Sikap egois seperti itu tidak akan membuat hubunganmu bertahan lama.

Nah, itulah beberapa kebiasaan buruk yang membuat hubungan tidak langgeng. Sebaiknya hindari kebiasaan di atas jika kamu ingin hidup bahagia dengan pasangan dan menua bersama. 

Baca Juga :

Masih Ragu? Ini 7 Tanda Hubunganmu dan Pasangan Akan Langgeng Sampai Tua

Jangan Akhiri Pesan dengan Tanda Titik Jika Ingin Hubungan Langgeng, Ini Alasannya!

6 Alasan Mengapa Humor Menjadi Kunci Hubungan Langgeng

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini Alasan Mengapa Hubungan Asmara di Zaman Modern Cenderung Rapuh

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana orang zaman dahulu menjalin