Migrain adalah masalah sakit kepala yang sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas. Penyebab pasti dari migrain memang masih belum diketahui, namun, para ahli sepakat bahwa sakit kepala yang parah dapat dipicu oleh apa yang kamu konsumsi, baik itu obat, atau makanan. 

Sesuatu yang kamu konsumsi dapat memicu perubahan mendadak pada sistem endokrin. Menurut penelitian, sekitar 10% orang menderita migrain yang disebabkan oleh menu makan yang salah.

Berikut daftar produk makanan yang dapat memicu migrain : 

  1. Keju lama

Keju yang melalui proses fermentasi yang lama, mungkin menjadi pemicu migrain bagi sebagian orang. Karena, keju yang lama difermentasi mengandung tiramin yang tinggi. Tiramin berasal dari asam amino. Jenis keju yang lama difermentasi antara lain cheddar cheese, feta cheese, blue cheese, brie cheese, parmesan cheese, gouda cheese, gruyere cheese, Swiss cheese, dan muenster cheese.

Jika ingin mengonsumsi keju yang lebih aman, cobalah keju segar yang tidak mengandung banyak tiramin, farmer cheese, cottage cheese, Americam cheese, cream cheese, dan ricotta cheese.

Khusus untuk mozzarella cheese, kamu perlu memeriksa labelnya untuk mengetahui apakah keju tersebut sudah berumur atau masih fresh

  1. Jeruk

Buah yang memiliki rasa masam seperti jeruk, mengandung banyak asam yang dapat mempengaruhi tingkat pH darah kamu. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan kamu mengalami sakit kepala migrain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sekitar 11% orang yang menderita sakit kepala menyebutkan bahwa buah jeruk menjadi pemicu migrain mereka.

Setiap orang memiliki ketahanan tertentu terhadap makanan asam. Jika kamu tidak tahan dengan makanan asam, cobalah untuk mengurangi makan makanan asam.

  1. Minuman dingin

Jika kamu terbiasa makan es krim atau meneguk minuman dingin dengan cepat saat kamu kepanasan, kamu mungkin bisa mengalami sakit kepala akibat rangsangan dingin. Rangsangan dingin ini biasanya berlangsung antara 25 sampai 60 detik atau 1 sampai 2 menit. 

Setelah olahraga, terutama pada cuaca panas, sebaiknya hindari minum minuman yang dingin. Minumlah minuman dengan suhu ruang yang mirip dengan suhu dalam tubuh. 

  1. Gluten

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum, rye, barley, dan triticale. Biji-bijian ini, serta produk yang dibuat darinya, dapat memicu migrain pada orang yang tidak toleran atau bahkan alergi terharap gluten.

Kenali bagaimana tubuh kamu beraksi terhadap gluten. Jika kamu mengalami alergi atau tubuh kamu kurang toleran terhadap gluten, maka hindari makanan yang mengandung gluten. Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak produk makanan lezat yang bebas gluten.

  1. Bahan makanan aditif 

Bahan kimia tambahan dalam makanan biasanya tidak memiliki nilai gizi dan dapat berefek negatif pada kesehatan. Jadi, jika kamu sering mengalami sakit kepala, cobalah untuk menjauhi zat aditif berikut ini:

  • Monosodium glutamat (MSG – E621)

MSG adalah pelunak daging dan penambah rasa yang umum digunakan dalam berbagai makanan. Zat ini merupakan salah satu bahan utama untuk berbagai menu makanan Asia, makanan olahan, dan sayuran kaleng. 

Jika tubuh tidak toleran terhadap MSG atau kamu terlalu banyak mengonsumsi MSG, maka zat ini dapat memicu migrain dalam waktu 20 menit setelah kamu mengonsumsinya.

  • Nitrat dan nitrit 

Kedua zat ini biasanya terdapat pada daging olahan seperti hot dog, sosis, ham, pepperoni, bacon, serta beberapa obat jantung. Ketika zat aditif ini masuk ke dalam tubuh, pembuluh darah kamu mulai membengkak dan dapat menyebabkan sakit kepala yang parah.

  • Aspartam (APM) dan sucralose (E955) 

APM dan E955 adalah pemanis buatan yang dapat ditemukan dalam minuman ringan, minuman olahraga, produk bebas gula, dan bahkan dalam vitamin anak-anak. Jika kamu sensitif terhadap zat aditif ini, kamu bisa mengalami serangan migrain setelah meminumnya.

  • Pewarna makanan 

Pewarna makanan merah dan kuning biasanya terdapat pada permen, es krim, keripik kentang, soda, kerupuk, selai, sereal bar, dan banyak produk lainnya. Pewarna sintetis tidak baik untuk kesehatan kamu dan dapat memicu migrain. Sebaiknya, pilih makanan dengan bahan pewarna alami. 

Baca Juga :

Sering Migrain? Jangan Minum Obat Dulu, Coba 6 Tips Berikut Untuk Mengatasinya

Tersiksa karena migrain? Inilah 7 Perawatan Alami untuk Mengobati Migrain

Ada Berbagai Tipe Migraine Berbeda yang Mungkin Kamu Alami, Kenali Masing-Masing, Yuk!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Anak Lebih Suka pada Pasangan Kamu? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Peristiwa di mana anak lebih dekat atau lebih