Tahukah kamu, ada sekitar 450.000 spesies tanaman di luar sana. Sebanyak 35.000 hingga 70.000 di antaranya digunakan khusus sebagai tanaman pengobatan. Nah, ternyata, beberapa dari tanaman obat tersebut dapat ditanam di dalam rumah. Bahkan, manfaat kesehatannya pun tidak main-main.

Berikut daftar tanaman yang bisa ditanam di dalam rumah dan membawa manfaat bagi kesehatan :

  1. Ginkgo biloba

Salah satu spesies pohon tertua di dunia yang masih hidup hingga saat ini adalah  ginkgo biloba. Tanaman ini merupakan salah satu herbal yang paling banyak digunakan dalam pengobatan Cina. 

Ginklo biloba mengandung banyak antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi, sehingga tanaman ini dapat membantu kamu meredakan demensia ringan, kelelahan, dan memiliki kemungkinan untuk membantu penyembuhan tulang juga. Kamu dan keluarga dapat menanam dan merawat ginkgo biloba di rumah.

  1. Kamomil

Kamomil terkenal sebagai tanaman teh dan sering dijadikan minuman oleh kebanyakan orang. Meskipun paling sering ditemukan dalam teh, tanaman chamomile ternyata sudah digunakan selama ribuan tahun. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman chamomile  yang ditanam di dalam rumah dapat memberikan manfaat kesehatan, antara lain membantu memberikan kualitas tidur yang lebih baik, dan membantu mengatur kadar gula dalam darah.

  1. Echinacea

Echinacea juga dikenal sebagai coneflower berwarna ungu. Tanaman ini kaya akan antioksidan dan memiliki efek menguntungkan bagi tubuh manusia. Echinacea dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu kita melawan virus yang mungkin menginfeksi tubuh. 

Dengan manfaat tersebut, ketika kita terserang virus, maka kita akan lebih cepat pulih. Selain itu, Echinacea juga dapat membantu menghilangkan kecemasan. 

  1. Feverfew

Secara penampilan atau visual, tanaman ini mirip dengan dengan chamomile, namun manfaatnya sangat berbeda. Tanaman feverfew biasa digunakan untuk mengobati demam (seperti namanya). Namun, siring berkembangnya ilmu pengetahuan dan banyaknya penelitian, ternyata feverfew memiliki manfaat lain, yaitu mampu membantu menghilangkan rasa sakit dan merupakan salah satu tanaman anti kanker.

  1. Jahe

Jahe adalah tanaman serbaguna yang sangat terkenal di Indonesia. Tanaman yang satu ini digunakan di dapur sebagai bahan masakan, digunakan sebagai bahan membuat minuman, dan lain-lain. Selama hidup, kamu pasti pernah memanfaatkan jahe di dapur, entah itu membuat minuman jahe, atau memasak dengan bumbu jahe. 

Tidak hanya terkenal saja, jahe pun dapat membawa manfaat bagi kesehatan tubuh. Jahe dapat menghangatkan tubuh, meringankan gejala mual selama masa kehamilan, membantu menurunkan berat badan, serta meredakan nyeri haid. 

  1. Rosemary

Seperti jahe yang kerap digunakan untuk keperluan kuliner, tanaman rosemary  pun sudah digunakan dalam dunia kuliner sejak lama. Jika dikonsumsi, Rosemary dapat membawa manfaat kesehatan, antara lain menjadi sumber antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan depresi dan kecemasan, serta dapat membantu meningkatkan daya ingat.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman super yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Mulai dari kesehatan rambut, kesehatan kulit, dan kesehatan tubuh secara umum. Menariknya, ternyata lidah buaya sudah banyak digunakan sejak ribuan tahun yang lalu.

Beberapa penelitian menunjukkan, lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar dan masalah kulit lainnya. Lidah buaya dapat digunakan dengan cara mengoleskan gel lidah buaya pada luka bakar, meredakan kemerahan pada kulit, dan menenangkan iritasi yang berhubungan dengan masalah jerawat.

Baca Juga :

Mengenal Biji Chia, Tanaman Seribu Manfaat Untuk Kehamilan dan Pencernaan

Manfaat Tanaman Dalam Rumah Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Lidah Buaya, Tanaman Ajaib untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikuti 4 Tips Ini Agar Masakan di Rumah Terasa Seperti Masakan Restoran

Siapa yang tidak suka makanan lezat di restoran