Perencanaan pernikahan bisa sangat menegangkan bagi kedua pasangan. Tidak sedikit pasangan yang batal menikah hanya karena berselisih paham saat proses persiapan pernikahan. Ada pula pasangan yang merasa cemas dan ragu apakah tunangannya benar-benar jodohnya atau bukan. 

Jika kamu mengalami hal tersebut, kamu tidak perlu takut, karena hampir semua pasangan yang akan menikah mengalami hal serupa. Tentu saja saat kecemasan ini melanda, mereka tidak membicarakan keraguan secara gamblang kepada teman atau keluarga. Namun, keraguan menjelang hari pernikahan itu selalu ada.

Nah, untuk mengatasi berbagai macam kecemasan menjelang hari pernikahan, lakukan beberapa hal berikut ini :

  1. Istirahat dari rutinitas

Memang sulit untuk menjaga diri agar tetap santai di tengah stresnya persiapan pernikahan. Namun, jika kamu terus merasa stres dan tidak istirahat, maka kamu dan pasangan hanya akan terus bertengkar dan bersitegang satu sama lain. 

Istirahatlah dan tenangkan pikiran dan badan kamu dengan berlibur beberapa saat. Tinggalkan semua urusan yang membuat kamu pusing, lalu bernafaslah sejenak untuk menenangkan diri. Istirahat ini tidak harus dilakukan bersama pasangan. Justru terkadang kalian butuh istirahat dari satu sama lain untuk dapat merasakan betapa berharganya kehadiran masing-masing.

  1. Lupakan tentang target “Pernikahan Sempurna”

Tentu semua pengantin memimpikan pernikahan semua yang akan dikenang oleh kerabat dan keluarga. Tapi ketahuilah bahwa di dunia ini pernikahan yang sempurna hanyalah mitos belaka. Tidak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini, begitu juga dengan pernikahan.

Tinggalkan pikiran tentang pernikahan yang sempurna dan cobalah untuk menikmati persiapannya. Terlalu fokus pada hal yang tidak berjalan mulus, justru akan membuat kamu dan pasangan semakin terbebani dan stres karenanya. Ingat, kamu akan menikahi orang yang kamu cintai dan menghabiskan seluruh sisa hidupmu dengannya, jadi tidak ada yang lebih sempurna daripada kenyataan itu.

  1. Coba bicara pada orang yang kamu percaya 

Saat merasa kewalahan dan cemas tentang pernikahan dan persiapannya, jangan ragu untuk mendatangi orang yang kamu percaya dan menceritakan kecemasan kamu. Jangan sampai kamu memendam emosi dan berusaha menenangkan diri tanpa bantuan. Jika emosi kamu yang menumpuk itu tidak dicurahkan, maka hal itu akan menjadi bom waktu yang bisa meledak kapan saja. 

Curhat dengan orang yang kamu percayai akan mengurangi beban kamu dan membuatmu lebih lega. Jika beruntung, kamu pun akan mendapatkan solusi setelah bercerita dengan orang uang kamu percaya. 

  1. Bicara dengan pasangan 

Saat stres melanda selama persiapan pernikahan, memang bagus jika kamu menemukan orang yang kamu percaya untuk berbagi cerita. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu bisa bicara dari hati ke hati kepada pasangan kamu. Utarakan apa yang kamu rasakan selama proses persiapan pernikahan, dan dengarkan juga bagaimana perasaan pasangan kamu.

Besar kemungkinan, kalian merasakan hal yang sama namun tidak saling mengungkapkannya. Nah, melalui sesi bicara ini kamu juga bisa meluruskan kesalahpahaman kecil yang mungkin membuat masing-masing merasa kesal atau membuat suasana menegang di hari-hari sebelumnya.

Dalam proses persiapan pernikahan, hingga saat menikah nanti, komunikasi yang baik dengan pasangan adalah kunci suksesnya.

  1. Fokus pada tujuan utama, yaitu kehidupan pernikahan 

Jangan biarkan diri kamu stres hanya karena persiapan pesta yang berlangsung satu hari saja. Fokuskan pada tujuan utama pesta pernikahan, yaitu pernikahan kamu dan pasangan. Hidup baru dengan pasangan adalah yang harus kamu perhatikan.

Jika hiruk-pikuk perencanaan pernikahan membuat kamu stres, otomatis hubungan dengan pasangan jadi renggang. Untuk itu, kamu harus lebih fokus pada peningkatan kualitas hubungan dengan pasangan dan rencana masa depan yang lebih panjang, tidak sekedar pesta pernikahan yang sesaat. 

Cobalah untuk kencan berdua, habiskan waktu bersama tanpa membahas rencana pesta pernikahan. Hal ini akan membantu kamu dan pasangan untuk fokus pada hubungan. 

Baca Juga :

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Punya Sahabat Lawan Jenis

Nail Art yang Mudah dan Menyenangkan untuk Ditiru

Terlalu Dekat Dengan Teman Pria Baru? 6 Tanda ini Menunjukkan Bahwa Kamu sudah Melanggar Batas

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Perempuan Boleh Melamar Duluan, 5 Selebriti Ini Juga Melamar Calon Suaminya, Loh

Satu dekade lalu, mungkin sebagian besar masyarakat masih