Selama ini, kita selalu mendapat informasi seputar makanan sehat dan tak sehat. Umumnya, beragam buah dan sayur segar dianggap sebagai makanan sehat, sementara junk food seperti burger dan ayam goreng dianggap tidak sehat bahkan berbahaya bagi kesehatan.

Namun, siapa sangka, ternyata menurut ahli gizi dan ahli diet, beberapa makanan yang tampak tak sehat namun lezat ini tidak begitu buruk untuk kesehatan kamu, loh:

  1. Pizza

Pizza adalah potongan roti penuh kandungan gula dan minyak, yang disebut-sebut tidak sehat bagi tubuh. Tapi, nyatanya tidak harus begitu. Kamu bisa menjadikan pizza sebagai pilihan makanan yang lebih baik dengan cara membuat pizza sendiri di rumah. Buatlah pizza dengan roti tipis, kemudian isi dengan banyak sayuran, tomat, dan keju rendah lemak. 

  1. Hot Wings

Kamu bisa memodifikasi hot wings yang merupakan junk food, menjadi camilan kaya protein yang lezat, loh. Pasalnya, hot wings tidak buruk bagi kesehatan. Caranya, kamu bisa memasak sendiri hot wings di rumah, dengan tanpa menggorengnya. Sebagai alternatif, kamu bisa membumbui daging ayam dengan bumbu buatan sendiri, lalu memanggangnya sampai krispi. 

  1. Cokelat

Siapa yang tidak suka cokelat di dunia ini? Ya, mungkin ada beberapa orang yang tidak menyukainya atau bahkan alergi terhadapnya. Tapi, sebagian besar menyukai cokelat. Berita baiknya, selain lezat, cokelat juga bermanfaat bagi tubuh. 

Dark chocolate atau cokelat hitam yang mengandung lebih dari 70 persen kakao, mengandung probiotik, yang membantu menurunkan kolesterol. Bahkan, makanan lezat ini juga kaya polifenol, yang memiliki sifat antioksidan dan inflamasi untuk melawan radikal bebas tidak sehat yang menyebabkan penyakit.

  1. Minyak Goreng

Minyak goreng mendapat reputasi buruk di kategori makanan tak sehat, karena mengandung banyak lemak. Padahal, sebenarnya minyak adalah jenis lemak baik yang bisa menyehatkan kamu. Tentu saja, ini tergantung pada jenis minyak yang kamu gunakan dan seberapa banyak kamu mengonsumsinya.

Beberapa minyak lebih baik daripada yang lain. Jika kamu ingin tetap menggunakan minyak untuk memasak, pilihlah minyak zaitun, minyak biji rami, atau minyak alpukat. Masing-masing mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. 

  1. Daging Merah 

Daging merah sering dikaitkan dengan risiko penyakit arteri koroner, namun sebuah penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa risiko tersebut bervariasi berdasarkan pengolahan dagingnya.  Sebenarnya, daging merah merupakan sumber protein yang tinggi zat besi dan vitamin B12. 

  1. Koktail

Apakah menjalani gaya hidup sehat berarti kamu harus berhenti minum minuman keras untuk selamanya? Tentu saja tidak! Minum secukupnya tidak akan mematikan gaya hidup sehat kamu. 

Jika kamu pergi keluar untuk minum-minum bursa teman, sebaiknya pilih tequila. Pasalnya, tequila adalah nabati dan tubuh kita melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memetabolisme bahan tersebut. Hal ini akan mengurangi efek mabuk, lebih sedikit peradangan, kalori berbasis pati, serta lemak perut. 

  1. White Bread

Banyak orang di komunitas kesehatan menghindari makan sepotong roti putih alias white bread. Mereka menganggap roti gandum utuh akan jauh lebih sehat. Padahal, jika kamu makan white bread dengan benar, itu tidak akan menghentikan kamu dari gaya hidup sehat.

Roti tawar di toko bahan makanan biasanya tidak memiliki manfaat nutrisi karena proses pembuatannya menggunakan tepung terigu, yang hanya menggunakan endosperm dari gandum. Tapi, kamu bisa membuat white bread sendiri agar kandungan nutrisi terjaga dan bebas dari pengawet.

Baca Juga :

Bulan Kelahiran Bisa Menunjukkan Kesehatan dan Kepribadian Loh

Awas, 5 Superfood Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Jika Dikonsumsi Berlebihan

Simak 7 Tanda di Tangan yang Dapat Menunjukkan Masalah Kesehatan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Cuma 3 Hari, Diet Militer Ini Bisa Melonggarkan Pakaian yang Mulai

Diet Militer adalah rencana makanan jangka pendek yang