Bagi sebagian besar orang tua, membuat anak-anak mau makan menu makan makanan sehat dan tidak meributkan setiap makanan yang akan dimakan, adalah tantangan besar. Pasalnya, anak-anak hanya menyukai makanan olahan yang kurang sehat, sementara mereka menolak jika diminta memakan sayur dan buah.

Nah, berikut adalah tips yang dapat dipraktikkan di rumah, supaya anak-anak tidak pilih-pilih makanan :

  1. Variasikan menu makan anak dengan kreatif

Anak-anak mudah sekali bosan. Tidak hanya bosan pada mainan, mereka juga bosan dengan menu makan yang sama tiap hari. Jadi, kamu perlu membiarkan anak kamu bereksperimen dengan menu makan baru. 

Menurut para ahli, semakin banyak seorang anak mengalami berbagai jenis makanan sehat dengan berbagai variasi rasa, maka semakin besar minat mereka akan makanan yang lebih sehat saat mereka tumbuh dewasa. Ketika kamu aktif membuat menu makanan baru untuk dicoba anak kamu, maka selera mereka juga akan berkembang. Dengan demikian, akan timbul keinginan mereka untuk mencoba hidangan baru.

  1. Buat mereka menikmati saat-saat makan

Salah satu alasan mengapa anak-anak tidak suka makanan yang disiapkan orang tua adalah karena mereka berulang kali dipaksa untuk makan sesuatu yang tidak mereka sukai. Jadi, sesekali biarkan mereka menentukan apa yang ingin mereka makan, sehingga mereka dapat menikmati saat makan tanpa paksaan.

Hindari menjadi orang tua yang terlalu ketat tentang makanan sehat. Anak-anak tetaplah anak-anak. Mereka harus dibuat menikmati makanan, termasuk makan snack, agar dapat menikmati waktu makan. 

  1. Sajikan makanan di piring kecil

Mengapa makanan anak-anak harus disajikan di piring kecil? Alasannya sederhana, jangan membuat anak terintimidasi dengan piring besar dan porsi besar yang kamu sajikan. Mereka adalah manusia bertubuh mungil, tidak seperti kita orang dewasa, sehingga kebutuhan makan mereka juga lebih kecil.

Untuk itu, berikan porsi yang secukupnya sesuai usia anak dan sajikan di piring kecil agar mereka tidak takut untuk makan. Karena, beberapa anak merasa terintimidasi dengan piring besar dan mereka hanya terpaksa makan, lantaran takut jika orang tua marah saat mereka tidak menghabiskan makanan.

  1. Ajak anak memilih bahan makanan dan memasak

Untuk membuat anak mau makan makanan sehat, para orang tua di Jepang membiarkan anak mereka untuk ikut proses memasak. Nah, kamu juga dapat mempraktikkan hal ini agar anak kamu memiliki rasa penasaran akan masakan yang dibuat, dan mereka dapat makan dengan lahap tanpa paksaan.

Ajak anak memilih bahan yang ada di dapur, lalu ajak juga mereka selama kamu memasak makanan. Setelah itu, nikmati hidangan bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga.

  1. Dorong anak kamu untuk beraktivitas fisik

Aktivitas fisik akan membuat anak aktif bergerak dan merasa lapar pada waktunya. Jadi, jika kamu ingin anak makan dengan lahap, buat mereka seaktif mungkin sehingga mereka akan datang padamu dengan sendirinya karena lapar. 

Saat lapar, anak tidak akan terlalu pilih-pilih makanan, sehingga hidangan apa pun yang kamu berikan, akan mereka makan. Namun, jangan lupa aturan-aturan sebelumnya, yaitu berikan variasi rasa dan sajikan makanan di piring kecil. 

Baca Juga :

Daftar Pilihan Makanan Diet Bagi Golongan Darah AB

Siapa Bilang Makanan Yang Menyegarkan Nggak Bisa Rendah Gula? Ini Pilihan Yang Pas Buat Hari-Hari Terik

Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Migrain

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ikuti 4 Tips Ini Agar Masakan di Rumah Terasa Seperti Masakan Restoran

Siapa yang tidak suka makanan lezat di restoran